Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFoodKhawatir Bau Mulut Saat Berpuasa? Kamu Perlu 6 Tips Ampuh Ini!

Khawatir Bau Mulut Saat Berpuasa? Kamu Perlu 6 Tips Ampuh Ini!

Karina MarpaungKarina Marpaung
Bau mulut menjadi salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan oleh orang-orang yang menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Masalah tersebut tak jarang membuat kepercayaan diri menurun. Kira-kira, adakah hal-hal yang bisa mencegah bau mulut saat sedang berpuasa? Berikut beberapa tips jitu yang telah Qraved himpun untukmu! Untuk tips seputar puasa lainnya, kamu bisa dapatkan juga lewat aplikasi Qraved.

Banyak minum air putih

Banyak minum air putih - @harryingh
Photo Source: @harryingh
Setelah santap sahur, usahakan minum dua sampai tiga gelas air putih. Di waktu-waktu lain, seperti setelah berbuka puasa dan sesaat sebelum tidur malam, kamu pun dapat mengonsumsi air putih dengan intensitas yang sama. Di samping untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh, air putih juga dipercaya dapat menjaga kesegaran mulut sehingga bau tak sedap enggan datang mendekat.

Sikat gigi

Sikat gigi  - @sherinaa
Photo Source: @sherinaa
Kamu tak perlu meningkatkan intensitas menyikat gigi secara drastis untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Cukup sikat gigimu dua hingga tiga kali sehari, yakni setelah berbuka puasa, sebelum tidur malam, dan setelah santap sahur. Selain menyikat gigi, sebaiknya pembersihan mulut disertai pula dengan menyikat lidah dan memakai benang gigi atau dental floss untuk menghilangkan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.

Kumur dengan cairan antiseptik

Kumur dengan cairan antiseptik - @leslatnerdds
Photo Source: @leslatnerdds
Berkumur dengan menggunakan cairan antiseptik yang beredar umum di pasaran dapat menjadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan bau mulut tak sedap saat berpuasa. Jika takut cairan antiseptik tertelan, kamu dapat berkumur di luar waktu berpuasa.

Konsumsi sayur dan buah

Konsumsi sayur dan buah - @hydrovegan
Photo Source: @hydrovegan
Kandungan basa pada sayur dan buah dipercaya dapat menetralkan asam di dalam mulut. Tak hanya itu, kandungan serat pada sayur dan buah juga bisa membantu membersihkan plak penyebab bau mulut. Kamu dapat mengonsumsi wortel, seledri, apel atau selada agar napasmu tetap terasa segar sekalipun sedang menunaikan ibadah puasa. 

Katakan “tidak” pada makanan berbau menyengat

Katakan “tidak” pada makanan berbau menyengat - @hiongzz
Photo Source: @hiongzz
Bukan lagi menjadi rahasia bahwa makanan berbau menyengat dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Jengkol, durian, bawang bombay, dan makanan berbau menyengat lainnya jelas harus kamu hindari apabila kamu tak mau aroma kurang sedap keluar dari mulutmu. 

Hindari rokok

Hindari rokok - @sjuan123
Photo Source: @sjuan123
Apabila ingin menghindari bau mulut tak sedap saat bulan Ramadhan, sebisa mungkin hindari aktivitas merokok sebab kandungan tembakau yang ada di dalam rokok dapat membuat napas kurang segar. Aktivitas merokok pun turut andil dalam menciptakan masalah pada gusi yang dapat menjadi penyebab bau mulut.
Qraved | Life is Tasty