Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Michelin Star: Anugerah “Nobel” di Lini Gastronomi

Handy NursatyoHandy Nursatyo
Michelin Star: Anugerah “Nobel” di Lini Gastronomi1
bespoke yacht charter
Saat ini, dunia kuliner tak lagi hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan pangan saja, melainkan telah menjadi sebuah hal yang dapat menghibur dan sangat melekat pada kehidupan sehari-hari. Hal tersebut membuat para juru masak memiliki kontribusi yang besar bagi peradaban dan budaya manusia karena eratnya hubungan mereka dengan segala jenis makanan. Kontribusi tersebut menghasilkan sebuah pengakuan dan penghargaan dalam bentuk status yang dinamakan Michelin Star. Status tersebut merupakan hal yang sangat penting bagi juru masak untuk menilai tahapan yang telah dicapai oleh si juru masak. Penghargaan tersebut bagaikan Nobel Prize pada mahzab gastronomi.
Sebelum memasuki penjelasan yang lebih lanjut mengenai Michelin Star, bagi kamu yang belum memiliki Qraved App segera download aplikasinya untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia kuliner.

When You Wish Upon a "Star"

2
Photo Source:  www.kaskus.co.id
Michelin Star bermula dari Michelin Guide, yang mana itu merupakan sebuah buku panduan perjalanan yang dibuat khusus oleh Michelin untuk para pelanggannya. Edisi pertama buku tersebut terbit pada tahun 1900. Di dalam buku guide pertama yang mereka tulis tanpa sengaja mereka telah membuat daftar restoran terbaik atau daftar chef terbaik di dunia, serta restoran dengan harga termahal di dunia.
Pada awalnya, Michelin Guide berisi daftar restoran yang bisa dikunjungi para traveler saat melewati rute-rute tertentu. Selain restoran, Michelin juga menyematkan daftar hotel, pom bensin, bengkel, dan toko ban Michelin di dalam buku tersebut.
Untuk memasukkan restoran-restoran di dalam buku guide-nya tersebut, Michelin mempersiapkan tim khusus yang kerap dikenal dengan sebutan "inspektor". Para inspektor tersebut datang dengan status anonymous, sehingga restoran tidak akan mengetahui bahwa para inspektor tersebut sedang siggah ke restoran mereka. Setiap inspektor datang untuk memberikan ulasan sebuah restoran, dan mereka akan membuat sebuah catatan atau memo yang kemudian akan dibahas bersama para inspektor lainnya untuk menentukan restoran manakah yang pantas untuk mereka berikan penghargaan.
Penghargaan tersebut berimplikasi pada kenaikan harga makanan yang dilakukan oleh restoran itu sendiri. Pasca penilaian dan pemberian penghargaan, restoran tersebut disibukkan dengan menaikkan semua harga sajian mereka dan membenahi sistem atau alur kerja agar mendapatkan penghargaan selanjutnya sebagai identitas bahwa restoran mereka memang pantas untuk mendapatkan penghargaan tersebut.
3
Photo Source:  gosocio.co.id
Restoran yang mendapat Michelin Star merupakan restoran sekelas fine dining, di mana pengunjung harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk mencicipi sajian di restoran tersebut. Namun, selain fine dining, Michelin juga memberikan penghargaan ke restoran-restoran yang affordable, tapi tetap punya kualitas rasa makanan nomor satu.