Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFoodWaspada, Ini Bahaya yang Mengintai Penggila Seblak

Waspada, Ini Bahaya yang Mengintai Penggila Seblak

Chandra WijayaChandra Wijaya
Siapa yang bisa menolak pedas dan gurihnya kuah seblak, plus isian kerupuk basah dan aneka topping yang menggiurkan ini? Pasti kamu sudah sering menemukan penjual makanan ini di tiap sudut kota. Apalagi, makanan ini sedang jadi tren pecinta kuliner berkat rasa dan tampilannya yang menggoda. Bahkan hebatnya lagi, ada saja orang yang sanggup menyantap seblak setiap hari tanpa memperhatikan efek buruk jika dikonsumsi berlebih. Siapa yang bisa menolak pedas dan gurihnya kuah seblak, plus isian kerupuk basah dan aneka topping yang menggiurkan ini? Pasti kamu sudah sering menemukan penjual makanan ini di tiap sudut kota. Apalagi, makanan ini sedang jadi tren pecinta kuliner berkat rasa dan tampilannya yang menggoda. Bahkan hebatnya lagi, ada saja orang yang sanggup menyantap seblak setiap hari tanpa memperhatikan efek buruk jika dikonsumsi berlebih.
Seblak sejatinya adalah sajian khas Indonesia yang terbuat dari kerupuk basah, lalu dimasak bersama aneka sayuran dan topping lainnya. Cita rasanya tentu kenyal, pedas, dan gurih. Beginilah sensasi menikmati kerupuk, yang nggak melulu renyah. Apalagi rasa pedas dan gurih itu jadi faktor utama kenikmatannya. Tapi biarpun begitu, kita perlu hati-hati juga. Sesuatu yang berlebihan juga nggak baik. Jangan terlalu sering menyantap makanan ini, karena ternyata ada efek buruknya juga lho.Seblak sejatinya adalah sajian khas Indonesia yang terbuat dari kerupuk basah, lalu dimasak bersama aneka sayuran dan topping lainnya. Cita rasanya tentu kenyal, pedas, dan gurih. Beginilah sensasi menikmati kerupuk, yang nggak melulu renyah. Apalagi rasa pedas dan gurih itu jadi faktor utama kenikmatannya. Tapi biarpun begitu, kita perlu hati-hati juga. Sesuatu yang berlebihan juga nggak baik. Jangan terlalu sering menyantap makanan ini, karena ternyata ada efek buruknya juga lho.
Kenapa buruk? Sejatinya kerupuk itu berbentuk garing dan renyah, tapi jika dsajikan basah dan lembek bisa mengganggu usus dan pencernaan juga. Beberapa waktu lalu sempat viral berita seorang ibu yang mengalami usus buntu karena keseringan makan seblak. Awalnya ibu itu mengira usus buntu karena efek pedas atau kandungan cabainya yang juga bisa berbahaya. Tapi setelah diteliti dan diperiksa oleh dokter, penyebab usus buntu itu berasal dari kerupuk mentah yang disimpan di dalam air hingga menjadi kenyal. Nah tekstur kenyal yang berlebihan itu yang membuat usus jadi sulit mencerna dan menyebabkan usus buntu.Kenapa buruk? Sejatinya kerupuk itu berbentuk garing dan renyah, tapi jika dsajikan basah dan lembek bisa mengganggu usus dan pencernaan juga. Beberapa waktu lalu sempat viral berita seorang ibu yang mengalami usus buntu karena keseringan makan seblak. Awalnya ibu itu mengira usus buntu karena efek pedas atau kandungan cabainya yang juga bisa berbahaya. Tapi setelah diteliti dan diperiksa oleh dokter, penyebab usus buntu itu berasal dari kerupuk mentah yang disimpan di dalam air hingga menjadi kenyal. Nah tekstur kenyal yang berlebihan itu yang membuat usus jadi sulit mencerna dan menyebabkan usus buntu.
Dampak lain dari usus buntu juga ada. Kalau usus sudah mengalami peradangan, usus bisa pecah. Dan kalau pecah atau infeksi, bisa menyebar lewat darah ke organ lain termasuk rahim, mengingat rahim letaknya sangat berdekatan dengan usus kita. Dampak lain dari usus buntu juga ada. Kalau usus sudah mengalami peradangan, usus bisa pecah. Dan kalau pecah atau infeksi, bisa menyebar lewat darah ke organ lain termasuk rahim, mengingat rahim letaknya sangat berdekatan dengan usus kita.
Waspada, Sering Makan Seblak Bisa Menyebabkan Hal Ini! - Sajian Sedap
Photo Source: Sajian Sedap
Nggak cuma itu, kalau mau ditelisik lebih dalam, sebenarnya ada banyak hal yang dapat mengganggu kesehatan di balik makanan seblak. Misalnya kandungan MSG, pemakaian garam yang cukup tinggi untuk sajian seblak, tingkat kolesterol, dan terakhir tentu dari cabenya. Apalagi nggak jarang kan kamu menemukan orang yang sanggup menyantap seblak level 4 atau 5? Bisa kebayang berapa cabai yang digunakan hingga bisa semerah itu?Nggak cuma itu, kalau mau ditelisik lebih dalam, sebenarnya ada banyak hal yang dapat mengganggu kesehatan di balik makanan seblak. Misalnya kandungan MSG, pemakaian garam yang cukup tinggi untuk sajian seblak, tingkat kolesterol, dan terakhir tentu dari cabenya. Apalagi nggak jarang kan kamu menemukan orang yang sanggup menyantap seblak level 4 atau 5? Bisa kebayang berapa cabai yang digunakan hingga bisa semerah itu?
Bukan berarti kita nggak boleh sama sekali makan seblak, ya. Lagipula, siapa yang bisa tahan iman melihat seblak berisi bakso, kerupuk, ceker, macaroni, telur, dan aneka topping lainnya itu? Asalkan dikonsumsi dengan batas yang wajar, tentu akan aman-aman saja. Selain perut kenyang, harganya juga bersahabat. So, be aware, guys!Bukan berarti kita nggak boleh sama sekali makan seblak, ya. Lagipula, siapa yang bisa tahan iman melihat seblak berisi bakso, kerupuk, ceker, macaroni, telur, dan aneka topping lainnya itu? Asalkan dikonsumsi dengan batas yang wajar, tentu akan aman-aman saja. Selain perut kenyang, harganya juga bersahabat. So, be aware, guys!
Qraved | Life is Tasty