Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Sake 101: Tradisi Rice Wine dari Jepang

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Tradisi Rice Wine dari Jepang!1
sakesocial
Sake merupakan salah satu minuman yang paling terkenal di Jepang. Segelas minuman yang digunakan untuk menghangatkan tubuh di saat musim dingin datang. Minuman khas negeri Sakura ini sebenarnya telah menjadi salah satu kebudayaan atau tradisi dari masyarakat Jepang.
Orang-orang Jepang mengenai Sake sebagai Rice Wine, atau Anggur Beras. Walaupun memiliki predikat anggur, sake bukanlah fermentasi anggur seperti yang kita bayangkan. Sake benar-benar hasil dari beras yang di fermentasi.
2
Photo Source:  Japan Times
Sekalipun Sake masuk dalam kategori minuman keras, Sake juga memiliki khasiat loh! Tentunya jika kamu mengkonsumsinya secara bijak. Selain menghangatkan, Sake juga sering digunakan untuk jadi bahan masakan. Biasanya Sake dijadikan bumbu untuk memperlezat makanan. Biasanya Sake ini akan dikombinasikan dengan sake manis atau yang biasa disebut mirin, agar makanan jadi lebih gurih dan manis.
3
Photo Source:  Wine Cooler Direct
Secara tradisi, Sake juga digunakan untuk penyajian di acara upacara adat. Seperti acara ritual pemurnian Shinto, upacara pernikahan, upacara kagami biraki dan beberapa upacara adat lainnya.
4
Photo Source:  Muchies
Selain itu, Sake biasa digunakan saat bersosialisasi. Kesibukan masyarakat Jepang membuat para pekerja keras ini membutuhkan minuman beralkohol untuk meringankan beban pekerjaan mereka. Sudah menjadi pemandangan yang lumrah, jika dimalam hari kamu menemukan beberapa orang berpakaian rapi dalam keadaan mabuk.
Berikut beberapa spot di Jakarta yang menyediakan sake:
5
Photo Source:  gulanya gulali
6
Photo Source:  urbanouteaters
7
Photo Source:  the food escape