Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ikan Tuna VS Ikan Salmon: Mana yang Lebih Menyehatkan?

Kidosm Kidosm
manfaat ikan tuna - Photo 1
yummy.ph
Ikan memiliki kandungan protein yang tinggi selain telur dan susu, oleh karenanya ikan dianggap sebagai sumber protein yang menyehatkan dan baik untuk tubuh. Nyatanya, ikan kini jadi salah satu menu yang dijadikan bahan utama makanan seperti makanan Jepang, salad, maupun poke bowl khususnya tuna dan salmon. Kedua makanan ini memang begitu populer dan bisa ditemukan di banyak restoran dan tempat makan lainnya di Jakarta.
Tapi, tahukah kamu di antara 2 jenis ikan tersebut, mana yang lebih menyehatkan? Menurut seorang juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics, Karen Ansel, R.D., mengatakan baik tuna maupun salmon, sama-sama merupakan jenis ikan terbaik untuk dimasukkan ke dalam menu makanan. Meskipun protein yang terkandung di dalamnya sama-sama tinggi, namun ada beberapa perbedaan dari segi kandungan kalori dalam kedua ikan tersebut.

Ikan salmon menyumbang lebih banyak energi

2
Photo Source:  store.catalinaop.com
Para pakar dan peneliti telah mencari tahu kandungan yang terdapat di dalam ikan tuna dan ikan salmon, dan hasil yang didapat menunjukkan bahwa ikan salmon menyumbang lebih banyak energi berkat kandungan vitamin B6 dan B12 di setiap 200 gram ikan salmon. Sedangkan ikan tuna memberikan energi yang berasal dari kalori per gram berat ikan tersebut. Selain itu, ikan salmon memiliki kandungan kalori yang lebih banyak, yatu 1.4 kalori.

Ikan tuna memiliki protein yang lebih banyak untuk pertumbuhan otot manusia

3
Photo Source:  misskyra.com
Di sisi lain, kandungan protein pada ikan tuna lebih banyak dibandingkan ikan salmon. Hal ini berdasarkan penelitian yang menyebutkan bahwa 100 gram ikan tuna akan menyumbang protein seberat 23,4 gram untuk otot manusia, lebih baik bila dibandingkan dengan kandungan protein pada ikan salmon yang hanya seberat 19,8 gram.

Keduanya sama-sama baik untuk keseimbangan dan kesehatan tubuh manusia

4
Photo Source:  doyanmakan_jkt
Meskipun ada beberapa perbandingan yang menunjukan bahwa kandungan di kedua jenis ikan berbeda-beda, namun kedua jenis ikan tersebut terbukti aman dikonsumsi dan baik untuk kesehatan tubuh. Ini berkat kandungan omega-3 dan kolesterol baik untuk menunjang kesehatan manusia. Apalagi jika disajikan bersama dengan aneka sayur dan buah di dalam satu poke bowl.
Buat kamu yang ingin merasakan sendiri manfaat sehat dari ikan tuna dan ikan salmon, kamu bisa mencoba Skinny Me dari Pokinometry yang berisi daging ikan tuna, ikan salmon, dan sayurannya dalam satu porsi yang pas. Kamu juga bisa memilih dressing sauce sesuai selera, sehingga makan sehat di Pokinometry jadi lebih enak dan menyenangkan.