Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFoodWine Pairing 101: 5 Tips Memadukan Wine & Cheese

Wine Pairing 101: 5 Tips Memadukan Wine & Cheese

Sharima UmayaSharima Umaya
Istilah wine pairing tentunya sudah sangat terkenal di kalangan para food enthusiast. Beberapa jenis wine tertentu akan lebih mantap apabila dikombinasikan dengan jenis makanan yang pas, rasa dari wine tersebut akan lebih enak untuk dicicipi.
Salah satu makanan yang lazim dipadukan dengan wine adalah keju. Tahukah kamu? Beberapa jenis wine tertentu akan lebih cocok dipadukan dengan jenis-jenis keju tertentu, hal ini sangat tergantung dari karakteristik masing-masing wine dan keju. Ingin tahu lebih lanjut? Sebelumnya, jangan lupa download Qraved App ya, biar lebih update dengan informasi seputar kuliner!

Tips 1: Padukan Wine dan Keju yang Memiliki Intensitas yang Sama

Wine Pairing 101: Tips untuk Memadukan Wine & Cheese  - Wine Folly
Photo Source: Wine Folly
Tips ini bisa dibilang merupakan tips paling penting buat diikutin untuk melakukan pairing.
Wine yang memiliki kadar alkohol > 14.5% ABV (Alcohol by Volume) akan memiliki rasa yang lebih intens dan akan lebih pas dipadukan dengan keju yang memiliki rasa yang intens pula. Wine yang memiliki kadar alkohol < 12% ABV tentunya tidak seintens itu dari segi rasa dan akan lebih cocok dengan keju dengan karakter yang kurang kuat dari segi rasa.
Misalnya nih, rasa dari keju Gruyere akan sangat overwhelemed apabila dikombinasikan dengan Cabernet Sauvignon - namun akan sangat cocok apabila dikonsumsi dengan wine yang lebih ringan seperti Pinot Noir.

Tips 2: Red Wine dengan Rasa Kuat akan Cocok dengan Aged Cheese

Wine Pairing 101: Tips untuk Memadukan Wine & Cheese  - Wine Folly
Photo Source: Wine Folly
Keju yang memiliki usia lanjut akan cenderung turun kadar airnya, sehingga secara otomatis akan memiliki rasa lebih kuat karena lemak yang akan lebih mendominasi di keju.
Red wine yang memiliki rasa yang kuat mempunyai kadar tannin yang tinggi dan cocok dipadukan dengan keju yang memiliki fat content yang tinggi. Alhasil, keju-keju seperti Cheddar, Gruyère, Manchego, Gouda, Provolone, atau Parmesan-style seperti Parmigiano-Reggiano dan Grana Padan adalah jenis-jenis keju yang cocok dipadukan dengan red wine.

Tips 3: Kombinasikan Keju dengan Rasa Unik dengan Wine yang Manis

Wine Pairing 101: Tips untuk Memadukan Wine & Cheese  - Wine Folly
Photo Source: Wine Folly
Keju-keju yang memiliki karakteristik bau yang khas dan unik akan lebih cocok dipadankan dengan wine yang dari segi rasanya manis.
Rasa manis dari wine akan menyeimbangkan keunikan rasa dari keju yang eksentrik, membuatnya lebih creamy dan bau dari cheese akan menyeimbangkan pula rasa manis dari wine.
Padukan Port dengan Stilton atau Sauternes dengan Roquefort, keduanya merupakan kombinasi yang klasik!

Tips 4: Padukan Sparkling Wine dengan Keju yang Lembut dan Creamy

Wine Pairing 101: Tips untuk Memadukan Wine & Cheese  - Wine Folly
Photo Source: Wine Folly
Sparkling wine memiliki tingkat keasaman dan karbonasi yang tinggi - sehingga, mengonsumsi sparkling wine akan membersihkan lidah kamu dari keju yang bertekstur creamy dan sticky seperti Brie, Muenster, Camembert, Cremont, atau Époisses de Bourgogne.

Tips 5: Padukan Wine dan Keju yang Berasal dari Daerah yang Sama

Wine Pairing 101: Tips untuk Memadukan Wine & Cheese  - Wine Folly
Photo Source: Wine Folly
Percayakan pada tradisi lokal yang menghasilkan wine dan keju di tempat yang sama, karena pastinya, mereka tahu apa yang mereka lakukan!
Beberapa kombinasi yang terkenal diantaranya: Sauvignon Blanc dengan Goat Cheese (Loire Valley, France), Chardonnay dengan Époisses de Bourgogne (Burgundy, France), dan Garnacha dengan Manchego (Spain).
Menarik bukan pengetahuan mengenai wine dan cheese?
Bagi kamu, para pencinta wine dan keju, jangan lewatkan Wine and Cheese Expo di Kelapa Gading sebagai bagian dari Jakarta Fashion and Food Festival! Acara ini diadakan dari tanggal 5 - 29 April 2018 dan dalam pameran yang diadakan di La Piazza ini, pastinya menghadirkan beragam jenis minuman anggur dari berbagai merek dan negara. Produk anggur dan keju yang dihadirkan pada pameran tahun ini juga semakin variatif, sebut saja beberapa jenis anggur yang didatangkan dari Georgia dan Hungaria.
Untuk info lebih lanjut, kunjungi link ini ya!
Qraved | Life is Tasty