Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Tempura: Kudapan Khas Jepang Warisan Bangsa Portugis

Firisa ArdiantiFirisa Ardianti
Tempura: Kudapan Khas Jepang Warisan Bangsa Portugis1
shutterstock
Kalau berbicara tentang masakan Jepang, pasti yang terpikir adalah tempura, sushi, udon, ramen, dan masih banyak masakan khas lain yang menggiurkan. Did you know, ternyata tempura bukan berasal dari Jepang lho! Simak cerita berikut untuk tahu info lengkapnya.
Download aplikasi Qraved untuk tahu lebih banyak pengetahuan seputar dunia kuliner.

Pelaut Portugis Membawa Resep Tempura ke Jepang

2
Photo Source:  bbc.com
Tahun 1543, tiga pelaut Portugal ingin menuju ke Macau namun terbawa arus dan mendarat di Tanegashima, Jepang. Saat itu, di Jepang sedang terjadi perang sipil hingga akhirnya masyarakatnya memulai perdagangan dengan pelaut Portugal tersebut dalam bentuk senjata api, sabun, tembakau, benang wol, hingga mendapat pengaruh dalam resep masakan termasuk tempura.

Nama Tempura Sebenarnya adalah Peixinhos da Horta

3
Photo Source:  bbc.com
Bangsa Portugis berada di Jepang hingga tahun 1639, mereka diusir karena shogun lemitsu yang sedang memimpin saat itu berpikir bahwa kepercayaan Kristen adalah sebuah ancaman bagi masyarakat Jepang. Namun, ada satu hal yang ditinggalkan bangsa Portugis di Jepang yaitu resep buncis goreng tepung yang disebut Peixinhos da Horta. Inspirasi itu kemudian kian diterapkan di Jepang - hidangan yang dibalut adonan tepung dan digoreng disebut tempura dan telah menjadi menu khas di Jepang sejak saat itu.

Kreasi Tempura Masyarakat Jepang

4
Photo Source:  bbc.com
Tidak terperangkap oleh tradisi, masyarakat Jepang sedikit mengubah konsistensi adonan tepung menjadi lebih ringan dan berkreasi dengan berbagai isian mulai dari seafood hingga sayuran. Kedatangan bangsa Portugis berhasil membawa 'warna' baru dalam dunia kuliner Jepang dan tempura menjadi makanan populer yang digemari banyak orang.