Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Unik! 5 Bunga Ini Ternyata Bisa Dijadikan Bahan Makanan

Ody MuhammadOdy Muhammad
Makanan khas Indonesia memiliki cita rasa yang khas dan terasa sedap karena menggunakan bahan dan rempah pilihan. Hal itulah yang membuat makanan khas Indonesia berbeda dari makanan khas dari negara-negara lain di dunia. Dari sekian banyak bahan dan rempah-rempah yang digunakan, beberapa di antaranya menggunakan bunga sebagai bahan campurannya, lho! Penasaran?
Yuk, intip bunga apa saja yang bisa dipakai sebagai bahan masakan di bawah ini! Tapi, pastikan kamu sudah download aplikasi Qraved untuk dapetin voucher menarik dan promo-promo lainnya khusus pengguna iOS dan Android!

1. Bunga Turi

Unik! 5 Bunga Ini Dijadikan Campuran Makanan di Indonesia - sakadoci.com
Photo Source: sakadoci.com
Unik! 5 Bunga Ini Dijadikan Campuran Makanan yang Kaya Manfaat! - intisari.grid.id
Photo Source: intisari.grid.id
Bunga Turi sudah terkenal sejak dulu karena digunakan sebagai campuran membuat lalapan pecel sayur. Disamping itu, Bunga Turi juga bisa diolah menjadi menu Oseng atau Tumis Bunga Turi, dan Keripik Bunga Turi yang mengandung Saponin, Tanin, Glikoside, Peroksidase, vitamin A dan B di dalamnya.

2. Bunga Pepaya

Unik! 5 Bunga Ini Dijadikan Campuran Makanan di Indonesia - manfaat.co.id
Photo Source: manfaat.co.id
Unik! 5 Bunga Ini Dijadikan Campuran Makanan yang Kaya Manfaat! - selerasa.com
Photo Source: selerasa.com
Selain itu, ada juga Bunga Pepaya yang bahkan dijadikan sebagai menu sayuran yang nikmat disantap bersama nasi dan lauk-pauk lainnya. Untuk bisa menikmatinya, kamu bisa menumisnya bersama lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, hingga belimbing wuluh. Kandungan flavanoid dan antioksidan di dalamnya berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kanker, lho!

3. Jantung Pisang

Unik! 5 Bunga Ini Dijadikan Campuran Makanan yang Kaya Manfaat! - ummi-online.com
Photo Source: ummi-online.com
Kamu pasti sudah tidak asing dengan jenis bunga yang satu ini. Walaupun dikenal sebagai Jantung Pisang, jenis bunga yang satu ini juga bisa diolah menjadi makanan yang enak dan menyehatkan. Salah satunya dijadikan Ikan Teri Jantung Pisang yang menggunakan bahan dasar jantung pisang dan ikan teri, yang kemudian dimasak bersama bahan-bahan lainnya. Mengonsumsi Jantung Pisang dipercaya dapat mengurangi resiko anemia, mengobati diabetes, dan meredakan sembelit, lho, guys!

4. Bunga Kol

Unik! 5 Bunga Ini Dijadikan Campuran Makanan yang Kaya Manfaat! - livingseeds.co.za
Photo Source: livingseeds.co.za
Unik! 5 Bunga Ini Dijadikan Campuran Makanan yang Kaya Manfaat! - selerasa.com
Photo Source: selerasa.com
Bunga Kol atau yang biasa dikenal dengan Kembang Kol juga jadi sayuran yang sering kamu temukan sebagai menu pendamping makan. Memiliki nama latin Brassica oleracea var. botrytis, Bunga Kol ternyata memiliki kandungan asam askorbat, folat, vitamin K, vitamin B-6, dan vitamin lainnya, yang berfungsi sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan dan sistem metabolisme di dalam tubuh, dan menjaga kesehatan jantung. Psst, ternyata Bunga Kol ada yang berwarna ungu, hijau, dan oranye!

5. Bunga Lawang

Unik! 5 Bunga Ini Dijadikan Campuran Makanan yang Kaya Manfaat! - cairofood.id
Photo Source: cairofood.id
Unik! 5 Bunga Ini Dijadikan Campuran Makanan yang Kaya Manfaat! - ramesia.com
Photo Source: ramesia.com
Ini dia, Bunga Lawang yang sekaligus dijadikan sebagai bahan campuran masakan dan termasuk dalam kategori rempah-rempah di Indonesia. Biasanya, Bunga Lawang dijadikan campuran untuk memasak hidangan Kari dan Rendang yang biasa kamu jumpai di rumah makan khas Indonesia. Kandungan asam shikimat di dalam Bunga Lawang dijadikan sebagai bahan utama pembuat obat antiflu burung, lho! Hebat banget, ya?