Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Inilah Perbedaan Antara Cappucino, Latte, Flat White, dan Mocca

Handy NursatyoHandy Nursatyo
Mulai dari sumplemen untuk terjaga saat malam, minuman relaksasi, hingga pengantar perbincangan dapat kopi lakukan. Dari beragam jenisnya, kopi memiliki perbedaan yang jarang awam ketahui. Mungkin untuk kopi jenis Long Black dan Americano terlihat familiar di mata awam, namun apakah perbedaan dari kopi yang terlihat serupa seperti Cappucino, Latte, Flat White, dan Mocca.

Cappucino

Inilah Perbedaan Antara Cappucino, Latte, Flat White, dan Mocca - www.besthealthmag.ca
Photo Source: www.besthealthmag.ca
Berasal dari kata Capuchin, yaitu ponco yang digunakan oleh para biarawan di Italia. Diberikan nama Cappucino karena warnanya yang serupa dengan ponco biarawan Italia, cokelat muda. Cappucino memiliki formula khusus untuk membuatnya sangat khas antara perpaduan Espresso dan susu, yaitu:
- 1/3 Espresso
- 1/3 steamed milk
- 1/3 milk froth

Latte

Inilah Perbedaan Antara Cappucino, Latte, Flat White, dan Mocca - megunprocessed.com
Photo Source: megunprocessed.com
Perbedaannya dengan Cappucino, Latte memiliki rasa susu yang lebih dominan ketimbang kopinya. Proses yang menjadi ciri khas dalam pembuatan Latte adalah steaming susu. Proses tersebut tujuannya untuk menghangatkan susu sesuai dengan suhu yang diinginkan dan untuk menghasilkan micro foam. Tekstur micro foam yang sempurna biasanya akan dibuat Latte Art oleh para barista.

Flat White

Inilah Perbedaan Antara Cappucino, Latte, Flat White, dan Mocca - www.sheknows.com
Photo Source: www.sheknows.com
Mungkin sedikit sukar membedakan antara Flat White dengan Latte. Banyak yang mengira bahwa Flat White merupakan versi mini dari Latte, namun bukan seperti itu kenyataannya. Perbedaan mendasar antara Flat White, Latte, dan Cappuccino terletak di proses barista mempersiapkan dan menuang susunya. Flat White terdiri dari espresso dan velvet microfoam, sehingga rasa kuat dari espresso sangat dominan ketika diminum. Namun rasa creamy dan lembut tetap hadir karena adanya microfoam susu.

Mocca

Inilah Perbedaan Antara Cappucino, Latte, Flat White, dan Mocca - blog.ruangguru.com
Photo Source: blog.ruangguru.com
Bila yang lain merupakan kombinasi antara kopi dan susu, Mocca merupakan hidangan minuman yang diracik dengan cokelat. Perpaduan antara Espresso dan cokelat menghasilkan rasa manis yang kuat. Mocca sangat cocok bila disajikan dengan whipped cream dan taburan chocolate granule di atasnya.