Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Jangan Keliru, Ternyata Ini Asal Muasal Istilah "Kaki Lima" Sebenarnya!

Chandra WijayaChandra Wijaya
Ternyata selama ini kita keliru. Tahukah kamu bahwa kaki lima memiliki pengertian sebenarnya, bahkan bukan seperti yang kita ketahui selama ini. Kali ini Qraved akan membuka sedikit pengetahuan tentang arti kaki lima, jangan hanya datang untuk membeli makanan, kita memang sepatutnya tahu asal muasal salah satu faktor kebanggaan Indonesia ini. Yuk simak ulasannya!
Istilah kaki lima memang sudah dikenal sejak dulu di Indonesia. Bahkan, istilah kaki lima ini sebenarnya sudah muncul di tahun 1811 sampai ke 1816 silam. Nah kalau dilihat dari masa sekarang, yang kita ketahui tentang asal istilah kaki lima yaitu dari kaki gerobak berjumlah 3, dan sepasang kaki pedagang, sehingga berjumlah lima kaki. Betul?
Fakta di Balik Istilah "Kaki Lima" - Shutterstock Images
Photo Source: Shutterstock Images
Asal sebenarnya kaki lima itu dimulai saat Napoleon dulu menjajah dan menguasai Eropa dan negara-negara Asia. Saat itu Gubernurnya di Indonesia, yaitu Sir Thomas Stamford Raffles menggagas sistem lalu lintas, termasuk adanya pembangunan trotoar untuk pejalan kaki. Kemudian ukuran yang ditetapkan untuk trotoar tersebut adalah tinggi 31 cm dan lebar 150 cm, atau sepanjang lima kaki. Dari situ munculah istilah untuk panjang lima kaki dalam bahasa Inggris, yaitu five feet.
Karena warga Indonesia sejak dulu sudah pintar dalam memanfaatkan suatu hal baru, maka saat itu trotoar langsung dijadikan tempat untuk membuka usaha warung dan tenda untuk berjualan. Nah, seiring berjalannya waktu maka para pedagang dan warga sekitar akhirnya menyebut istilah para pedagang tersebut dengan julukan kaki lima.
Fakta di Balik Istilah "Kaki Lima" - Jalius HR
Photo Source: Jalius HR
Sejak saat itu, kota Jakarta nggak luput dari adanya pedagang kaki lima yang tersebar di setiap daerah. Nggak bisa dipungkiri juga bahwa pedagang kaki lima memang merupakan sebuah daya tarik bagi Indonesia. Apalagi soal makanan, kini makin berkembang saja kreasi makanan yang dijual oleh para pedagang. Jangan salah, kreatifitas bukan cuma milik restoran atau kafe saja!
Fakta di Balik Istilah "Kaki Lima" - IDN Times
Photo Source: IDN Times
Itulah kenapa banyak orang yang bilang kalau makan di kaki lima itu lebih enak dari restoran. Selain harganya yang terjangkau, entah kenapa bumbu dan segala bahan yang digunakan membuat makanannya jadi lebih enak, padahal jelas lebih higienis restoran. Coba saja baca artikel Qraved "5 Makanan yang Justru Lebih Enak Khas Kaki Lima Ketimbang Restoran" atau "4 Alasan Kaki Lima Jadi Favorit Banyak Orang". Nah penasaran dengan list makanan kaki lima yang enak di Jakarta? Pantau terus artikel Qraved, ya!