Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Shabu-shabu, Suki, dan Hot Pot: Mirip Tapi Tak Sama, Lho!

Diangga SimanjuntakDiangga Simanjuntak
Hot Pot, Shabu-Shabu, Suki - Photo 1
oldgod_hotpot
Shabu-shabu, suki, dan hot pot, apa sih bedanya? Mungkin banyak yang belum mengerti apa perbedaan antara ketiga jenis makanan tersebut. Padahal, ketiga makanan tersebut memiliki ciri khas-nya masing-masing. Buat kamu yang gemar kulineran wajib tahu nih, apa saja perbedaannya. Apalagi, untuk kamu para penggemar makanan khas Jepang. Belum resmi jadi penggemar sejati kalau belum tahu perbedaan antara shabu-shabu, suki dan hotpot!
2
Photo Source:  cy_eats
Biasanya shabu-sabu terdiri dari daging sapi. Namun sekarang shabu-shabu bukan hanya terdiri dari daging sapi saja, tapi juga ayam, seafood, dan babi. Kemudian, daging-daging tersebut disantap dengan ragam varian sayur seperti daun bawang, sawi putih, wortel, lobak, dan beragam jenis jamur. Nah, shabu-shabu ini sebenarnya bisa dibilang merupakan hot pot khas Jepang. Mengapa? Penjelasan tentang hot pot di bawah ini.
3
Photo Source:  viruki1211
Hot pot sendiri sebenarnya berasal dari China lebih dari 1000 tahun lalu. Hot pot merupakan cara memasak dengan bahan-bahan seperti daging tipis dan sayur-sayuran yang di celupkan ke dalam air mendidih. Hot pot di China sendiri juga memiliki ragam rasa kaldu dan kuah yang berbeda. Jenis hot pot yang paling terkenal adalah Sichuan hot pot dan Beijing mutton hot pot. Sichuan hot pot memiliki rasa yang pedas, sementara Beijing mutton hot pot dibuat dari daging domba dan rempah sehingg rasanya lebih kuat dan gurih.
Lantas apa perbedaan hot pot dan shabu-shabu dengan suki? Suki atau sukiyaki sebenarnya juga merupakan masakan yang berbahan dasar daging dan juga menggunakan hot pot. Namun, sukiyaki biasanya memiliki isian yang lebih beragam seperti mie shirataki, misalnya. Selain itu, daging sukiyaki biasanya dimasak hingga matang, baik dengan direbus atau dipanggang, tidak seperti shabu-shabu yang hanya dimasak sebentar dalam air panas.
Jadi, meskipun kelihatannya sama, shabu-shabu, hot pot, dan suki merupakan tiga masakan yang berebeda. Perbedaannya terletak di cara memasak, topping, dan jenis kaldu atau saus yang digunakan.
Nah, dari ketiga jenis masakan ini, mana yang paling kamu suka? kalau kamu pengin mencoba shabu-shabu nikmat di Jakarta, kamu bisa lho cobain di Shabu-Shabu House yang berada di Plaza Indonesia. Biar kamu bisa nyobain Shabu-Shabu House dengan lebih hemat kamu bisa download aplikasi Qraved dan tukar kan voucher buy 1 get 1 untuk wagyu set mereka! Tunggu apa lagi, langsung deh sambangi Plaza Indonesia buat cobain Shabu-Shabu House.