Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Nostalgia dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri

Kidosm Kidosm
Nostalgia dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri1
Nostalgia dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri
Waktu masih SD, banyak sekali jajanan yang membuatmu betah keluar di jam istirahat. Bermacam jenis makanan mulai dari "ciki-cikian", hingga makanan yang dimasak langsung di tempat, selalu saja laris diburu karena harganya yang sangat murah dan cukup untuk mengganjal lapar di perut hingga "laper mata". Untuk membawamu mengenang manisnya kenangan saat masih sekolah dulu, yuk simak 15 jajanan SD yang bikin kamu senyum-senyum sendiri.

Telur Dadar Mini

Nostalgia Bareng dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri2
Photo Source:  LINE Today
Telur dadar mini selalu diburu dan menjadi jajanan favorit karena dahulu harganya sangat murah, hanya Rp 50,- per cetakan mininya. Selain itu, kamu bisa meminjam pengait yang digunakan penjualnya, untuk membalik telur pesananmu sendiri.

Kue Cubit Setengah Matang

Nostalgia Bareng dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri3
Photo Source:  pariwisatabandung.info
Meskipun sudah banyak cafe dan tempat nongkrong yang menyajikan kue cubit kekinian sebagai menu dessertsnya, tapi kue cubit tradisional dengan bentuk cetakan yang khas ini masih jadi juaranya. Apalagi, kamu bisa meminta penjualnya untuk membuat bentuk jaring laba-laba, dan membuatnya setengah matang agar lebih enak saat dimakan panas-panas.

Telur Gulung

Nostalgia Bareng dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri4
Photo Source:  dolandanjajan
Ini dia jajanan SD yang belakangan ini kembali hits di kalangan anak muda. Telur gulung menjadi favorit anak-anak SD karena cara memasaknya yang menarik, dan rasanya lebih enak ketika ditambah saus di atasnya. Ada yang masih ingat harganya?

Cimol

Nostalgia Bareng dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri5
Photo Source:  santapsedap.com
Cimol alias aci "digemol" adalah makanan yang berasal dari Tanah Sunda, yang sering dijual di sekolah-sekolah. Harganya dahulu yang hanya Rp 100,- per cimolnya, bikin banyak anak membelinya dalam jumlah banyak. Selain rasanya yang gurih, taburan serbuk cabai yang ada di atas gerobak penjualnya membuat cimol ini makin enak dimakan saat panas-panas.

Cilok

Nostalgia Bareng dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri6
Photo Source:  merdeka.com
Mirip dengan cimol, cilok juga merupakan makanan khas Jawa Barat yang selalu dijual di sekolah-sekolah. Bedanya, jika cimol digoreng dan dijual dalam keadaan kering, cilok dijual dalam keadaan basah dengan lumeran saos racikannya. Kamu bisa makan langsung dengan wadah plastik, atau menggunakan tusukan dari bambu untuk memudahkan saat memakannya.

Mie Lidi

Nostalgia Bareng dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri7
Photo Source:  resephariini.com
Mie Lidi atau lidi-lidian adalah makanan yang berasal dari tepung terigu dan tepung sagu yang dibentuk menyerupai sapu lidi, dan ditaburi bubuk cabai atau sekadar garam untuk menciptakan rasa asin dan gurih. Waktu sekolah, pasti kamu suka kan makan lidi-lidian? Ayo, ngaku!

Gulali 'Rambut Nenek'

Nostalgia Bareng dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri8
Photo Source:  bellybutterfly.wordpress.com
Gulali Rambut Nenek? Ada-ada saja ya namanya. Tapi memang begitu guys, orang-orang menyebut makanan manis yang warna dan tampilannya mirip rambut nenek-nenek yang sudah beruban. Kamu bisa bayangin nggak nih gimana cara membuatnya?

Gulali 'Enjot'

Nostalgia Bareng dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri9
Photo Source:  favim.com
Masih mirip dengan sebelumnya, Gulali 'Enjot' merupakan istilah untuk permen gulali yang cara pembuatannya masih tradisional, yaitu mengayuh dan memutar pedal untuk tetap membuat mesinnya berputar dan menghasilkan gulalinya. Jadi kangen deh lihat proses pembuatannya!

Gulali Lolipop

Nostalgia Bareng dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri10
Photo Source:  oralucu.com
Jaman SD memang banyak sekali ya jajanan manisnya. Untung, manisnya ini alami tanpa menggunakan pemanis buatan. Seperti gulali lolipop yang dibuat oleh tangan penjualnya yang lihai dalam membuat bentuk-bentuk unik. Dulu kamu suka yang bentuk apa nih guys?

Leker

Nostalgia Bareng dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri11
Photo Source:  volleymuhamad.blogspot.co.id
Crepes? Bukan guys, ini leker yang masih sering di jual di sekitar rumah atau di sekolah-sekolah. Teksturnya yang tipis dan garing, serta isiannya yang berupa cokelat meses, keju serut dan pisang ini memang enak dijadikan makanan ringan. Kamu juga bisa membuatnya sendiri, lho di rumah!

Es Gabus

Nostalgia Bareng dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri12
Photo Source:  vemale.com
Siapa sih yang belum pernah cobain es gabus ini? Generasi 90an pasti ingat deh es yang disajikan warna-warni yang teksturnya unik ini. Rasanya yang tidak terlalu manis, dan menggunakan pewarna makanan alami membuatnya sangat aman untuk dikonsumsi.

Es Goyang

Nostalgia Bareng dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri13
Photo Source:  separuhakulemak
Es Goyang adalah es tradisional yang cara pembuatannya sangat unik, yaitu dengan cara menggoyang-goyang gerobaknya hingga bahan esnya mendingin dan siap untuk dicelup ke dalam cokelat cair yang menambah rasa manisnya. Sekarang ada yang menjual es goyang yang ngetrend di jaman sekolah ini dengan harga Rp 5.000,- lho!

Es Potong

Nostalgia Bareng dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri14
Photo Source:  doyanresep.com
Es potong juga merupakan es favorit anak sekolah, karena sepotong es dengan bermacam rasa ini dapat dibeli dengan harga Rp 500,- saja. Bisa dicelup ke dalam lumeran cokelat, rasanya juga tidak kalah dengan es krim modern yang dapat dibeli di minimarket.

Es Serut

Nostalgia Bareng dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri15
Photo Source:  es.boll
Warnanya yang menarik ini sering disebut-sebut menggunakan pewarna makanan yang tidak baik untuk tubuh. Tapi ternyata, es serut yang biasa dijual di halaman depan sekolah ini terbuat dari sirup coco pandan yang aman dikonsumsi anak-anak. Cara membuatnya juga terbilang unik, karena menggunakan es balok yang diserut, dan dicetak menggunakan cetakan yang berasal dari batok kelapa. Kamu suka sirup rasa apa nih gengs?

Cokelat Payung

Nostalgia Bareng dengan 15 Jajanan SD yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri16
Photo Source:  heldarainy
Cokelat yang berbentuk payung ini juga jadi jajanan favorit yang bisa ditemukan di warung dan toko kelotong terdekat. Harganya yang Rp 100,- per cokelatnya, memang menjadi jajanan enak dan murah meriah. Rasa cokelatnya juga tidak pahit, sehingga banyak anak SD yang gemar memakannya.
Dan masih ada banyak lagi jajanan lainnya yang bisa membawamu bernostalgia dengan kenangan manis waktu sekolah. Andai waktu bisa diputar kembali dan bertemu dengan jajanan-jajanan ini, kamu mau beli yang mana aja nih?