Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kelezatan Cita Rasa 5 Kuliner Natal Khas Indonesia

Happy FerdianHappy Ferdian
Kelezatan Cita Rasa 5 Kuliner Natal Khas Indonesia1
desa-leuwohung
Sebagaimana perayaan besar lainnya, momen Natal juga memiliki beberapa makanan khas, tidak terkecuali di Indonesia. Mengingat begitu luasnya wilayah Indonesia serta keragaman budaya yang ada di dalamnya, dapat dipastikan terdapat perbedaan hidangan khas Natal antara satu daerah dengan daerah lainnya. Berikut adalah 5 makanan khas Natal dari berbagai daerah Indonesia yang perlu kamu ketahui.
Jangan lupa download aplikasi Qraved untuk menemukan beragam informasi kuliner menarik lainnya. Selamat Hari Raya Natal!

1. Babi Putar - Manado

2
Photo Source:  Cooking Without Borders
Sekilas babi putar serupa dengan hidangan babi guling yang popular di pulau Bali. Namun, terdapat dua pembeda utama pada babi putar, yakni penggunaan bumbu pedas di dalam rongga babi yang telah dibersihkan dari jeroannya, serta adanya sambal dabu-dabu dan sayur campur sebagai makanan pendamping. Daging babi yang digunakan harus berasal dari daging babi muda yang berusia tidak lebih dari 4 bulan.

2. Jawada/Kue Rambut – Flores, Nusa Tenggara Timur

3
Photo Source:  Travelingyuk.com
Peran Jawada tak ubahnya seperti Kue Nastar, selalu tersedia sebagai kudapan manis di perayaan Natal bagi masyarakat pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Kue berbentuk segitiga dengan tekstur menyerupai bihun kering ini terbuat dari campuran tepung beras, gula aren, santan, air nira, garam, dan minyak kelapa. Bentuk unik kue ini melambangkan doa agar selalu diberikan kelancaran rezeki di tengah berbagai cobaan hidup.

3. Kue Lapet – Sumatera Utara

4
Photo Source:  Cookpad
Kudapan manis berbentuk limas yang dibungkus daun pisang ini merupakan sajian yang kerap dihadirkan oleh masyarakat Tapanuli, Sumatera Utara, di berbagai perayaan besar, termasuk Natal. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan gula merah yang kemudian diolah dengan cara dikukus.

4. Ikan Kuah Kuning – Ambon

5
Photo Source:  Lifestyle Okezone
Ikan kuah kuning adalah makanan yang wajib dihidangkan di berbagai perayaan besar, termasuk Natal. Biasanya sajian ini menggunakan bahan baku ikan kakap yang dimasak dalam kuah kuning bercita rasa asam gurih berkat penggunaan belimbing wuluh dan cukup banyak rempah. Menyantap ikan kuah kuning harus dibarengi dengan papeda, yakni adonan sagu yang bertestur liat. Sebuah kombinasi unik!

5. Ayam Budu-Budu – Sulawesi Selatan

6
Photo Source:  Resep Masakan Indonesia
Hidangan ayam satu ini sangatlah sederhana tampilannya, namun memiliki rasa yang luar biasa enak. Bahan bakunya adalah daging ayam kampung yang direbus bersama garam, merica, daun bawang, jahe, gula, jeruk nipis, dan air asam Jawa, yang kemudian dimasak hingga kuah menyusut. Sama seperti Coto, Ayam Budu-Budu juga biasa disantap bersama dengan buras, atau ketupat khas Sulawesi Selatan.