Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Quinoa Vs Nasi: Mana yang Lebih Sehat?

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Semakin hari, tingkat kesadaran kita akan mengkonsumsi makanan sehat akan semakin tinggi. Menjaga pola makan, dan makan-makanan kaya akan nutrisi merupakan salah satu cara agar daya tahan tubuh tetap terjaga.
Quinoa vs Nasi : Yang Mana yang Lebih Sehat? - Chenopodium quinoa
Photo Source: Chenopodium quinoa
Kini lagi ramai banget pembahasan mengenai Kinoa atau Quinoa si pengganti nasi. Menjadi salah satu sumber karbohidrat pada menu makanan. Quinoa dipercaya memiliki kandungan protein dan juga serat yang tinggi, terlebih lagi cara pengolahan Quinoa juga tidak susah.

Apa sih Quinoa?

Quinoa vs Nasi : Yang Mana yang Lebih Sehat? - medicalnewstoday
Photo Source: medicalnewstoday
Quinoa adalah adalah jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Tanaman ini sudah ada sejak lebih dari 5000 tahun, dan merupakan tanaman asli dari Andean Peru, Ekuador, Bolivia dan Kolumbia. Ada beberaa tipe quinoa yang perlu kamu ketahui, ada yang berwarna putih/gading, merah/ungu atau cokelat/hitam. Quinoa yang masuk dan beredar di Indonesia biasanya Quinoa putih dan merah. Cara memasak Quinoa adalah sama seperti memasak nasi putih.

Apa sih fungsi Quinoa?

Quinoa vs Nasi : Yang Mana yang Lebih Sehat? - bbcgoodfood
Photo Source: bbcgoodfood
Pada dasarnya, Quinoa ini dianjurkan untuk kamu yang ingin menjaga berat badan. Hal ini disebabkan karena, beras putih adalah kanji halus. Jadi, beras putih memiliki indeks glisemik yang tinggi, sehingga ia bukan pilihan yang tepat untuk kamu yang mau menjaga berat badan.
Pada satu cawa Quinoa yang dimasak memiliki sekitar 40 kalori yang lebih sedikit dibanding dengan beras putih. Quinoa mempunyai 5gr serat dan 2 gr protein yang lebih di bandingkan nasi, itu sebabnya, mengkonsumsi Quinoa akan membantu kamu mengurangkan pengambilan kalori, tetapi Quinoa akan membuat kamu merasa kenyang lebih cepat.

Kandungan gizi Quinoa vs Nasi?

Pada 100gr berat kering, Quinoa memiliki 399kcal energi, 16.5gr protein, 6.3gr lemak dan 69gr total karbohidrat.
Quinoa vs Nasi : Yang Mana yang Lebih Sehat? - chowhound
Photo Source: chowhound
Sedangkan Beras, memiliki 372kcal energi, 7.6gr protein, 2.2gr lemak dan 80.4gr total karbohidrat.

Quinoa atau Nasi?

Sebagai orang Indonesia, pasti sulit untuk berpaling dari yang nama nya nasi. Pulen nya, rasa manis nya dan juga rasa kenyang yang kita rasakan setelah makan nasi itu udah terasa nyaman banget.
Quinoa vs Nasi : Yang Mana yang Lebih Sehat? - lemonilo.com
Photo Source: lemonilo.com
Tetapi, berpaling ke sesuatu yang lebih sehat juga patut di coba. Kadar karbohidrat di Quinoa ini cocok untuk penderita celiac disease, gluten intolerant atau penderita diabetes. Kandungan kaya serat di Quinoa membuat laju pelepasan gula ke pembuluh darah lebih lambat, sehingga kerja insulin tubuh juga terbantu. Kandungan serat nya juga membantu tubuh mempercepat rasa kenyang dan melancarkan kerja saluran pencernaan.
Buat kamu yang lagi dalam masa program diet atau lagi sering-seringnya olahraga, mengkonsumsi Quinoa juga memberi peranan yang penting. Kandungan lysine nya dapat membantu penyembuhan otot-otot tubuh.
Quinoa vs Nasi : Yang Mana yang Lebih Sehat? - Muhammad Yovi
Photo Source: Muhammad Yovi
Zat mineral copper dan manganese nya juga membantu tubuh melawan radikal bebas dan menjaga kekuatan tulang. Sedangkan zat besi dan fosfor akan membantu kamu dalam proses pembentukan energi!
Quinoa vs Nasi : Yang Mana yang Lebih Sehat? - penggilinganpadi
Photo Source: penggilinganpadi
Jadi, mengganti nasi dengan Quinoa bisa menjadi salah satu program baru hidup sehat mu. Tidak perlu setiap hari, pelan-pelan saja, karena memang tidak mudah lepas dari yang namanya nasi pulen.