Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Makanan Jerman Versi Indonesia yang Bisa Dibikin di Rumah

Ody MuhammadOdy Muhammad
Jerman dikenal dengan sajian beernya yang nikmat, namun nggak hanya itu saja, negara asalnya Hitler ini ternyata juga punya segudang makanan dengan nama unik yang cukup sulit untuk diucapkan seperti Sauerkraut, Kartoffelsalat, Falscher Hase, dan Bratwurst yang nggak kalah lezat. Nah, ternyata makanan Jerman punya kembaran lho di Indonesia dan bahkan gampang juga untuk dibuat sendiri di rumah!
Sebelum intip makanan Jerman dibuat versi makanan yang bisa ditemui di Indonesia yang bisa dibikin di rumah, pastikan kamu download aplikasi Qraved untuk informasi seputar makanan unik lainnya yang ada di Jakarta.

Bratwurst VS Sosis Goreng

Makanan Jerman Versi Kaki Lima Indonesia - foodnetwork.com
Photo Source: foodnetwork.com
Makanan Jerman Versi Kaki Lima Indonesia - lampung.tribunnews.com
Photo Source: lampung.tribunnews.com
Makanan yang satu ini memang mirip bahkan bisa dibilang persis! Yap, Bratwurst yang merupakan sosis khas Jerman ini banyak disajikan di beberapa restoran Jerman dan bahkan supermarket di Jakarta. Makanya, makanan satu ini gampang banget untuk kamu masak sendiri di rumah. Kamu bisa langsung menuju supermarket untuk beli sosis kemasan, lilit dan kreasikan dengan mie, lalu goreng, deh! Simpel banget!

Gulaschsuppe VS Ikan Sarden

Makanan Jerman Versi Kaki Lima Indonesia - chefkoch.de
Photo Source: chefkoch.de
Makanan Jerman Versi Makanan Murah yang Gampang Dibikin di Rumah - resepkoki.id
Photo Source: resepkoki.id
Gulaschsuppe alias sup kental yang dibuat menggunakan buah tomat yang berisi daging, dan biasa disajikan bersama roti gandum juga merupakan makanan asli Jerman yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Nggak perlu repot! Cukup sediakan sarden kalengan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah, lalu masak dan sajikan sebagai teman makanmu kali ini. Sama-sama menggunakan saus krim tomat dan daging, kan? Tapi, dagingnya pakai daging ikan, ya!

Kartoffelsalat VS Kentang Tumbuk

Makanan Jerman Versi Makanan Murah yang Gampang Dibikin di Rumah - ellerepublic.de
Photo Source: ellerepublic.de
Makanan Jerman Versi Makanan Murah yang Gampang Dibikin di Rumah - resepmedia.com
Photo Source: resepmedia.com
Kentang tumbuk, alias Mashed Potato adalah jenis makanan sehat yang bisa dibuat dengan mudah di rumah. Makanan ini memang bukan makanan utama di budaya Indonesia, karena kentang tumbuk dibuat khusus untuk sajian pendamping makan steak, orang-orang yang sedang diet, dan untuk mereka yang menggunakan kentang sebagai karbohidratnya. Kenyataannya, di Jerman ada juga makanan yang menggunakan bahan dasar kentang seperti Kartoffelsalat. Kalau di lihat, makanan asal Jerman ini bisa ditiru di rumah, kan?

Chicken Schnitzel VS Ayam Tepung Teriyaki

Makanan Jerman Versi Makanan Murah yang Gampang Dibikin di Rumah - toriavey.com
Photo Source: toriavey.com
Makanan Jerman Versi Makanan Murah yang Gampang Dibikin di Rumah - vemale.com
Photo Source: vemale.com
Chicken Schnitzel yang menggunakan daging ayam berlumuran tepung dan digoreng renyah, disajikan dengan saus mustard dan campuran salad juga menjadi salah satu makanan favorit orang Jerman. Karena selain bisa dibuat di rumah, perpaduan tekstur daging ayam dan lapisan tepung renyah beserta saus mustardnya menciptakan cita rasa yang unik. Tapi kalau kamu tinggal di Indonesia, tenang, nggak perlu jauh-jauh pergi ke Jerman untuk bisa makan makanan yang satu ini. Karena dengan bermodalkan Ayam Tepung Teriyaki, kamu bisa, lho, mendapatkan cita rasa yang sebelas-dua belas dengan Chicken Schnitzel! Bedanya, Ayam Tepung Teriyaki ini pakai nasi, ya!

Pretzel VS Kembang Goyang

Makanan Jerman Versi Makanan Murah yang Gampang Dibikin di Rumah - livestrong.com
Photo Source: livestrong.com
Makanan Jerman Versi Makanan Murah yang Gampang Dibikin di Rumah - rasasayange.co.id
Photo Source: rasasayange.co.id
Pretzel yang diyakini merupakan panganan khas benua Eropa juga ternyata ada versi Indonesianya, lho! Kembang Goyang panganan khas Betawi yang mudah dibuat di rumah juga sekilas tampak mirip dengan Pretzel yang memiliki bentuk yang meliuk-liuk. Walaupun rasanya tidak semanis Pretzel, tapi Kembang Goyang yang rasanya gurih dan renyah ini sekali coba pasti bikin nagih!