Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kenali Waktu Terbaik Minum Kopi

Happy FerdianHappy Ferdian
 7 Speed Coffee Happy Ferdian 6366201
7 Speed Coffee
Di kehidupan modern, menyeruput secangkir kopi kerap diidentik sebagai bagian dari aktivitas di pagi hari. Namun, banyak juga yang menikmati minuman kafein ini di malam hari, di kala santai, atau di sela-sela aktivitas harian. Apapun itu, menikmati kopi telah menjadi bagian yang hampir sulit dipisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini, terutama oleh kalangan urban.
2
Photo Source:  hellosehat
Namun, kapan sebenarnya waktu terbaik untuk menikmati kopi?
Menurut Mulyani Anny Suryani Gultom SsPD, dokter spesialis penyakit dalam dari Siloam Hospital, sebagaimana dkutip dari Kompas.com pada Minggu (10/6/2018), kandungan kafein di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan metabolism tubuh.
Hal ini menandakan bahwa menyeruput secangkir kopi di pagi hari adalah salah satu opsi terbaik, di mana juga bisa mencegah seseorang terserang kantuk di tengah kegiatan sehari-hari.
Namun, bagi penderita maag, sangat dianjurkan untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum minum kopi, yakni sebagai contoh bisa dengan mengudap camilan ringan, seperti kue kering misalnya.
3
Photo Source:  Tanamera Coffee
Selain itu, kopi juga baik dikonsumsi di sore hari, selepas beraktivitas seharian penuh. Namun, tetap diperhatikan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya, yakni antara serupa atau maksimal setengah lebih banyak dari takaran di pagi hari.
Sedangkan untuk malam hari, sebaiknya tidak menyeruput kopi di atas pukul 19.00, kecuali jika keesokan harinya bukan hari kerja. Hal ini dikarenakan efek terjaga --yang dipicu kafein-- akan terjadi sekitar dua atau tiga jam setelahnya, dan terus berlangsung tanpa tahu kapan selesainya. Ditambahkan oleh dr Mulyani, patut diperhatikan bahwa konsumsi kopi normalnya adalah tidak lebih dari 400 minigram. Jika lebih dari itu, maka berisiko sebabkan datuk berpacu kencang, yang jika bereaksi dengan kondisi kesehatan tertentu, akan memicu serangan jantung yang mematikan.