Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Kreasi Unik Dessert dengan Bunga Mawar di Berbagai Negara

Happy FerdianHappy Ferdian
Sepertinya Seal memang tepat melantunkan lirik ‘A Kiss from a Rose’ sebagai ungkapan terhadap berbagai keindahan, tidak terkecuali berkumpul dengan keluarga di momen-momen istimewa, seperti Natal misalnya. Manisnya bunga mawar tidak hanya dapat dirasakan dari bau maupun bentuknya, melainkan juga oleh indera pengecap. Beberapa bangsa di dunia, terutama di kawasan Timur Tengah dan Mediterania, sejak lama memanfaatkan bunga mawar sebagai penyedap beragam sajian yang dihidangkan di momen istimewa, termasuk Natal.
Semarak Perayaan Natal dengan Santap Lezat Bunga Mawar - pexels
Photo Source: pexels
Mengonsumsi bunga, secara umum, sebenarnya bukan hal yang aneh. Sebagaimana daun, buah, biji, akar, atau batang, bunga juga punya kandungan senyawa kimia yang bisa membantu menyehatkan tubuh. Di Tiongkok dan Myanmar misalnya, bunga dijadikan bahan masakan yang segar untuk salad, sup, dan berbagai hidangan pembuka, sementara Jepang mengolah bunga krisan dengan tepung tempura, hingga kemudian digoreng, dan Korea menggunakan bunga mentah yang dicampur dengan beraneka macam hidangan mereka.
Semarak Perayaan Natal dengan Santap Lezat Bunga Mawar - thepersianfusion
Photo Source: thepersianfusion
Negara-negara Timur Tengah menggunakan air mawar dan kelopak mawar di bermacam hidangannya, sementara Persia mengolah dumpling (semacam pangsit) dengan menambahkan kelopak mawar sebagai bahannya. Sementara itu di kawasan Mediterania, terutama di Yunani dan Italia, kelopak mawar acapkali digunakan sebagai bahan utama maupun bahan aditif, antara lain untuk permen, jelly, mousse, puding, juga untuk makanan gurih seperti risotto, saus pasta, omelette, dan salad.
Semarak Perayaan Natal dengan Santap Lezat Bunga Mawar - sparklinglala
Photo Source: sparklinglala
Karena nilainya yang cukup mahal, maka biasanya mawar digunakan untuk memasak sajian-sajian perayaan, seperti pesta pernikahan, pesta desa, dan juga semarak Natal bersama keluarga besar. Di Yunani, terdapat aneka jenis permen buatan tangan sejenis Turkish Delight, namun berbentuk lebih keras dan beraroma sangat manis berkat adanya campuran mawar. Sementara itu di selatan Italia, tepatnya di Pulau Sicilia, sari mawar biasanya digunakan untuk memperlezat aneka kue dan saus pasta. Seperti di awal cerita, bahwa mawar bukan hanya memiliki keindahan untuk dinikmati, ternyata memasak dan mengkonsumsi mawar secara tidak disadari mampu membuat Anda terlihat lebih bugar dengan perasaan yang lebih baik.
Suka dengan info fakta-fakta kuliner yang menarik? Download Qraved App aja!