Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Hindari 6 Makanan Ini Saat Kamu Sedang Stres Berat

Ganesha WandaGanesha Wanda
Hindari 6 Makanan Ini Saat Kamu Sedang Stres Berat 1
myeatandtravelstory
Kalau lagi stres pasti mood bawaannya pengen makan terus. Tapi yang perlu diingat, jangan sampai salah pilih makanan. Perlu diingat, 6 makanan ini sebaiknya kamu hindari di kala kamu sedang stres. Kamu bisa menemukan tips-tips menu makanan sehat lainnya di Qraved app. Download langsung di ponsel kamu!

Alkohol

2
Photo Source:  starberita
Banyak orang menjadikan alkohol sebagai "pelarian" di kala stres. Memang alkohol dapat memberikan efek perasaan santai. Namun, alkohol merupakan racun untuk organ hati karena tubuh tidak mampu memecah senyawa yang terkandung di dalamnya. Ketika terlalu banyak mengonsumsi alkohol, organ tubuh akan merasa stres dan memproduksi hormon cortisol yang mirip dengan stres.

Kopi

3
Photo Source:  natinalgeographic
Banyak orang beranggapan bahwa kopi bisa membuat pikiran lebih tenang ketika stres. Memang benar kandungan kafein pada kopi dapat merangsang aktivitas dopamine pada otak yang dapat memberikan semangat pada mood. Namun, itu hanya berlaku sementara. Karena, sejumlah penelitian justru mengatakan bahwa terlalu banyak mengonsumsi kafein pada saat stres akan menambahkan kecemasan dan membuat tubuh merasa lelah. 

Makanan Manis

4
Photo Source:  walesoncraic
Makanan yang manis, seperti cokelat, permen, ice cream memang selalu dianggap paling manjur untuk melepaskan rasa stres. Makanan manis memang mengandung zat-zat yang menenangkan. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis pada saat stres juga tidak baik kandungan gula halus insulin pada makanan manis membuat pikiran menjadi lebih buruk dan kesehatan menurun. Selain itu, glukosa pada gula juga dapat memicu beragam penyakit seperti kolesterol, diabetes, ataupun obesitas. Jadi, usahakan untuk tidak berlebihan mengonsumsinya ya. 

Makanan Pedas

5
Photo Source:  atlantarestaurants
Terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas pada saat stres juga tidak baik karena saat tubuh mulai stress, sistem pencernaan tidak berjalan normal dan berpengaruh pada mental. Stres memperlambat metabolisme yang kemudian memperlambat proses pencernaan dalam usus. Bahkan dapat menimbulkan refluks asam. Dengan mengonsumsi makanan pedas akan membuat situasi semakin buruk. 

Gorengan

6
Photo Source:  myeatandtravelstory
7
Photo Source:  my1053wjlt
Salah satu hasil penelitian Wake Forest University School of Medicine menyebutkan bahwa makanan gorengan yang sangat asin dapat membuat suasana hati turun dan menyebabkan kenaikan berat badan. Salah satunya, yaitu kentang goreng. Makanan gorengan juga memicu perkembangan lemak dalam tubuh. 

Soda

8
Photo Source:  health harvard
Soda mengandung kalori dan karbondioksida yang dapat meningkatkan stres secara bertahap. Kafein yang terkandung dalam soda juga dapat mengganggu pola tidurmu. Selain itu, karbonasi pada soda juga akan mengakibatkan pengeroposan tulang, serta menguras vitamin, dan mineral dalam tubuh.