Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Kitchen 101: 10 Jenis dan Kegunaan Pisau untuk Pemula

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Siapa saja di antara kamu yang tahu ada berapa jenis pisau dapur dan apa saja sih kegunaannya?
Enggak sedikit dari kita yang bingung, sebenarnya perbedaan dari setiap bentuk ini apakah berdampak pada bentuk potongan atau waktu dari proses pembuatan masakan tersebut.
Food 101 : Mengenali 10 Jenis Pisau  - amazon
Photo Source: amazon
Sekarang, move on ke jenis-jenis dan tipe dari pisau-pisau ini. Yuk, mulai!

1. Chef's Knife

Food 101 : Mengenali 10 Jenis Pisau  - Good House Keeping
Photo Source: Good House Keeping
Si Pisau serba guna ini diberi nama Chef's Knife karena kamu dapat menggunakan pisau ini untuk memotong apapun. Pisau ini juga merupakan pisau yang paling sering dibeli dan paling mudah ditemukan saat lagi jalan-jalan di pusat perbelanjaan.
Food 101 : Mengenali 10 Jenis Pisau  - thegadgetflow
Photo Source: thegadgetflow
Bentuknya yang sedang pas buat para pemula. Selain itu, kekokohan pisau ini biasanya juga digunakan untuk memotong daging yang ada tulangnya.

2. Slicing Knife

Bentuk slicing knife memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan chef's knife. Pisau pemotong ini memiliki ukuran yang lebih panjang dan runcing. Jenis pisau dapur seperti ini biasanya digunakan untuk mengiris daging atau ikan yang bentuknya sangat tipis, karena pisau ini memiliki mata pisau yang lebih tajam.
Food 101 : Mengenali 10 Jenis Pisau  - sabatier-shop
Photo Source: sabatier-shop
Menurut Chef Gordon Ramsay, kunci dari menguliti ikan dan daging adalah dengan menggunakan pisau yang tajam dan fleksibel. Itu sebabnya, pisau ini sangat dianjurkan untuk kamu yang mau mau mengiris tipis daging-dagingan.

3. Cleaver Knife

Nah diantara pisau dapur yang lain, pisau ini memiliki tampilan yang cukup menyeramkan. Seperti sangat tajam dan besar, karena permukaan pisau sangat luas.
Food 101 : Mengenali 10 Jenis Pisau  - touchofmodern
Photo Source: touchofmodern
Pisau ini sangat terkenal di kalangan chef yang berasal dari Tiongkok. Kegunaan dari pisau ini adalah untuk mencincang makanan sayur, dan memotong tulang daging yang besar.
Gagang nya yang kokoh dan bentuk nya yang cukup lebar membuat pisau ini memang sedikit berat, biasanya kamu akan sering spotting this cleaver knife di para pemotong daging.

4. Utility Knife

Pisau ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan chef's knife. Hal ini disebabkan karena memang bentuk kedua pisau ini sangat mirip, walaupun chef's knife memiliki ukuran yang sedikit lebih besar.
Food 101 : Mengenali 10 Jenis Pisau  - almarknives
Photo Source: almarknives
Dalam dunia permasakan, utility knife digunakan oleh para chef handal untuk memotong makanan jenis apapun. Pisau yang sangat mudah di gerakan karena bentuk dan berat nya yang sedang, dipercaya akan membuat kerja para chef jadi lebih mudah. Jenis pisau ini dapat digunakan untuk segala potongan yang mudah sampai yang sulit.

5. Pairing Knife

Food 101 : Mengenali 10 Jenis Pisau  - berghoffworldwide
Photo Source: berghoffworldwide
Pairing knife punya ukuran yang relatif kecil dibandingkan dengan pisau yang lain. Panjangnya hanya berkisar 5 sampai 10 cm, fakta ini akan mudah kamu ingat untuk membedakan pairing knife dengan pisau yang lain.
Kegunaan dari pisau ini adalah untuk mengupas buah. Memotong sayuran dan memisahkan kulit udang juga bisa masuk kedalam list kegunaan pairing knife ini. Uniknya, ukurannya yang kecil ini membuat pisau ini mudah digunakan untuk menghias makanan.

6. Bread Knife

Siapa sih yang enggak terbiasa dengan pisau ini? Pisau ini sering banget ada di samping roti kalau kamu lagi makan dihotel atau restoran-restoran khas Perancis.
Food 101 : Mengenali 10 Jenis Pisau  - leevalley
Photo Source: leevalley
Bread knife memilliki ukuran yang lebih panjang dan bergerigi. Jenis pisau yang memiliki dua jenis pegangan . yang disebut klasik dan offset, jadi kamu tidak perlu khawatir jari mu akan luka atau terpotong saat menggunakan pisau ini.

7. Boning Knife

Food 101 : Mengenali 10 Jenis Pisau  - cutleryandmore
Photo Source: cutleryandmore
Boning knife adalah pisau melengkung yang mengecil di bagian ujung nya. Jika kamu mendapatkan tugas untuk memisahkan daging dari tulangnya, kamu wajib menggunakan pisau ini. Karena pisau ini akan memudahkan pekerjaan mu. Jenis pisau ini sengaja didesain melengkung agar para pengguna mudah dalam mengontrol proses pemotongan jenis daging apapun.

8. Fluting Knife

Food 101 : Mengenali 10 Jenis Pisau  - amazon
Photo Source: amazon
Sama dengan pairing knife, pisau ini memiliki ukuran yang relatif kecil, mungkin sekitar 5 sampai 10 cm juga. Kegunaan utama dari pisau ini adalah untuk membuat hiasan pada piring makanan agar terlihat lebih menarik untuk disajikan.
Jenis pisau ini sangat membantu para chef untuk mengukir makanan karena bentuknya yang kecil, tajam dab berlekuk.
Karena ukurannya yang kecil, penyimpanan dari si pisau juga harus hati-hati. Disarankan untuk memakai rak dinding supaya dapat mengakomodasi bentuk dari pisau-pisau ini.

9. Carving Knife

Food 101 : Mengenali 10 Jenis Pisau  - sabatier-shop.
Photo Source: sabatier-shop.
Tidak jauh berbeda dengan jenis pisau dapur lainnya, carving knife memiliki bentuk yang tipis dan tajam. Jika disandingkan dengan chef's knife, bagian dari pisau ini cenderung lebih tipis. Biasanya pisau ini dapat kamu temukan di atas meja makan, bersebelahan dengan garpu. Karena tugas utama dari carving knife adalah untuk memotong masakan matang seperti daging atau sayur-sayuran.

10. Mincing Knife

Food 101 : Mengenali 10 Jenis Pisau  - williams-sonoma
Photo Source: williams-sonoma
Bentuk pisau ini memang sangat aneh dan mengerikan ya! Namun, despite dari bentuknya yang unik, jenis pisau ini biasanya digunakan para chef untuk menghaluskan bahan makanan dengan cara dipotong-potong.
Mincing knife di desain melengkung serta mudah digunakan. Cara menggunakannya adalah dengan memegang kedua gagang pisau dengan tangan dan menggerakan ke kiri dan kanan sampai bahan makanan halus. Sayangnya, sedikit sulit untuk mencari jenis pisau yang satu ini.