Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood7 Ikan yang Durinya Ga Bikin Keselek

Radja Gurame

id.openrice.com Order Now

Bandar Djakarta

openrice.com Order Now

Warung Nasi Ceu Emi

http://food.detik.com Order Now

RM Ampera 2 Tak

onepanfrying.com Order Now

Penyetan Cok

Order Now

7 Ikan yang Durinya Ga Bikin Keselek

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Sedari dulu, ikan selalu jadi makanan favorit orang Indonesia. Wajar, sih. Mengingat betapa luasnya laut kita dan melimpahnya hasil laut yang ada.

Ets, tapi ga cuma ikan laut aja yang di idolai orang kita. Ikan air tawar juga selalu dapat tempat di lidah masyarakat kita.

Dagingnya yang empuk, bisa diolah pakai bumbu apa saja, punya kandungan gizi yang tinggi, jadi beberapa alasan kenapa ikan selalu punya tempat di perut orang Indonesia.

Namun, makan ikan pun butuh perjuangan. Harus teliti. Soalnya, kalau ga teliti dan hati-hati, kalian bisa tersedak duri ikan. Dan yang namanya keselek duri itu, ga enak banget. Makanya itu, kalau kamu lagi pengen makan ikan tapi takut keselek duri, mending dateng ke restoran-restoran ini aja.
 - Ikan Bakar CianjurView All Photos
Photo Source: Ikan Bakar Cianjur
Bisa dibilang, makan gurame itu ga seribet makan ikan-ikan yang lain. Soalnya, ikan air tawar ini punya duri yang terbilang gede. Jadi kamu bisa meminimalisir kemungkinan tersedak duri.

Nah, kalau berbicara soal ikan, Ikan Bakar Cianjur-lah jagonya. Restoran keluarga yang selalu rame ini punya menu ikan gurame asam-manis yang palin juaraaaaakk. Ikan gurame yang ada di goreng garing. Terus dikasih saus asam-manis yang khas. Tomatnya berasa, bawangnya berasa. Manisnya pas, asam cukanya juga pas. Semua pas!

Ah, Qraved yakin, kamu semua udah pernah coba!
Ngomong-ngomong soal gurame, ini rajanya. Yah, namanya juga Radja Gurame, dari namanya aja kita tahu, kalau restoran yang satu ini punya gurame yang super lezat.

Salah satunya gurame bakar ini. Ikan bakar ini punya tekstur daging yang empuk. Bumbunya yang khas juga meresap sampai ke daging. Manis kecapnya menambah kekayaan khasanah rasa yang ada.

Tempat yang paling enak nikmatin ikan bakar, ya di pinggir pantai. Kayak di Bandar Djakarta ini.

Selain suasanannya yang asyik, ikan bakar di sini juga ga akan bikin kamu keselek duri. Soalnya, selain ikan bakarnya empuk dan bumbunya meresap, daging ikannya selalu gampang lepas dari tulangnya. Apalagi, daging-daging itu harum aroma rempah yang menggugah selera makan banget.
Aroma daun kemangi dan daun salamnya kuat. Daging ikannya empuk. Bumbu uleknya juga meresap ke dalam daging ikan. Dan yang terpenting durinya lunak setelah dikukus dalam waktu tertentu. Itulah pepes ikan dari Ceu Emi yang ga akan bikin kamu keselek duri. Silahkan mencoba.
Pepes di Ampera ini tak kalah enak dengan pepes Ceu Emi. Aromanya sedap. Tak ada lagi bau amis pada pepes ikan. Bedanya, pepes dari Ampera ini menggunakan bumbu iris yang khas Sunda. Durinya pun lunak dan aman untuk dimakan. Kamu pun ga usah kahawatir lagi sama masalah keselek duri ikan yang menjengkelkan itu.
 - soloposView All Photos
Photo Source: solopos
Pepes dari Bumbu desa ini punya kekuatan pada aroma dan bumbunya yang melimpah. Rempahnya begitu terasa pada setiap gigitan ikannya. Daun kemangi dan daun salamnya juga ga kalah wangi. Dagingnya yang empuk, seakan berubah warna menjadi kuning kunyit, karena bumbunya yang begitu meresap. Dan pastinya, tulangnya aman untuk dimakan, karena ikan ini sudah melewati masa pengukusan selama puluhan jam.
 - View All Photos
Photo Source: 
Bandeng Usuh Manuk (atau sarang burung dalam bahasa Jawa) ini juga bisa kamu jadikan pilihan pas males makan ikan yang ribet. Bandeng yang satu ini diselimuti telur yang asin-asin gurih. Rasa bawang putih dan kunyitnya begitu terasa dakam daging ikan ini. Rasa tersebutlah yang kemudian membuat bandeng ini begitu pas jika dicocol dengan sambel.
Qraved | Life is Tasty