Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ini 5 Ancaman Terlalu Sering Minum Pakai Es Batu

Ganesha WandaGanesha Wanda
makan es batu1
hdlatestwallpaper
Sehabis menyantap makanan berkuah panas atau yang pedas, meneguk minuman dingin dengan es batu memang seperti membawa kenikmatan tersendiri. Tapi, tahukah kamu ternyata kebiasaan mengonsumsi minuman yang dicampur es batu itu tidak baik lho. Terlebih lagi kalau kehiegisan es batu itu sendiri masih diragukan. Simak nih 5 bahaya terlalu sering mengonsumsi es batu.
Temukan tips kuliner sehat lainnya di aplikasi Qraved. Buruan download sekarang!

Mengganggu metabolisme

makan es batu2
Photo Source:  menshealth
Sering mengonsumsi es batu dapat berbahaya karena es batu dapat menghambat pembakaran lemak pada tubuh dan mengganggu sistem metabolisme. Hal tersebut juga mengakibatkan terganggunya aliran darah.

Merusak gigi

makan es batu3
Photo Source:  destinydentalimplant
Sebagian orang suka banget nih mengonsumsi es batu dengan cara dikunyah. Nah, kebiasaan itu nggak baik lho. Mengunyah es batu berpotensi merusak email gigi yang akan menyebabkan gigi menjadi rusak. Kerusakan tersebut diakibatkan usaha gigi untuk memecahkan susbtansi yang keras sehingga gigi yang digunakan untuk mengunyah cenderung akan lebih cepat rusak.

Mengandung bakteri berbahaya

makan es batu4
Photo Source:  shutterstock
Kamu suka mengonsumsi minuman dengan es batu ketika makan di pinggir jalan? Pakar kesehatan dr. Pritish Tosh dari Mayo Clinic menyebutkan agar lebih hati-hati memesan minuman dingin saat di tempat makan dikhawatirkan es batu ini tidak dibuat atau didistribusikan dengan higienis. Es batu yang terbuat dari air mentah cenderung mengandung bakteri berbahaya. Air mentah mengandung bakteri berbahaya seperti bakteri Ecoli yang dapat menyebabkan diare.

Membuat perut buncit

makan es batu5
Photo Source:  cnn
Mengonsumsi minuman dingin setelah makan memang nikmat sih. Tapi tahu nggak sih, mengonsumsi es setelah makan dapat membuat usus perut kita menjadi menyempit. Menyempitnya usus tersebut menghambat kinerjanya dalam mencerna makanan yang masuk dan mengakibatkan perut menjadi buncit.

Membuat kepala pusing

makan es batu6
Photo Source:  myheadacheremedies
Satu lagi kebiasaan enak yang susah untuk dihindarkan yaitu mengonsumsi es ketika cuaca sangat panas atau sehabis berolahraga. Ketika kita mengonsumsi es, tubuh akan mengalami perubahan suhu yang signifikan karena antara suhu tubuh dan suhu es tidak sinkron. Kemudian terjadilah pengejangan otot dan jantung. Akibatnya proses pemompaan darah terganggu sehingga kepala menjadi sering pusing.