Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Prancis

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Perancis memang terkenal banget dengan makanan-makananya. Tidak bisa di pungkiri juga, kalau banyak chef handal terlahir dari negri yang identik dengan cinta itu.
Nah berikut ini ada kata-kata dalam bahasa Perancis yang biasa di gunakan saat memasak. Apa aja ya?

1. Canapés

Terms ini biasanya akan sering kamu dengar di acara-acara bertema Cocktail Party. Pada dasar nya Canapés ini memiliki arti yang sama dengan hors-d'œvre, yang artinya lebih ringan dari makanan pembuka atau smaller than appertizer.
Mungkin akan lebih cocok untuk disebut one-bitter. Makanan kecil yang muat dalam satu kali gigit.
French Encyclopedia : 10 Kata dalam Kamus Memasak -
Photo Source: 
In classic French prepartion, Canapés terdiri dari potongan-potongan roti yang sedikit di panggang dan diberikan garnish di salah satu sisinya. Nah, memang para chef menjadikan garnish itu menjadi pusat rasa dari roti yang tadi siapkan.

2. Fondue

Fondue memang sering sekali muncul di restoran-restoran Perancis. Terkadang, saat mendengar kata Fondue, kita akan langsung teringat dengan fountain of chocolate or cheese.
French Encyclopedia : 10 Kata dalam Kamus Memasak - thespruce
Photo Source: thespruce
Pada kenyataannya, Fondue itu reffering to cheese. Fondue artinya menyiapkan keju yang juga berarti a pulpy state to which vegetables like tomatoes are reduced by cooking.

3. Mirepoix

French Encyclopedia : 10 Kata dalam Kamus Memasak - cbc.ca
Photo Source: cbc.ca
Kalau istilah Mirepoix ini biasa nya hanya kamu dengar kalau kamu di dapur. Karena, Mirepoix memiliki arti memotong. To be precise, Mirepoix itu kondisi dimana bawang bombay, seledri atau wortel di potong-potong.
French Encyclopedia : 10 Kata dalam Kamus Memasak - epicurus
Photo Source: epicurus
Sayur-sayur yang dipotong itu biasanya di jadikan flavoring agent di dalam sup, stews atau daging-daging. Tidak jarang juga para chef menambahkan bacon atau salt pork ke Mirepoix, walau terkadang itu not necessarily needed.

4. Mise-en-Place

Terms ini biasanya menjadi sebuah terms general ke dalam elementary preparation, which are constantly resorted to during the various stages of most culinary operations.
French Encyclopedia : 10 Kata dalam Kamus Memasak -  Jen Maltby
Photo Source:  Jen Maltby
Jadi, pada dasarnya, arti dari Mise-en-Place ini adalah untuk menyiapkan semua bahan-bahan untuk masak, agar proses memasak jadi lebih mudah. Tentunya persiapan ini juga harus inline dengan resep dari si koki utama.

5. Poach

French Encyclopedia : 10 Kata dalam Kamus Memasak -
Photo Source: 
Kata Poach ini identik banget sama telur atau whisking ya. Sebenarnya, to poach a food item adalah memasak dengan perlahan dan ditambahkan sedikit air saat hidangan masih at its lowest temperature.
Banyak loh yang biasa di Poached, salah satu nya adalah telur dan jenis-jenis poultry.

6. Soufflè

French Encyclopedia : 10 Kata dalam Kamus Memasak - thespruce.com
Photo Source: thespruce.com
Soufflè biasa digunakan untuk hot or cold preparations ikan, daging atau ayam. Dan juga untuk biasanya kata Soufflè di gunakan saat sedang menyiapkan hidangan manis, seperti telur yang ditambahkan pada makanan yang disajikan panas, atau saat menambahkan whipped cream untuk hidangan yang dingin, seperti es krim.

7. Purèe

Saat mendengar Purèe, pasti ga sedikit di antara kamu yang langsung ingat dengan kentang. Purèe sebenar nya reffers to any kind of food that is strained through a sieve, jadi bisa menghasilakan sebuah produk makanan dengan mass quantity.
French Encyclopedia : 10 Kata dalam Kamus Memasak - epicurious
Photo Source: epicurious
Tingkat ke konsistensi an dari Purèe biasanya bergantung dengan bahan makanan yang mau di jadikan Purèe, seperti wortel atau kentang. Hampir semua makanan bisa dijadikan Purèe, tidak hanya sup atau saus.
French Encyclopedia : 10 Kata dalam Kamus Memasak - taste.com
Photo Source: taste.com

8. Petit Four

Petit Four adalah kata dalam bahasa Perancis yang digunakan untuk small confectionery atau savory appetizers. Dalam hal ini, bisa seperti kue kecil, cupcakes, quiches atau hidangan-hidangan mini lainnya. It is literaally translated to "small oven".
French Encyclopedia : 10 Kata dalam Kamus Memasak - EDDY VAN DAMME
Photo Source: EDDY VAN DAMME
Ada banyak sekali resep untuk Petit Four ini, dan setiap resep nya itu unik!
French Encyclopedia : 10 Kata dalam Kamus Memasak - Martin Wishart
Photo Source: Martin Wishart

9. Bisque

Bisque is basically a shellfish cooked in Mirepoix. Tetapi, seiring dengan berjalan nya waktu, kata Bisque ini menjadi sedikit 'rancu' over the years.
French Encyclopedia : 10 Kata dalam Kamus Memasak - taste.com
Photo Source: taste.com
Nah, saat ini Bisque menjadi sebuah kata yang digunakan untuk semua jenis creamy soup, such as tomato bisque. However, untuk meletakan kata ini ke bentuk original nya, the food must contain shellfish.

10. Pâte a Choux

French Encyclopedia : 10 Kata dalam Kamus Memasak - sasademarle
Photo Source: sasademarle
Kata Choux biasanya identik dengan coklat eclairs atau cream puff. Itu sebabnya, kamu akan sering spot kata Choux ini di Beard Papa, atau toko-toko semacamnya.
French Encyclopedia : 10 Kata dalam Kamus Memasak - meilleurduchef.com
Photo Source: meilleurduchef.com
Pâte a Choux ini sebenar nya adalah adonan yang biasa digunakan untuk membuat segala jenis pastries. Jadi, basically, Pâte a Choux artinya adonan.
Adonan ini biasanya berisikan air, butter, garam, gula, terigu dan telur.