Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Taco 101: Kudapan Favorit Sejak 500 Tahun Lalu

Handy NursatyoHandy Nursatyo
Meksiko - negara yang diapit lautan Karibia ini dapat memberikan sejuta kejutan bagi para pelancongnya. Pesta dan nara menjadi kombinasi yang tidak dapat dilepaskan oleh negara satu ini. Di antara kedua kombinasi tersebut, ada unsur kuliner yang membuatnya semakin berwarna.
Kuliner Meksiko memiliki kekhasan tersendiri, yaitu selalu dengan campuran tomat, chimichuri, dan irisan daging yang membuat cita rasa gurih dan asam bercampur menjadi satu. Salah satu kudapan yang amat terkenal dari Meksiko yaitu Tacos. Pada dasarnya, konsep Tacos serupa dengan nachos yakni campuran daging dan saus tomat yang didampingi oleh tortilla garing.
Tacos kerap menjadi kudapan favorit di Tanah Sombrero ini. Ternyata kudapan favorit tersebut menyimpan banyak sekali kisah sejak kelahirannya pada 500 tahun lalu.
Sebelum memasuki pembahasan lebih lanjut, bagi kamu yang belum memiliki Qraved App, segera download aplikasinya untuk mendapatkan informasi lainnya seputar dunia kuliner.

Tacostory

Menurut sejarah, panganan roti tortillas garing yang dipadukan dengan tomat dan irisan daging tersebut telah dikenal sejak 500 tahun lalu di Meksiko saat Spanyol menginvasi mereka pada 1520, bahkan belum sama sekali diberikan nama Tacos. Pada awalnya, panganan dengan kombinasi tersebut merupakan sumber makanan primer untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Meksiko.
Tacos dan nachos berasal dari kota Piedras Negras, Coahuila, Meksiko. Tacos adalah kudapan khas Meksiko yang terdiri atas gulungan atau lipatan tortila yang diisi dengan berbagai macam masakan di dalamnya.
Berjalannya waktu, Tacos mulai merambah ke berbagai sektor, tak lagi hanya sebagai panganan rumah tangga. Para pekerja tambang di Meksiko memiliki ketertarikan lebih pada panganan satu ini karena dinilai sangat simpel dan mudah untuk dikonsumsi.
Nama Tacos justru muncul dari para pekerja tambang tersebut, karena termin Tacos sendiri berarti "ledakan". Diberikan nama tersebut karena menggambarkan ledakan kecil yang kerap terjadi saat mereka mengekstraksi bijih tambang.

Tacovation

Taco 101: Kudapan Favorit Sejak 500 Tahun Lalu - www.wsj.com
Photo Source: www.wsj.com
Abad ke-20 merupakan periode dimana Tacos melakukan "invasi" besar-besaran, dan negara yang terkena invasi pertama adalah Amerika Serikat. Pada tahun 1937, akhirnya Tacos menancapkan tombak eksistensinya sebagai panganan khas Meksiko di Vernon Avenue dan Sixth Street di San Benardino. Kemunculannya pun membuat rakyat Amerika terbius akan rasa Tacos yang amat gurih.
Permainan resep Tacos pun dimulai saat sang pemiliki menginginkan Tacos yang amat renyah. Oleh karena itu muncullah Deep Fried Tacos. Sejak saat itu, Tacos mulai menjamur di Amerika Serikat.
Taco 101: Kudapan Favorit Sejak 500 Tahun Lalu - ifranchise.ph
Photo Source: ifranchise.ph
Pada tahun 1954, pengusaha restoran Glen Bell membuka Taco Tia, stand yang menjual taco secara cepat. Sajian fast food Amerika yang sedang tren pun ikut mendongkrak kesuksesan Taco Tia. Menyususl pada tahun 1962, Bell membuka Taco Bell di Downey, California yang kemudian sukses sebagai restoran franchise.