Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Serba-Serbi Tradisi Yusheng Dalam Kemeriahan Perayaan Imlek

Kidosm Kidosm
yusheng imlek - Photo 1
says.com
Tradisi Yee Sang atau nama lainnya Yusheng merupakan tradisi yang kerap dilakukan masyarakat Tionghoa khususnya saat menjelang Tahun Baru Imlek. Yee sang atau Yusheng sendiri merupakan masakan Tiochiu yang terdiri dari salad ikan segar ditambah dengan sayuran seperti wortel dan lobak yang diiris halus.
Daging ikan yang dipakai adalah irisan ikan tuna atau ikan salem yang disiram dengan saus yang terbuat dari campuran minyak goreng dan minyak wijen, dan tambahan saus buah prem, gula pasir, dan kayu manis. Yusheng menggambarkan kelimpahan dan kemakmuran bagi yang memakannya.
2
Photo Source:  pamper.my
Tradisi ini diyakini dimulai sejak zaman Dinasti Song Selatan (1127 - 1279 M). Awalnya para nelayan di sepanjang pesisir Guangzhou merayakan Renri (hari ke-7 Tahun Baru Imlek) dengan berpesta hasil tangkapan ikan yang didapat.
3
Photo Source:  @TrishChan
Seiring dengan perkembangan zaman, Yusheng versi modern diciptakan tepatnya pada tahun 1964 di rumah makan Lai Wah, Singapura. Pelopor dan penciptanya sendiri merupakan empat orang keturunan asli Tionghoa dan berperan sebagai juru masak yang bekerja di rumah makan Cathay di Gedung Cathay, Singapura. Empat orang tersebut adalah Lau Yeok Pui, Tham Yui Kai, Sin Leong dan Hooi Kok Wai.
Hingga kini, tradisi Yee Sang atau Yusheng dikenal baik oleh warga keturunan Tionghoa asli yang bermukim di Indonesia. Khususnya saat perayaan imlek yang tahun ini diperingati pada tanggal 5 Februari 2019. Banyak keluarga yang mempersiapkan perayaan Imlek tahun ini untuk berburu bahan utama Yusheng yang berasal dari bahan-bahan segar.
4
Photo Source:  says.com
Tidak hanya di rumah warga, tradisi Yusheng juga bisa ditemukan di hampir semua restoran Chinese food, maupun restoran hotel di Ibu kota. Saatnya tentukan pilihan spot istimewa untuk bersantap untuk menyambut Imlek tahun ini.