Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Sushi 101: Cara Menikmati Sushi Sesuai Tradisi Jepang

Sharima UmayaSharima Umaya
Sushi merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi foodies di Indonesia. Beragam sushi dari harga yang terjangkau, hingga sushi dengan kualitas paling premium bisa ditemukan dengan mudah.
Membahas soal sushi, pernah gak sih kalian mikir, benarkah cara kalian menyantap sushi yang biasa kalian makan?
Ternyata Begini Loh, Cara Makan Sushi Sesuai Tradisi di Jepang! - Google Image
Photo Source: Google Image

How To:

Cara makan sushi yang benar adalah langsung melahap sushi sekaligus dalam satu suapan dengan menggunakan tangan, walau sah-sah aja kalau mau menggunakan sumpit. Hal ini dilakukan agar kombinasi kesegaran ikan dengan nasi berpadu pas di lidah. Selain itu, ketika mencelupkan sushi ke shoyu, jangan lupa untuk membalik posisi sushi, sehingga posisi ikan terletak dibawah saat sushi dicelup ke shoyu.
Ternyata Begini Loh, Cara Makan Sushi Sesuai Tradisi di Jepang! - Buzzfeed
Photo Source: Buzzfeed

Penggunaan Condiments

Siapa yang biasa merendam sushi di shoyu sampai nasi sushi berubah warna menjadi kehitaman? Ternyata seharusnya shoyu hanya digunakan di ujung ikan saja, hal ini disebabkan karena shoyu hanya sekadar penambah rasa, jadi kalian bisa merasakan kesegaran dan rasa alami dari ikan.
Untuk wasabi, tidak seperti kebanyakan orang yang menaruh wasabi di shoyu kemudian diaduk, seharusnya wasabi sudah ditaruh di dalam sushi, tepatnya dioleskan diantara nasi dan ikan. Makanya kalau kalian ke restoran Jepang yang authentic, hampir dipastikan wasabi yang diberikan saat sushi disajikan hanya sedikit.
Buat yang belum tahu irisan tipis berwarna pink yang biasa disajikan bersama sushi, yap, itu adalah jahe. Untuk cara memakan jahe ini, tidak ditaruh di piring shoyu maupun ditaruh di atas sushi ya, melainkan irisan jahe dimakan secara berpisah setelah sushi dimakan. Tujuannya? Untuk menetralisir lidah sebelum menyantap sushi selanjutnya.
Ternyata Begini Loh, Cara Makan Sushi Sesuai Tradisi di Jepang! - businessinsider.com
Photo Source: businessinsider.com

Urutan Makan

Menikmati sushi pun ada urutannya untuk menjaga kualitas rasa. Makanlah jenis sashimi terlebih dahulu, diikuti dengan nigiri kemudian dilanjutkan dengan maki. Untuk mengenali jenis sushi lebih lanjut, baca di sini.
Jenis topping yang berbeda pun mempengaruhi urutan untuk memakan sushi. Pilihlah berdasarkan makanlah terlebih dahulu daging yang teksturnya paling ringan seperti scallop, dilanjutkan dengan ekor kuning, lalu salmon hingga yang terberat, contohnya tuna.
Ternyata Begini Loh, Cara Makan Sushi Sesuai Tradisi di Jepang! - dtlv.com
Photo Source: dtlv.com
Jangan lupa download Qraved App untuk informasi menarik seputar dunia kuliner lainnya.