Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Bubur Unik yang Cuma ada di Bulan Puasa

Kidosm Kidosm
5 Bubur yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Bulan Ramadan1
liputan6.com
Saat Ramadan tiba, banyak tradisi yang dilakukan banyak orang. Mulai dari ziarah ke makam sanak saudara yang sudah tiada, membersihkan rumah dan masjid, buka bersama, hingga memasak bubur yang hanya ada saat bulan puasa. Dengan mengharap agar puasa lebih afdol dan membawa berkah, memasak bubur ini dilakukan secara bersama dan dibuat dalam porsi yang banyak agar dapat dibagikan ke warga sekitar. Penasaran?
Sebelum kamu intip 5 bubur yang hanya bisa kamu temukan saat bulan Ramadan, pastikan kamu sudah download aplikasi Qraved untuk dapetin informasi seputar makanan berbuka dan sahur yang ada di kota-kota lainnya.

1. Bubur Samin, Solo

2
Photo Source:  bbc.com
Walaupun tradisi berbagi Bubur Samin dilakukan di Masjid Darussalam, Kampung Jayengan, Solo, Jawa Tengah namun ternyata bubur yang satu ini merupakan bubur khas Kalimantan yang tadinya diperuntukkan bagi para pendatang khususnya warga Banjarmasin. Tradisi ini pun sudah dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu, sejak tahun 1930-an. Seiring dengan berjalananya waktu, Bubur Samin diberikan kepada seluruh warga yang datang ke Masjid Darussalam untuk berbuka puasa. Kalau kamu sedang dalam perjalanan mudik ke daerah Jawa Tengah dan Timur, kamu bisa mampir ke kota Solo untuk temukan Bubur Samin ini.

2. Bubur Kanji Rumbi, Aceh

3
Photo Source:  travel.tribunnews.com
Sama dengan tradisi Bubur Samin di Solo, Banda Aceh juga punya tradisi memasak bubur yang hanya dilakukan saat bulan Ramadan saja. Tradisi memasak bubur yang dimulai setelah waktu Ashar ini, melibatkan penduduk setempat untuk bersama-sama meracik Bubur Kanji Rumbi yang menggunakan bahan-bahan seperti beras, wortel, daun sop, daging ayam atau sapi maupun udang. Sementara bumbunya khusus yang dipakai di antaranya lada, lengkuas, dan rempah-rempah lainnya. Kalau kamu pengin melihat dan turut merasakan Bubur Kanji Rumbi, kamu bisa berkunjung ke Masjid Alfurqan Beurawe, Banda Aceh.

3. Bubur Muhdor, Tuban

4
Photo Source:  tribunnews.com
Bubur Muhdor merupakan bubur khas yang istimewa dan disajikan hanya pada bulan Ramadan di Kecamatan Tuban, Jawa Timur. Pembuatannya yang langsung dilakukan di halaman Masjid Muhdor di Jalan Pemuda, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban, menjadikan bubur berbumbu gulai ini dikenal sebagai Bubur Muhdor. Bubur ini diracik oleh para jemaah Masjid Muhdor menggunakan kuali berukuran kurang lebih 1 meter, dengan bahan-bahan seperti 18 kilogram beras, daging kambing yang sudah dihaluskan sebanyak 6 kilogram, bumbu gulai, rempah-rempah, kayu manis, dan kelapa. Diam-diam, bubur ini sudah melegenda sejak tahun 1937, lho! Penasaran dengan rasa dan sensasi buka puasa dengan Bubur Muhdor?

4. Bubur Sabilal, Banjarmasin

5
Photo Source:  bubuhanbanjar-bakisah.blogspot.com
Kalau tadi ada Bubur Samin di kota Solo yang awalnya diperuntukkan bagi perantau khususnya warga Banjarmasin, sama halnya dengan Bubur Sabilal yang merupakan bubur spesial yang hanya muncul setahun sekali yakni saat bulan puasa saja. Bubur yang diracik oleh Hj. Sabah yang merupakan pembuatnya selama bertahun-tahun ini selalu menerima bantuan bahan Bubur Sabilal berupa sumbangan dari para dermawan setiap harinya. Dinamakan Bubur Sabilal karena bubur ini dibuat dan dibagikan untuk para jemaah Masjid Raya Sabilal Muhtadin sejak awal tahun 1980-an, lho! Yang menariknya, kamu bisa membawa pulang untuk keluarga jika tidak sempat makan di tempat. Karena bubur ini semakin dingin semakin enak. Hmm patut dicoba, nih!

5. Bubur India, Semarang

6
Photo Source:  jateng.tribunnews.com
Ini dia, bubur yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan sudah menjadi tradisi warga sekitaran Semarang, khususnya Masjid Jami Pekojan, Kampung Petolongan, Semarang. Bubur ini merupakan bubur yang dibawa langsung oleh muslim keturunan Gujarat, India. Selama bulan Ramadan, bubur ini disajikan kurang lebih 200 - 300 mangkuk setiap harinya. Bubur India menggunakan campuran kuah gulai, sambel goreng, ungkep dan terik, dan memakan waktu 3 jam untuk proses pembuatannya. Memasaknya juga menggunakan dua jenis santan, yakni santan kental dan santan cair. Rempah-rempah dan bumbu lain seperti loncang, seledri, kayu manis serta jahe menambah keharuman dan kenikmatan bubur yang dihidangkan dengan sayur yang berganti-ganti setiap harinya.