Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

WOW! 5 Minuman Khas Indonesia Ini Terkenal di Seluruh Dunia!

Ody MuhammadOdy Muhammad
Sebagai bangsa Indonesia, kita patut berbangga karena kekayaan alam dan budaya yang nggak dimiliki bangsa lain. Mulai dari daya tarik wisata yang dikenal dunia, hingga sejuta kuliner yang jadi salah satu daya tarik wisatawan asing maupun lokal. Tapi, tahukah kamu kalau ada minuman tradisional khas Indonesia yang mendunia? Selain karena keunikannya, beberapa di antaranya juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan, lho! Penasaran?
Sebelumnya, pastikan kamu sudah download aplikasi Qraved untuk dapetin voucher menarik dan promo-promo lainnya khusus pengguna iOS dan Android!

1. Sekoteng

5 Minuman Tradisional Khas Indonesia yang Mendunia - apasih.web.id
Photo Source: apasih.web.id
Sekoteng adalah salah satu minuman khas Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah. Minuman ini dibuat menggunakan jahe sebagai bahan utamanya dan dihidangkan dalam keadaan panas. Ada juga bahan lain yang ikut dimasukkan ke dalam minumannya yaitu kacang tanah, kacang hijau, pacar cina, dan potongan roti. Salah satu manfaat meminum sekoteng adalah minuman ini dapat menghangatkan badan yang sedang kedinginan dan butuh kehangatan.

2. Es Dawet

Es Dawet jadi minuman yang gampang ditemukan, apalagi kalau cuaca sekitar sedang panas-panasnya. Minuman khas Banjarnegara, Jawa Tengah ini memiliki rupa yang mirip dengan Es Cendol yang berasal dari tanah Sunda. Yang membedakannya terletak pada bahan dasarnya, yaitu es dawet terbuat dari tepung beras maupun tepung beras ketan, sedangkan es cendol terbuat dari tepung hunkwe. Minuman ini pas banget disantap siang-siang, nih!

3. Es Doger

5 Minuman Tradisional Khas Indonesia yang Mendunia - mangcook.com
Photo Source: mangcook.com
Minuman yang satu ini pasti jadi minuman yang mengingatkanmu pada masa kecil, deh. Karena Es Doger yang merupakan minuman yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat ini jadi minuman yang menyegarkanmu selepas pulang sekolah dulu. Ada banyak campuran yang membuat Es Doger ini semakin lengkap, yaitu kelapa muda, tape, ketan hitam, dan mutiara merah. Karena rasanya yang manis dan segar, bikin bule-bule pada suka!

4. Bir Pletok

5 Minuman Tradisional Khas Indonesia yang Mendunia - buahatiku.com
Photo Source: buahatiku.com
Mungkin belum banyak di antara kamu yang sudah merasakan sensasi minum Bir Pletok. Minuman yang ditemukan dan diracik oleh etnis Betawi ini merupakan minuman penyegar yang dibuat dari rempah-rempah, mulai dari jahe, daun pandan wangi, lada hitam, kapulaga, kayu manis, daun jeruk, cengkeh, kayu secang dan masih banyak lagi. Minuman ini sudah eksis sejak ratusan tahun lalu sejak zaman penjajahan kolonial Belanda dan tidak beralkohol, lho! Hayo, kamu sendiri sudah pernah mencobanya belum?

5. Jamu

5 Minuman Tradisional Khas Indonesia yang Mendunia - nowbali.co.id
Photo Source: nowbali.co.id
Jamu sudah nggak perlu diragukan lagi popularitas dan khasiatnya. Karena minuman yang berasal dari akar-akaran, daun-daunan, kulit batang, dan buah ini merupakan minuman herbal dan diramu dengan cara yang unik dan proses yang memakan waktu cukup lama. Walaupun rasanya ada yang bahkan sangat pahit, tapi jamu ini memiliki bermacam khasiat mulai dari menghilangkan pegal dan linu, gejala masuk angin, meringankan sakit kepala, mengobati jerawat, menurunkan kadar kolesterol, hingga merapatkan daerah intim wanita. Hebat, kan?
Gimana, guys? Mulai sekarang jangan malu untuk minum minuman khas Indonesia, ya! Karena selain kamu bisa merasakan berbagai manfaat di dalamnya, kamu juga turut melestarikan budaya dan kuliner negaramu sendiri, lho!