Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Makanan Ini Punya Singkatan Nama yang Nyeleneh!

Ody MuhammadOdy Muhammad
Indonesia terkenal punya berbagai makanan enak yang selalu menggoda. Namun, tahukan kamu kalau nama-nama makanan yang sering kamu santap berikut diambil dari singkatan kata yang unik? Penasaran kan makanan apa saja yang namanya diambil dari singkaan kata unik dan nyeleneh? Yuk langsung saja di cek artikel Qraved berikut!
Daripada penasaran, lebih baik intip 7 nama makanan khas Sunda di bawah ini dan download aplikasi Qraved untuk dapetin voucher dan promo menarik lainnya khusus pengguna iOS dan Android!

1. Cimol: Aci digemol

Kalau ingat masa-masa sekolah dulu, pasti makanan ini sering banget dijumpai sehari-hari. Cimol yang berasal dari Jawa Barat ini ternyata memiliki kepanjangan yaitu aci digemol. Hal ini karena cara pembuatannya yang mengepalkan tepung tapioka (aci) yang sering disebut gemol sebelum digoreng.

2. Cuanki: Cari uang jalan kaki

Sekilas terlihat seperti Bakwan Malang, tapi bukan, guys. Ini adalah Cuanki yang merupakan makanan khas Bandung yang berisi bakso, tahu putih yang diisi aci, siomay, pangsit rebus, pangsit goreng, dan bakso goreng. Dibalik namanya, ternyata Cuanki ini merupakan singkatan dari cari uang jalan kaki, lho! Karena Cuanki biasa dijajakan di atas gerobak pikul dengan cara jalan kaki.

3. Colenak: Dicocol makin enak

8 Nama Makanan Indonesia Ini Punya Kepanjangan yang Nyeleneh! - fridajoincoffee
Photo Source: fridajoincoffee
Colenak? Iya, guys, Colenak alias dicocol makin enak ini adalah kudapan yang berasal dari Bandung dan dikenalkan oleh Aku Murdi pada tahun 1930. Kudapan ini merupakan tape bakar yang dibuat dari peuyeum atau tapai singkong yang dicocol ke gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa. Sudah pernah mencobanya belum? Kalau ke Bandung, jangan lupa cobain makanan ini, ya!

4. Batagor: Baso tahu goreng

8 Nama Makanan Indonesia Ini Punya Kepanjangan yang Nyeleneh! - id.tastemade.com
Photo Source: id.tastemade.com
Kalau sedang lapar sore, biasanya makanan ini sering dicari-cari, nih! Yap, Batagor yang menggunakan bumbu kacang dan diberi perasan jeruk limo ini memang sering kali bikin kangen. Dibalik rasanya yang enak, Batagor memiliki kepanjangan baso tahu goreng, lho! Sudah tahu belum?

5. Comro: Oncom di jero

7 Makanan Khas Sunda Ini Punya Kepanjangan Nama yang Nyeleneh! - ajadeh_tien
Photo Source: ajadeh_tien
Comro juga merupakan makanan yang punya kepanjangan dibalik namanya. Dinamakan Comro alias oncom di jero karena makanan ini berisi oncom di dalam adonannya, kemudian digoreng hingga berwarna kuning keemasan. Comro ini nikmat disantap selagi panas, apalagi kalau ditambah cabai rawit atau sambal di atasnya.

6. Misro: Amis di jero

7 Makanan Khas Sunda Ini Punya Kepanjangan Nama yang Nyeleneh! - maisunnnnnn
Photo Source: maisunnnnnn
Selain Comro, ada juga Misro yang punya nama dan arti yang mirip. Kalau Comro berisi oncom di dalamnya, lain hal dengan Misro yang berisi gula jawa atau gula merah yang meleleh setelah di goreng ke dalam minyak panas, sudah pasti rasanya gurih di luar dan manis di dalam. Tak ayal, makanan ini dinamakan Misro alias amis di jero. Eits, amis ini merupakan bahasa Sunda yang berarti manis, ya!

7. Es Doger: Es dorong gerobak

7 Makanan Khas Sunda Ini Punya Kepanjangan Nama yang Nyeleneh! - amungku
Photo Source: amungku
Ini, nih, salah satu jajanan yang manis dan menyegarkan. Es Doger yang masih bisa kamu temukan di Jakarta ini berasal dari tanah Sunda dan memiliki kepanjangan di balik namanya yang unik. Dinakaman Es Doger alias es dorong gerobak karena es ini dijual di dalam gerobak dorong dan dijajakan denga cara berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lain.
Nah, selain nama-nama di atas, apa lagi, nih, nama makanan lainnya yang punya kepanjangan nama yang unik dan nyeleneh? Yuk, share biar teman-temanmu yang lain juga tahu!