Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

11 Tradisi Unik Imlek yang Jarang Orang Tau

Diangga SimanjuntakDiangga Simanjuntak
tradisi unik imlek - Photo 1
honeycombers
Happy Chinnese New Year! Buat yang merayakan ataupun yang hanya merasakan euforia Imlek. Nah berbicara soal tahun baru cina kayaknya nggak afdol kalau Qraved nggak membahas seputar tradisi imlek yang menarik untuk diketahui. Penasaran kan? Yuk simak!

Vibe!

Serba Merah
2
Photo Source:  lansugarden
Warna merah selalu jadi identitas tahun baru Cina. Mulai dari amplop, pajangan, ornamen, bangunan hingga segala jenis hiasan. Hal ini tentunya identik dengan perayaan Imlek karena warna merah dipercaya membawa keberuntungan dan kesejahteraan.
Petasan
3
Photo Source:  rosettastone
Bukan Imlek namanya kalau enggak ada uforia suara petasan. Hal ini tentunya memiliki arti yang unik. Menurut mitos Nian, arti dari menyalakan petasan pada malam hari adalah untuk menakuti monster dan pagi harinya untuk menyambut perayaan tahun baru Cina.
Tempelan Kertas
4
Photo Source:  ciptaloka
Tempelan kertas merah berisi puisi mungkin akan kamu lihat ketika perayaan Imlek berlangsung. Hal ini dimaksudkan sebagai sebagai sebuah pengharapan dan doa dalam bentuk tulisan atau puisi. Biasanya tempelan kertas ini ditulis dengan warna hitam atau emas.
Angpao
5
Photo Source:  tokopedia
Hari raya Imlek sangat identik dengan angpao. Buat yang belum tau, angpao adalah amplop merah berisi uang yang dibagikan pada saat perayaan tahun baru Cina. Nah di Indonesia biasanya angpao enggak hanya dibagian pada masyarakat Tionghoa saja lho, melainkan juga masyarakat yang merasakan uforia Imlek.
Barongsai
6
Photo Source:  k-international
Pemandangan Imlek tentunya sangat identik dengan adanya tarian Barongsai. Biasanya Barongsai atau biasa disebut sebagai Peking Sai (Singa Utara) akan muncul dengan berabagai desain dan bentuk yang menarik. Enggak hanya itu, tarian Barongsai dimainkan dengan aksi akrobatik yang memukau.

Food!

Jeruk Mandarin
7
Photo Source:  honolulumagazine
Jeruk Mandarin merupakan simbol kemakmuran yang wajib ada pada setiap rumah, khususnya pada saat perayaan Imlek. Selain memiliki arti yang baik, jeruk Mandarin kaya akan vitamin dan rasa yang enak, apalagi jeruk ini tidak memiliki biji alias mudah untuk dimakan.
Nian Gao
8
Photo Source:  wishuponatart
Makanan yang satu ini tentunya enggak pernah absen dari setiap acara tahun bari Cina. Kue yang merupakan pudding ini punya rasa manis dan enak dijadikan sebagai camilan. Selain itu, makanan khas tahun baru Cina ini juga punya arti baik yaitu keberhasilan atau keberuntungan.
Dumpling
9
Photo Source:  adineaway
Makanan tradisional Cina yang satu ini selalu jadi menu wajip pada setiap perayaan Cina. Selain memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang lembut, dumpling memiliki arti baik yaitu kemakmuran. Biasanya dumpling berisi dengan daging cincang dan dimakan bersama dengan saus.
Ayam Utuh
10
Photo Source:  epicurious
Sajian spesial Imlek yang satu ini biasanya selalu jadi hidangan yang paling iconic. Menurut filosifi Tao, memakan ayam utuh pada saat perayaan Imlek dipercaya akan membawa keutuhan, kebersamaan dan keberuntungan pada keluarga. Biasanya ayam Imlek dimasak dengan cara dikukus atau direbus dalam keadaan kaku dan kepala yang masih menyatu.

Forbidden Thing

Makan Bubur
11
Photo Source:  steemit
Buat yang belum tau, pada perayaan Imlek ada beberapa larangan yang harus ditaai masyarakat Tionghoa. Salah satu pantangannya adalah memakan bubur. Hal ini dilarang karena bubur diasosiasikan sebagai makanan orang miskin dan membawa pengaruh buruk.
Memecahkan Pot Obat
12
Photo Source:  caixinglobal
Meminum obat pada hari pertama perayaan tahun baru Cina merupakan hal yang tabu. Hal ini dipercaya akan menjadi pertanda sakit sepanjang tahun. Biasanya masyarakat Tionghoa akan memecahkan pot-pot obat mereka saat bel tahun baru berdentum.