Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Third Wave Coffee: Budaya Apresiasi dalam Menikmati Kopi

Sharima UmayaSharima Umaya
Third Wave Coffee? Apakah itu?
Kalau misalnya ada Third Wave Coffee, berarti ada juga First Wave Coffee dan Second Wave Coffee dong?
Sebelum membahas lebih lanjut apa itu Third Wave Coffee, jangan lupa download app Qraved ya biar kamu lebih update seputar dunia kuliner di Indonesia!
Betul sekali bagi yang menebak kalau sebelum Third Wave Coffee, ada First Wave Coffee dan Second Wave Coffee terlebih dahulu. Pengen tahu perbedaan dari istilah-istilah tersebut?

First Wave Coffee

First Wave Coffee dimulai di era tahun 1960-an. Di First Wave Coffee, kopi memang mainly fokus untuk sekadar dikonsumsi.
Third Wave Coffee: Mengapresiasi Kopi dan Budaya Ngopi - Craftbeveragejobs
Photo Source: Craftbeveragejobs
Di era ini, kopi mulai populer sebagai minuman dan masyarakat mulai banyak mendapat akses untuk kopi sehingga sangat mudah untuk mengkonsumsi kopi. Hal ini juga didukung dengan kemunculan instant coffee yang semakin mempermudah saja konsumsi kopi untuk sehari-hari.
Untuk rasa kopinya, rata-rata pada era ini tidak terlalu kuat dan rasa asamnya sangat ketara, alhasil, banyak yang menambahkan krim dan gula pada kopi untuk memperbaiki rasa kopi.

Second Wave Coffee

Di akhir tahun 1960-an, First Wave Coffee mulai beralih ke Second Wave Coffee. Di era ini, coffee shop mulai bermunculan termasuk gerai coffee shop terkenal seperti Starbucks.
Third Wave Coffee: Mengapresiasi Kopi dan Budaya Ngopi - Perfect Daily Grind
Photo Source: Perfect Daily Grind
Apabila di First Wave Coffee, kopi hanya sekadar untuk dikonsumsi, di Second Wave Coffee, bisnis coffee shop sangat menjanjikan karena orang mulai melihat kopi sebagai sesuatu untuk dinikmati.
Gerai kopi mulai memproduksi dan menjual minuman kopi dengan bahan-bahan kualitas terbaik untuk dinikmati oleh para konsumen, which won people's hearts.
Untuk jenis kopi populer yang terkenal di era ini adalah Dark Roast dan Espresso.

Third Wave Coffee

Memasuki tahun 1990-an, Second Wave Coffee mulai beralih ke Third Wave Coffee dimana kopi dibuat untuk diapresiasi.
Third Wave Coffee: Mengapresiasi Kopi dan Budaya Ngopi - Laverddemonagas
Photo Source: Laverddemonagas
Di era ini, para peminum kopi mulai fokus untuk mengenal karakteristik dari kopi itu sendiri: darimana biji kopinya berasal, bagaimana proses pembuatan kopinya, siapa yang meroast kopinya, dan bagaiman proses ngebrewnya.
Selain Espresso yang sudah populer di era sebelumnya, hand-drip coffees menjadi sangat populer di era ini. High quality beans yang mengalami proses light roasts adalah minuman yang banyak dikonsumsi di era ini.