Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Omurice: Kisah Nasi Goreng Dibalut Omelette ala Jepang

Handy NursatyoHandy Nursatyo
Sejarah dan Teknik Pembuatan Omurice1
shutterstock
Jepang memang telah berhasil menunjukkan eksistensinya dalam dunia kuliner. Salah satu menu yang menjadi perhatian dunia asal Negeri Sakura tersebut adalah Omurice.
Singkatnya, Omurice merupakan sajian nasi goreng yang diselimuti oleh telur dadar. Lantas, apa menariknya dari sebuah nasi goreng dengan telur dadar di atasnya? Omurice menyajikan telur dadar yang berhasil menyeimbangkan diri di atas nasi goreng. Dengan akurasi juru masak yang tepat membuat hidangan ini sangat unik di mata para pecinta kuliner.
Yang membuat omurice ini sangat spesial adalah ketika omelet tersebut dibelah dengan pisau, bagian luar omelet akan terbuka dan bagian dalam telur yang masih setengah matang pun akan terlihat dengan jelas serta menutupi seluruh nasi goreng di bawahnya.
Apa yang membuat Jepang terinspirasi untuk membuat menu ini dan bagaimana teknik memasaknya? Sebelum memasuki penjelasan lebih dalam lagi, bagi kamu yang belum memiliki Qraved App segeralah download aplikasinya untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia kuliner.

Egg-celent Story

2
Photo Source:  www.timetravelturtle.com
Inovasi telur yang menyelimuti nasi goreng terbilang cerdas, pasalnya untuk membuat tekstur telur yang berbeda antara luar dan dalam sangatlah sulit. Di Jepang sendiri ada beberapa versi cerita mengenai Omurice, bahkan ada beberapa restoran yang mengakui bahwa dirinyalah sebagai penemu Omurice.
Namun Omurice memiliki cerita orisinilnya, yaitu pencetusan oleh pencipta paling terkenal, tak lain adalah Rengatei di Tokyo dan Hokkyokusei di Osaka. Setelah Perang Dunia II, pengaruh masakan Barat dan akses ke bahan-bahan seperti saus tomat, bawang, paprika hijau, dan daging membuat lebih mudah bagi restoran dan keluarga untuk membuat makanan yang lezat ini.
Omurice merupakan masakan akulturasi antara Barat dengan Jepang yang memadukan aroma Barat namun memiliki cita rasa nenek moyang.

The Technique

Beberapa waktu terakhir, terdapat video viral yang mewabah di media sosial yaitu seorang juru masak berkebangsaan Jepang yang tengah membuat Omurice bagi pelanggannya. Teknik tersebut terbilang sulit karena harus menggulung telur yang masih berada di atas wajan dengan akurasi dan waktu yang tepat. Berikut video teknik membuat Omurice.