Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Camilan Serangga Khas Indonesia Yang Bikin Geleng Kepala

Diangga SimanjuntakDiangga Simanjuntak
Indonesia terkenal dengan aneka kulinernya yang beragam, mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner ekstrimnya yang bikin geleng-geleng kepala. Nah! Berbicara soal kuliner ekstrim, kali in Qraved pengen bahas soal kuliner serangga yang ada di Indonesia. Penasaran? Yuk simak!

Jangkrik Goreng

 - caraternakjangkrik
Photo Source: caraternakjangkrik
Kalau biasanya jangkrik biasanya dipakai untuk pangan peliharaan, di daerah Jawa Barat jangkrik diolah menjadi camilan yang cukup populer nih Qravers. Kalau dilihat dari bentuknya, camilan jangkrik tentunya punya tekstur yang garing dan rasa yang gurih. Ohiya, jangkrik juga kaya akan protein lho.

Belalang Goreng

 - tribunnews
Photo Source: tribunnews
Sama dengan jangkrik, belalang jadi salah satu camilan yang cukup populer di Indonesia. Kandungan protein dan rasanya yang mirip-mirip dengan jangkrik (gurih) jadi alasan camilan serangga yang satu ini banyak diminati orang. Buat kamu yang pengen cobain, kamu bisa temukan camilan ini di Yogyakarta.

Enthung Goreng

7 Camilan Serangga Khas Indonesia Yang Bikin Geleng Kepala - foxadit
Photo Source: foxadit
Bukan orang Indonesia kalau enggak kreatif kalau soal makanan. Bagi masyarakat Jawa Timur, enthung goreng jadi salah satu camilan tradisional yang konon punya cita rasa yang mirip dengan udang. Nah buat yang belum tau, enthung adalah sejenis kepompong pohon yang biasanya diolah menjadi tumisan pedas.

Rempeyek Laron

 - cookpad
Photo Source: cookpad
Kalau rempeyek biasanya identik dengan teri atau kacang, di Jawa Timur laron jadi bahan dasar rempeyek nih Qravers. Konon rempeyek laron dibuat pada awal musim hujan dimana persediaan makanan dimusim sebelumnya sudah menipis. Nah buat yang penasaran sama rasanya, katanya rempeyek laron mirip dengan rempeyek kacang lho. Berani coba?

Botok Lebah

 - menuekstrim
Photo Source: menuekstrim
Kalau biasanya lebah diambil sari madunya aja, di Jawa Timur botok atau sarang lebah juga bisa diolah jadi camilan serangga yang enak nih Qravers. Biasanya botok lebah diolah dengan cara dibungkus dengan daun pisang lalu dipepes atau ditaburi dengan kelapa parut dan potongan tomat dan sambal.

Jubel Manis

 - idntimes
Photo Source: idntimes
Jubel Manis atau lebih dikenal dengan nama larva capung ini biasanya jadi santapan lumrah bagi masyarakat Bali. Jubel manis sendiri merupakan olahan larva capung dengan cara dipepes lalu ditabur dengan garam dan cabai. Namun karena populasi larva capung semakin menipis maka camilan Jubel Manis jadi semakin langka.

Satu Ulat Sagu

 - ksmtour
Photo Source: ksmtour
Buat para penggmar makanan ekstirm, camilan serangga asal papua yang satu ini pastinya enggak boleh kamu lewatkan nih. Ulat sagu jadi salah satu camilan atau makanan yang sering dikonsumsi masyarakat Papua. Ulat sagu sendiri biasanya didapatkan dari pohon tua yang sudah membusuk dan dikonsumsi dengan cara dibakar atau dimakan langsung.