Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

15 Tipe Chef dan Tugasnya yang Belum Kamu Kenali

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Kalau kamu sering nonton acara-acara seperti Hell's Kitchen, pasti akan penasaran, apa aja sih tugas dari para chef-chef ini?
Chef sebenarnya berasal dari bahasa Perancis - Chef de Cuisine yang artinya orang yang memimpin di dapur. Secara garis besar, ia harus mengatur sistem masak memasak di dapur. Mulai dari membuat menu, persiapan memasak, proses memasak sampai ke penyajian makanan. Nah ternyata, tugas ini dibeda-bedakan lho! Para chef dibagi tugasnya berdasarkan jenis dan tingkatan .
Yuk, Kenali Tugas dari 15 Tipe Chef ini! - fourseasonresort
Photo Source: fourseasonresort

1. Executive Chef / Head Chef

Memegang tanggung jawab penuh atas semua hal yang terjadi di dapur. Kalau sampai ada complain dari pelanggan, tentunya si Head Chef ini yang akan maju dan menerima kritikan.
Tugas utama dari Head Chef ini adalah mengkreasikan menu, bermain dengan bahan-bahan makanan dan menciptakan sensasi rasa-rasa baru. Dibutuhkan pengalaman dan ilmu yang kuat untuk dapat menduduki posisi "bos" ini.
Yuk, Kenali Tugas dari 15 Tipe Chef ini! - Cookingschool
Photo Source: Cookingschool

2. Chef de Cuisine

Tugas chef yang satu ini memang enggak jauh beda dari Head Chef. Satu-satu nya hal yang membedakan dua chef ini adalah ; Head Chef adalah kepaa dari semua restoran, sedangkan Chef de Cuisine adalah kepala dari sebuah cabang restoran.

3. Sous Chef

Kalau Chef de Cuisine atau Head Chef itu ketua kelas, mungkin Sous Chef ini adalah wakil ketua kelas nya. Sebagai asisten atau wakil, ia bertanggung jawab dalam menyusun jadwal Head Chef atau Chef de Cuisine, atau mengganti kan beberapa pekerjaan saat kedua peran itu sedang berhalangan hadir. Walau begitu, masih ada beberapa restoran yang tidak memiliki Sous Chef.

4. Expediter / Announcer (Aboyeur)

Tugas utama dari peran yang satu itu akan terdengar sepele tapi sebenarnya cukup krusial. Announcer memiliki tugas sebagai pelaku finishing touch (garnishing) dan juga mengantar makanan ke palanggan.

5. Chef de Partie / Station Chef

Bertanggung awab pada salah satu section di dapur. Misalnya; bagian sup, atau salad ataupun panggang-panggangan.
Station Chef ini bekerja dibawah supervisi dari Sous Chef atau Head Chef langsung untuk memastikan bahwa bagian yang dipegang nya berjalan dengan sempurna.

6. Saucier / Saute Chef

Memiliki spesialisasi dalam mengolah makanan yang menggunakan teknik tumis-tumisan atau saus pelengkap. Peran nya sangat penting saat menyajikan makanan Perancis atau India.
7. Poissonier / Fish Chef
Seperti title nya, chef ini bertugas untuk mengolah makanan-makanan laut.
Yuk, Kenali Tugas dari 15 Tipe Chef ini! - Mia Stainsby
Photo Source: Mia Stainsby

8. Boucher / Butcher

Nah kalau ini bisa dibilang chef yang paling tega. Karena tugas utama dari Butcher ini adalah mengolah hewan-hewanan untuk bisa menjadi sebuah olahan daging yang dapat dikonsumsi.
Hewan-hewan yang yang harus berhadapan dengan Butcher antara lain adalah Sapi, Babi, Ayam, Kalkun, atau bahkan terkadang juga membantu Fish Chef.
Yuk, Kenali Tugas dari 15 Tipe Chef ini! - Lynn Neary
Photo Source: Lynn Neary

9. Rotisseur / Roast Chef

Buat kamu penggemar makanan roasted, ini dia nih Chef yang mengolah makananmu.
Memiliki spesialisasi dalam pengolahan makanan yang menggunakan oven atau makanan yang harus di roasting.

10. Grill Chef

Dari title nya juga pasti kamu sudah bisa menebak. Chef ini memang bertugas grilling makanan-makanan pelanggang. Terkadang Grill Chef ini bekerja sama dengan Roast Chef, karena tugas nya yang hampir mirip.

11. Friturier / Fry Chef

Yuk, Kenali Tugas dari 15 Tipe Chef ini! - C-VILLE Writers
Photo Source: C-VILLE Writers
Tugas dari Fry Chef ini adalah menggoreng, termasuk menggoreng menggunakan deep fryer. Jika porsi yang dibutuhkan dalam masakan-masakan gorengan, maka biasanya tugas dari Fry Chef ini dikerjakan juga oleh Roast Chef.

12. Entremetier / Vegetable Chef

Memiliki spesialisasi dalam pengolahan sup, salad, nasi dan pasta yang memiliki unsur sayur-sayuran.
Membersihkan, memilih dan menjaga kesegaran sayur merupakan tugas utama dari Entrementier.
Yuk, Kenali Tugas dari 15 Tipe Chef ini! - Carole Bamford
Photo Source: Carole Bamford

13. Tournant / Roundsman

Seperti pemain cadangan, Roundsman memiliki tugas untuk menggantikan bagian mana yang membutuhkan chef. Mungkin istilah subtitute akan lebih mudah dipahami untuk tugs dari Chef yang satu ini.

14. Cold-Food Chef / Pantry Chef

Bertugas menyiapkan makanan-makanan dingin, seperti salad, sosis dan makanan-makanan beku lainnya.

15. Pattissier / Pastry Chef

Yuk, Kenali Tugas dari 15 Tipe Chef ini! - workinginpeelhalton
Photo Source: workinginpeelhalton
Last but not least, chef yang paling familiar di Jakarta! Chef ini memiliki spesialisasi dalam pengolahan baked food, pastries maupun dessert.
Karena variety of dish nya yang banyak banget. Pastry Chef biasana memiliki bawahan-bawahan untuk memegang bagian Confiseur (permen), Boulanger (roti), Glacier (es), dan Decorateur (dekorasi).