Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Minuman dan Camilan Ini Hanya Bisa Kamu Temuin di Indonesia, Sudah Coba?

Kidosm Kidosm
festival jajanan bango - Photo 1
kulinermojo
Indonesia terkenal dengan keragaman budaya, suku, dan etnisnya. Tak ayal terdapat banyak makanan khas dari berbagai daerah yang menjadikan Indonesia semakin dikenal sebagai surga makanan dan kebudayaan. Untuk kamu yang selama ini hanya mengetahui makanan khas dari berbagai daerah di Pulau Jawa dan beberapa makanan terkenal lainnya, sudah tau belum dengan makanan dan camilan di bawah ini?
Pastikan kamu sudah download aplikasi Qraved untuk dapetin informasi seputar kuliner menarik lainnya yang ada di Indonesia.

Ketan Susu Durian - Sumatera Barat

2
Photo Source:  lie.cen.52
Mungkin sebagian besar orang pernah mendengar panganan ketan susu, tapi sudah pernah tahu kalau ada Ketan Susu Durian yang terkenal di daerah Sumatera Barat? Untuk kamu yang selama ini hanya mengenal ketan susu pada umumnya, wajib coba panganan yang satu ini karena terkenal dengan kombinasi duren yang dagingnya lembut dan rasanya unik saat dipadukan dengan ketan dan susu kental manisnya.

Pempek Megaria - Palembang

3
Photo Source:  brnrdne
Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini? Pempek yang merupakan makanan khas Palembang yang digemari banyak lidah pegiat kuliner di Indonesia ini memang terasa begitu unik. Apalagi jika kamu sedang berwisata ke daerah asalnya, kamu akan menemukan Pempek Megaria Palembang yang digemari banyak warga lokal dan wisatawan yang datang untuk mencicipinya. Daging ikan yang disajikan bersamaan dengan saus cukanya terasa begitu segar!

Kong Djie Coffee - Bangka

4
Photo Source:  kongdjie_coffee
Kong Djie Coffee merupakan warung kopi yang sudah eksis dan melegenda sejak 1943 di daerah Belitung, Sumatera Selatan. Berangkat dari kedai kecil yang menyediakan kopi khasnya, Kong Djie Coffee kini menjamur dan menjadi waralaba yang bisa kamu temukan di banyak lokasi di Indonesia. Namun, kamu masih akan tetap merasakan makanan dan minuman autentiknya yang dipertahankan untuk memanjakan lidah para pengunjungnya. Mie Belitung Atep terkenal dengan rasa dan isiannya yang kaya akan rempah, yang menyulap lidah siapapun yang mencoba akan menyukainya.

Asinan Betawi Hj. Sopy - Jakarta

5
Photo Source:  misscarolinebong
Sesuai dengan namanya, Asinan Betawi Hj. Sopy menyuguhkan asinan khas Betawi yang kini mulai jarang ditemukan di Jakarta. Asinan Betawi Hj. Sopy bisa dengan mudah kamu di Jl. KH. Hasyim Ashari Gg. Jambu, Cipondoh, Tangerang. Karena sulitnya menemukan makanan khas kampung Betawi di Jakarta ini, membuatnya selalu ramai dikunjungi penggemar makanan berbahan dasar sayuran dengan bumbu kacang yang mantap. Kamu juga bisa temukan asinan yang tak kalah segarnya lho!

Cucur Super - Betawi

6
Photo Source:  cucursuper
Pernah mendengar camilan yang satu ini? Cucur adalah camilan khas Betawi yang bisa kamu temukan di penjual jajanan kue basah di sepanjang jalan kota Jakarta. Berbahan dasar tepung beras, tepung terigu, dan gula merah, menjadikan camilan ini berbentuk unik dengan warna yang cokelat pekat. Rasanya yang manis juga menjadi alasan mengapa banyak yang menggemari camilan yang berbentuk seperti kepala jamur ini.

Pisang Goreng Madu Bu Nanik - Jakarta

7
Photo Source:  jktdelicacy
Camilan ini sudah pasti santer terdengar di telinga penggila makan. Karena rasanya yang unik dan punya banyak varian, membuat Pisang Goreng Madu Bu Naik menjadi camilan primadona ketika kamu berkunjung ke daerah Tanjung Duren, Jakarta Barat. Sempat menjadi makanan yang viral di tahun 2018, tak membuatnya surut menjadi camilan yang digemari banyak orang. Buktinya semua varian seringkali habis diborong menjelang sore hari. Pastikan kamu mencoba varian pisang goreng, nangka goreng, cempedak goreng, hingga ote-ote yang rasanya manis ini ya!

Bakso Goreng Gajah (Bagoja) - BSD

8
Photo Source:  bagoja_id
Bagoja alias bakso goreng gajah ini memiliki bentuk berupa bakso besar yang digoreng hingga mempunyai tekstur kulit yang gurih. Uniknya, bakso ini tidak memiliki isi seperti bakso pada umumnya. Kamu bisa nikmatin camilan yang biasanya disajikan di dalam plastik dan digunting-gunting ini dengan tambahan saus sambal pedas agar rasanya semakin nikmat. Bagoja menjadi jajanan kekinian yang bisa mengulang kenangan manismu dengan jajanan tradisional lho!

Es Duren D'Cendes - Bekasi

9
Photo Source:  aish.amellya
Durian merupakan buah yang terkenal dengan penampakan dan aroma menyengat dari buahnya. Tapi, bukan berarti durian menjadi buah yang tidak digemari orang banyak. Justru bagi para pencintanya, buah ini memiliki sensasi nikmat dan unik dengan tekstur daging buahnya yang legit. Apalagi kalau disandingkan dengan es krim seperti Es Duren D'Cendes yang sensasinya nggak ada duanya. Perpaduannya pas dengan tesktur es krim yang lembut dan durennya berdaging legit dan tebal.

Es Campur Pak Oyen – Bandung

10
Photo Source:  sonnynot_sony
Es yang satu ini sudah terkenal seantero kota Bandung. Ya, Es Pak Oyen yang dikenal dengan buahnya yang segar ditambah dengan aneka topping lainnya membuat semangkuk es buah ini terasa begitu menyegarkan. Sampai-sampai Es Pak Oyen ini selalu saja dipenuhi oleh para pengunjung terutama di jam makan siang. Kamu hanya perlu merogoh kocek tidak lebih dari Rp 20 ribu untuk bisa menikmati sensasi segar menyantap es di salah satu lokasinya di Jl. Sukajadi No. 8, Sukajadi, Bandung.

Bola-Bola Ubi - Bandung

11
Photo Source:  suroyah_annisa
Bola-Bola Ubi menjadi salah satu camilan yang terbilang unik dan wajib kamu coba. Karena dengan menggunakan bahan dasar ubi jalar, tepung kanji dan tepung maizena, kamu bisa merasakan camilan yang kini dikreasikan dengan berbagai macam topping dan isian, mulai dari cokelat, keju, gula, hingga kombinasi. Memang ukurannya cukup kecil dan pas untuk sekali lahap, tapi kamu akan ketagihan ketika mengunyah bola ubi yang lembut saat digigit dan bisa kamu temukan di kota-kota besar khususnya Bandung, Jawa Barat.

Cilok Madrasah - Bandung

12
Photo Source:  ujungsendok
Cilok merupakan panganan khas Bandung yang punya kepanjangan unik yaitu "aci dicolok", dimana camilan ini menggunakan bahan dasar tepung kanji dan tepung terigu yang kemudian dimakan dengan cara mencolokkan sebilah kayu. Salah satu cilok yang terkenal enak yaitu Cilok Madrasah, karena menggunakan bumbu kacang yang gurih yang semakin nikmat bila dimakan bersama kecap manis dan saus sambal.

Seblak Jeletet Murni - Bandung

13
Photo Source:  the.lucky.belly
Seblak merupakan makanan khas kota Bandung yang merupakan bahan membuat kerupuk yang direbus dan disajikan dengan beragam isian dan menggunakan bumbu masak sederhana. Namun lain halnya dengan Seblak Jeletet Murni yang merupakan kreasi seblak yang kini digandrungi oleh para pecinta pedas. Seblak ini terkenal dengan tingkat kepedasannya yang berbeda dan disajikan bersama dengan isian lainnya seperti ceker ayam, telur rebus, mie hingga isian yang beragam. Cocok banget untuk kamu yang ingin mencoba panganan super pedas yang kini tersedia juga di Jakarta.

Es Palu Butung Aurora - Palu

14
Photo Source:  kulinermojo
Setelah puas menjelajah kuliner, enaknya diselingi dengan segarnya Es Palu Butung Aurora yang terkenal di Palu, Sulawesi Tengah. Sebagian besar orang akan mengira bahwa ini merupakan Es Pisang Ijo, namun kenyataannya Es Pisang Ijo menggunakan pisang kepok, sedangkan Es Palu Butung menggunakan pisang raja. Sehingga ketika pisangnya bercampur dengan isian es lainnya disajikan dalam satu mangkuk, terasa begitu legit saat dimakan.

Klapertaart Oma Anne - Manado

15
Photo Source:  yusnita.erni.9
Klapertaart adalah jenis camilan yang populer di daerah Manado, Sulawesi Utara. Camilan ini diyakini sebagai salah satu makanan yang diadopsi dari makanan khas Belanda ketika zaman penjajahan. Namun, kreasi Klapertaart Oma Anne kini menjadi salah satu yang digemari di kota Manado karena rasa manisnya pas, ditambah dengan varian rasa mulai dari cokelat, keju, raspberry hingga durian. Pecinta makanan manis pasti suka deh!

Kedai Es Pisang Ijo Pemuda - Makassar

16
Photo Source:  eat.time.story
Kalau tadi kamu sempat mendengar tentang Es Palu Butung yang diklaim mirip dengan Es Pisang Ijo, kini kamu pencinta dessert dan makanan manis juga wajib mencoba Es Pisang Ijo Pemuda yang tidak kalah segarnya. Menggunakan pisang kepok yang tingkat kematangannya pas dan sirup manis yang bercampur sempurna dengan es di atasnya, membuat es yang satu ini dikenal luas di Makassar.
Namun, kamu tidak perlu jauh-jauh datang ke daerah asalnya untuk bisa mencicipi makanan dan minuman di atas. Karena kamu bisa mencicipi semuanya di Festival Jajanan Bango yang tahun ini digelar di Parkir Squash, Gelora Bung Karno Jakarta pada 16 - 17 Maret 2019. Acara yang digelar kali ini dihadiri lebih dari puluhan jenis makanan khas Indonesia yang siap untuk kamu cicipi. Ayo ajak teman dan keluarga untuk datang ke Festival Jajanan Bango 2019! Serunya lagi event kuliner seru ini GRATIS MASUK TANPA ANTRI lho! Biar nggak penasaran, yuk buruan daftar di sini!