Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Kebiasaan Makan Orang Indonesia Paling Unik Hingga Paling Sembarangan

Diangga SimanjuntakDiangga Simanjuntak
Cara makan atau kebiasaan dalam menyantap makanan pada setiap daerah punya ciri khasnya masing-masing. Mulai dari yang normal hingga yang unik seperti kebiasaan makan orang Indonesia yang berikut ini nih!
Nah, buat yang penasaran jangan sampai kelewatan sama info seputar kuliner dari Qraved yah! Biar selalu update makanan enak dan fakta seputar kuliner, mendingan langsung download Qraved App sekarang!

1. Anti Pakai Sendok Sama Garpu

Kebiasaan Makan Orang Indo Yang Unik - update.ahloo
Photo Source: update.ahloo
Makan pakai tangan memang wajar, tapi yang bikin aneh dimata warga asing ketika melihat orang Indonesia makan adalah makan tanpa menggunakan alat makan. Makan nasi tanpa menggunakan sendok atau garpu udah jadi ciri khas orang Indonesia, bahkan banyak yang bilang kalau makan langsung dengan tangan membuat makanan jadi lebih enak. Benar nggak nih?

2. Nasi Selalu Jadi Pendamping Mie

7 Kebiasaan Makan Orang Indo Dari Yang Paling Unik Hingga Yang Paling Sembarangan - keepo
Photo Source: keepo
Nasi sudah jadi bahan makanan pokok yang nggak pernah lepas dari piring orang Indonesia. Saking cintanya dengan nasi, apapun lauknya, nasi selalu jadi pendampingnya. Sekalipun makanan berkarbohidrat tinggi seperti mie yang jadi lauk, nasi harus tetap ada! Kamu salah satu yang begini nggak?

3. Makan Sambil Angkat kaki

Kebiasaan Makan Orang Indo Yang Unik - MpokRempongDiPrancis
Photo Source: MpokRempongDiPrancis
Buat yang sering makan di Warteg atau nasi rames pastinya udah nggak aneh lagi sama kebiasaan unik orang Indonesia yang satu ini. Angkat satu kaki ke atas bangku sambil makan pakai tangan jadi suatu kebiasaan makan orang Indonesia yang unik. Kebiasaan ini dipercaya meningkatkan kenikmatan makan hingga berkali lipat. Nggak percaya? Coba sendiri deh!

4. Doyan Makan Sambel

Kebiasaan Makan Orang Indo Yang Unik - akurat
Photo Source: akurat
Pamor sambel hampir nggak kalah dengan nasi nih Qravers! Makan tanpa sambel ibarat buku tanpa tulisan, alias nggak lengkap rasanya. Biasanya orang Indonesia suka banget sama yang namanya nyambel. Makanya jenis olahan sambel disini terbilang banyak banget! Mulai dari sambel terasi, sambel bawang sampai cabai bubuk pun jadi item wajib disaat makan.

5. Rasa Lapar Bisa Hilang Sama Kopi

Kebiasaan Makan Orang Indo Yang Unik - post307
Photo Source: post307
Buat yang sering nongkrong di Warkop pastinya hal ini udah nggak asing lagi. Kalau biasanya rasa pusing dan lelah setelah beraktivitas diobati dengan makanan, orang Indonesia lebih memilih ngopi terlebih dahulu untuk menghilangkan kepenatan. Saking cintanya dengan kopi, terkadang menu sarapan pun diganti dengan kopi. Ada yang begini juga nggak?

6. Di Sana Ada Tahu Di Situ Ada Tempe

Kebiasaan Makan Orang Indo Yang Unik - flickr
Photo Source: flickr
Ibarat Romeo dan Juliet, tempe dan tahu selalu jadi dua sejoli yang nggak pernah terpisahkan di atas meja makan. Entah kenapa, dua makanan ini selalu jadi lauk wajib yang nggak boleh dipisahkan. Nah, uniknya lagi, tempe dan tahu biasanya sering dijadikan lauk utama dan tentunya sambel selalu wajib ada di samping mereka berdua.

7. Belum 5 Menit

Kebiasaan Makan Orang Indo Yang Unik - kompasiana
Photo Source: kompasiana
Dari sekian banyaknya kebiasaan makan orang Indonesia yang unik, hal yang satu ini termasuk yang paling aneh dan sulit untuk dihilangkan. Teori masyarakat tentang makanan yang jatuh masih bisa dimakan selagi belum 5 menit ini selalu jadi hal yang dipercaya masyarakat secara turun temurun. Meskipun sebagian dari mereka tau bahwa teori itu salah, namun hal ini terus berlanjut hingga sekarang.