Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Terkuak! Pencipta Lukisan di Kaleng Khong Guan dan Merek Legendaris Lainnya

Ody MuhammadOdy Muhammad
Sebagai salah satu biskuit legendaris, Khong Guan jadi salah satu biskuit kaleng ikonik yang sering dijumpai di Indonesia. Karena menggunakan lukisan yang unik dan menarik, tak ayal biskuit yang satu ini sering dijadikan meme lucu dan menggelitik. Tapi, tahukah kamu sosok pencipta dibalik lukisan di kaleng Khong Guan dan beberapa merek legendaris lainnya?
Ternyata pria kelahiran Solo, 25 Januari 1948 yang bernama Bernardus Prasodjo, adalah sosok pencipta lukisan kaleng Khong Guan yang selama ini misterius dan jadi pertanyaan banyak orang. Lukisan itu diakuinya mengikuti permintaan perusahaan yang membuatnya. Selain lukisan yang terdapat di biskuit kaleng Khong Guan, ternyata ada logo dari merek lainnya yang ternyata adalah hasil karyanya. Penasaran?

1. Logo Sirup Marjan

Terkuak! Pencipta Lukisan di Kaleng Khong Guan dan Merek Legendaris Lainnya - hargano.com
Photo Source: hargano.com
Sirup yang selalu hadir terutama saat menjelang bulang ramadan ini ternyata memiliki logo yang didesain langsung oleh Bernardus Prasodjo. Pria yang akrab disapa Bernardus ini pernah meminta anaknya untuk memotret dirinya sedang memegang botol sirup Marjan saat berada di supermarket. Lalu, beliau menyampaikan kalau logo sirup terkenal ini dibuat oleh tangannya langsung.

2. Biskuit Monde

Terkuak! Pencipta Lukisan di Kaleng Khong Guan dan Merek Legendaris Lainnya - cekharga.co
Photo Source: cekharga.co
Lain halnya dengan biskuit Khong Guan yang merupakan desain permintaan dari perusahaan yang membuat, biskuit Monde juga ternyata adalah murni hasil karya Bernardus. Bernardus menyelesaikan desain kaleng ini hanya dalam waktu seminggu saja, dan bermodalkan kuas dan cat air milikinya.

3. Nissin Wafer

Terkuak! Pencipta Lukisan di Kaleng Khong Guan dan Merek Legendaris Lainnya - tahutahune
Photo Source: tahutahune
Tidak sampai di situ, ada juga Nissin Waffer yang merupakan lukisan dari tangan Bernardus Prasodjo sendiri. Lukisan pada kaleng Nissin Waffers terinspirasi dari kehidupan pada zaman kolonial Belanda, lho! Ternyata Bernardus Prasodjo ini adalah sosok pelukis yang hebat banget, ya!
Temukan fakta unik dan promo-promo menarik lainnya hanya dengan download aplikasi Qraved! Ada juga voucher menarik khusus untuk kamu para pengguna iOS dan Android.