Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFoodMenu Sarapan Scrambled Egg Gaya Inggris, Perancis, dan Amerika

Menu Sarapan Scrambled Egg Gaya Inggris, Perancis, dan Amerika

Handy NursatyoHandy Nursatyo
Scrambled Egg - kerap dimasak untuk disajikan sebagai menu sarapan. Mungkin di Indonesia biasa disebut dengan nama Telur Orak-Arik karena cara memasaknya yang mengaduk seluruh bagian telur hingga hancur dan tingkat kematangan yang "well done" sehingga ada rasa garing ketika kamu mengunyah telur tersebut. Namun, bagaimana dengan sajian "telur orak-arik" di Barat?
Scrambled Egg memang memiliki beberapa gaya dalam memasaknya, dan salah satu perbedaan yang terlihat adalah gaya Inggris, Prancis, dan Amerika. Apa perbedaan yang mencirikan penyajian telur mereka? Sebelum masuk ke pembahasan, bagi kamu yang belum memiliki Qraved App, segera download aplikasinya untuk mendapatkan info-info menarik seputar dunia kuliner lainnya.

English Style

Egg 101: Perbedaan Scrambled Egg English, French, dan American Style - www.bonappetit.com
Photo Source: www.bonappetit.com
Terlihat seperti scrambled egg yang mungkin kerap kamu temukan di hotel atau di sebuah restoran cepat saji. Namun, scrambled egg English style memiliki perbedaan dalam proses memasak. Setelah mengocok telur (seperti saat membuat telur dadar), biasanya orang Inggris menggunakan wajan sebagai untuk memproses telur tersebut.
Setelah mengocok lalu telur tersebut segera dimasukkan ke wajan yang telah diolesi oleh mentega. Telur yang telah masuk ke dalam wajan langsung diaduk hingga tekstur telur mulai terlihat. Panasnya wajan karena api kompor membuat orang Inggris berpikir bahwa wajan dapat melanjutkan proses memasak telur tersebut tanpa harus bersentuhan dengan api lagi, dan inilah yang mencirikan scrambled egg English style.
Proses memasak yang mengandalakan panas dari wajan membuat telur dimasak "slow process" sehingga mendapatkan tekstur telur dengan kelembaban dam kelembutan yang tepat.

French Style

Egg 101: Perbedaan Scrambled Egg English, French, dan American Style - www.youtube.com
Photo Source: www.youtube.com
Mungkin kamu melihat sajian scrambled egg satu ini terlihat sedikit berbeda karena tidak terlihat seperti scrambled egg pada umumnya. Proses memasak pada telur orak-arik a la Perancis ini pun juga terbilang unik karena tidak bersentuhan langsung dengan api, melainkan dimasak menggunakan panas air.
Setelah mengocok telur seperti membuat scrambled egg biasa, telur tersebut dimasukkan ke dalam sebuah mangkuk kaca besar yang akan dipanaskan dengan rebusan air. Memasak scrambled egg ini membutuhkan proses yang terbilang lama dibandingkan dengan scrambled egg lainnya.
Proses memasak tersebut menghasilkan tekstur telur yang kental dan sangat creamy, hampir serupa ketika kamu memakan bubur. Scrambled egg ini sangat cocok dikombinasikan denga toast atau bacon.

American Style

Egg 101: Perbedaan Scrambled Egg English, French, dan American Style - www.marthastewart.com
Photo Source: www.marthastewart.com
Solid, matang, dan gurih - itu merupakan kata-kata yang sangat tepat untuk mewakili karakter scrambled egg dengan gaya Amerika ini. Proses memasak scrambled egg American style ini hampir serupa dengan English style, namun perbedaannya terletak pada adukan telurnya. American style tidak mengaduk keseluruhan telur, namun menggeser bagian telur yang matang ke tengah dan membiar kan bagian telur yang belum matang mengalir ke pinggiran pan untuk proses pematangan.
Cara tersebut dilakukan berulang hingga telur mulai solid dan mencapai 3/4 matang agar tekstur tetap lembut dan gurihnya tetap terasa.
Agar kamu bisa membayangkan perbedaan yang lebih detil, kamu bisa menyaksikan video dari Jamie Oliver yang sedang memasak scrambled egg dengan tiga varian ini.
Qraved | Life is Tasty