Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Mengenal Jenis Telur dan Manfaatnya

SintyaSintya
Mengenal Jenis Telur dan Manfaatnya1
Mengenal Jenis Telur dan Manfaatnya
Bisa dibilang kalau telur adalah makanan sejuta umat. Namun, kalau selama ini kalian hanya mengenal telur ayam (telur yang berwarna cokelat) saja, masih banyak jenis telur lainnya yang bisa kamu coba. Yuk, kenali jenis telur di seluruh dunia dan kegunaannya berikut ini!

1. Telur Puyuh

telur puyuh2
Photo Source:  Jurnal Bidan Diah
Berbeda dengan ayam, telur puyuh memiliki ukuran yang lebih kecil. Telur ini memiliki warna dasar putih dengan bintik cokelat serta hitam pada kulit telurnya. Nutrisi yang terkandung di dalamnya pun juga baik untuk tubuh, yaitu vitamin D dan B12. Meskipun begitu, terlalu banyak mengonsumsi telur puyuh juga tidak baik karena kandungan kolesterolnya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan telur ayam. 

2. Telur Bebek

Telur bebek3
Photo Source:  Twitter
Tidak hanya dagingnya saja yang lezat, bebek juga menghasilkan telur dengan kandungan vitamin B kompleks yang tinggi. Telurnya yang berwarna kebiruan ini memiliki bagian kuning telur yang warnanya jauh lebih pekat atau cenderung oranye. 

3. Telur Kalkun

Telur kalkun4
Photo Source:  Ayam Kalkun Jogja
Ukurannya jelas jauh lebih besar dibandingkan dengan telur ayam dan banyak ditemukan di negara dengan populasi kalkun yang tinggi (seperti di negara-negara Eropa). Telur kalkun ini kaya akan kalsium RDA yang baik untuk pembentukan otot dan juga rendah kolesterol.

4. Telur Angsa

telur angsa5
Photo Source:  Arista Jupiter
Ukuran telur angsa jauh lebih besar dari telur bebek dan berwarna putih bersih dengan kandungan nutrisi seperti protein, zat besi, dan vitaminA-nya lebih kaya daripada telur ayam. Tapi yang perlu diwaspadai kandungan kolesterol dalam telur angsa ternyata cukup tinggi.