Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Ice Cream 101: Jenis Es Krim dari Seluruh Dunia yang Wajib Kamu Tahu

Sharima UmayaSharima Umaya
Banyak orang yang apabila sedang menyantap gelato, menyebutkan bahwa mereka sedang makan es krim. Begitupula kalau lagi makan Fro-Yo.
Selain Gelato dan Fro-Yo, banyak juga jenis es krim lain yang patut kamu ketahui dari berbagai negara dengan ciri khasnya masing-masing.

Gelato

Pasti dari beberapa jenis es krim yang akan dibahas, kamu paling familiar sama jenis yang satu ini. Gerai gelato memang sangat mudah ditemui, terutama di mal-mal besar.
Ice Cream 101: Berbagai Jenis Es Krim dari Seluruh Dunia yang Wajib Kamu Ketahui - mtlblog.com
Photo Source: mtlblog.com
Gelato berasal dari Italia dan merupakan dessert favorit negeri yang terletak di Eropa Selatan ini mengingat cuaca di negara ini terlebih saat musim panas sangat terik!
Berbeda dengan es krim biasa, gelato yang ternyata kata dari bahasa Italia yang memiliki arti 'frozen' ini memiliki ingredients, serving style dan creaminess yang berbeda.
Gelato mengandung susu dan gula, dengan komposisi susu yang lebih banyak dari es krim biasa. Its higher serving temperature results in a smoother texture and more importantly, less numbing in mouth.

Frozen Yoghurt

Frozen Yoghurt atau lebih dikenal dengan istilah 'Fro-Yo' berasal dari Amerika Serikat. Sebelum dikenal dengan istilah Fro-Yo seperti sekarang, di tahun 1970-an, Fro-Yo dikenal dengan istilah Froghurt, baru di tahun 1980-an istilah Fro-Yo menjadi populer hingga sekarang.
Ice Cream 101: Berbagai Jenis Es Krim dari Seluruh Dunia yang Wajib Kamu Ketahui - fanpop.com
Photo Source: fanpop.com
Rasanya tangy dan sangat refreshing, jenis es krim ini sangat identik buat orang yang menjalani diet karena Fro-Yo merupakan pilihan es krim yang memiliki kadar lemak yang lebih rendah ketimbang es krim pada umumnya.
Fro-Yo dapat dinikmati juga dengan atau tanpa topping. Topping Fro-Yo yang paling populer adalah berbagai jenis buah-buahan, sirup dan kacang-kacangan.
Kendati sangat lekat dengan image sehat, jangan kebanyakan topping ya terutama yang manis-manis, nanti jadi gak sehat deh!

Dondurma

Dondurma berasal dari negeri Turki. Berbeda dengan Gelato dan Fro-Yo, Dondurma memiliki tekstur yang thick dan chewy sehingga dimakan dengan menggunakan garpu dan pisau.
Ice Cream 101: Berbagai Jenis Es Krim dari Seluruh Dunia yang Wajib Kamu Ketahui - alamy.com
Photo Source: alamy.com
Ingredients dari Dondurma juga susu, tapi bukan susu sapi melainkan susu kambing, tepatnya sweetened goat milk, flavored with the aromatic resin, mastic. Selain itu, Dondurma juga mengandung tepung salep, tepung yang berasal dari wild orchids.
In Turkey, it's very common to see sellers in traditional clothing, perform tricks to show how stretchy this Turkish ice cream is. Seru ya?

Mochi Ice Cream

Sticky and chewy! Mungkin itu kesan pertama kamu pas makan Mochi Ice Cream, es krim yang berasal dari negeri sakura ini.
Berbeda sama jenis es krim lainnya yang biasanya ada pegangannya berupa cone, es krim ini bisa langsung di pegang karena adonan mochi menyelimuti es krim yang ada di dalam.
Ice Cream 101: Berbagai Jenis Es Krim dari Seluruh Dunia yang Wajib Kamu Ketahui - Kirbie's Craving
Photo Source: Kirbie's Craving
Walaupun mochi sudah menjadi bagian dari sejarah Jepang sedari dahulu, Mochi Ice Cream baru diperkenalkan di Jepang tahun 1980-an. Mochi Ice Cream menjadi populer tahun 1993-an ketika mulai diproduksi di Amerika Serikat.

Kulfi

Kulfi adalah jenis es krim yang populer di India dan negara-negara disekitarnya.
Tekstur dari Kulfi cenderung padat apabila dibandingkan dengan jenis-jenis es krim lainnya. Kulfi dibuat dari susu yang telah di dipanaskan berjam-jam. Rasa yang paling umum adalah saffron, cardamom dan pistachios.
Ice Cream 101: Berbagai Jenis Es Krim dari Seluruh Dunia yang Wajib Kamu Ketahui - staticflickr.com
Photo Source: staticflickr.com
Dahulu, Kulfi cuma bisa dinikmati oleh para Indian royalties loh! Bahkan untuk membuat Kulfi, es nya harus es yang berasal dari pegunungan Himalaya!