Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Jepang

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Masakan Jepang adalah salah satu course paling sering dan digemari di Indonesia. Hidangan-hidangan yang identik dengan ikan serta makanan segar, membuat masakan Jepang tetap masuk dalam list pertama makanan bernutrisi dengan cita rasa yang lezat.
Jika kamu penggemar masakan-masakan Jepang, ada baiknya jika kamu mulai mempelajari istilah istilah pada kamus masakan berbahasa Jepang. Selain agar lebih paham dengan kreasi para chef, mempelajari bahasa baru memang selalu menarik! Jangan lupa download Qraved App untuk rekomendasi makan enak dan info-info kuliner lainnya!

1. Don

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Jepang - yapon.az/
Photo Source: yapon.az/
Don merupakan kata yang akan sering kamu temukan di buku menu restoran Jepang. Biasanya Don adalah makanan yang disajikan dalam mangkuk. Pada dasarnya, setiap makanan Jepang yang mengandung kata "don" itu memang sudah pasti disajikan di mangkuk. Di Jepang, makan dengan mangkuk dipercaya dapat menangkap semua cita rasa olahan chef pada menu makanan tersebut. Selain itu tekstur dan rasa pada makanan pun akan lebih menonjol.

2. Yaki

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Jepang - snoopid
Photo Source: snoopid
Yakisoba, yakitori, teriyaki, atau takoyaki merupakan makanan-makanan yang diolah dengan cara dibakar. Yaki merupakan kata yang menjelaskan bahwa hidangan mu telah dimasak diatas penggorengan atau wajan datar atau pun dengan cara dibakar. Memasak dengan cara seperti ini dipercaya dapat mengeluarkan aroma sedap yang menggugah selera. Karena kandungan gula dalam makananmu mengalami proses karamelisasi secara alami.

3. Shiru

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Jepang - japantrendranking
Photo Source: japantrendranking
Shiru atau jiru biasanya identik dengan menu makanan Jepang yang berkuah. Seperti Miso Shiru yang artinya sup miso atau buta jiru yang merupakan sup daging babi. Orang Jepang biasanya menyajikan sup dalam setiap penyajian makanannya. Hal ini dikarenakan musim dingin di Jepang, itu sebabnya sup pada sajian makannya berperan penting untuk menghangatkan badan.

4. Katsu

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Jepang - sortedfood
Photo Source: sortedfood
Kata Katsu ini paling sering ditemukan di restoran Jepang yang menyajikan makanan cepat saji. Katsu merupakan makanan yang dibuat dari olahan daging yang dilumuri tepung panir lalu digoreng hingga matang. Ada banyak sekali jenis Katsu yang tersebar di restoran-restoran Jepang di Jakarta, misalnya chicken katsu, tonkatsu atau gyu katsu. Cita rasa renyah dari katsu biasanya membuah selera makan jadi meningkat.

5. Mushi

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Jepang - thesmartlocal
Photo Source: thesmartlocal
Dalam kamus bahasa Jepang, Mushi memiliki arti makanan yang dikukus. Setiap makanan Jepang yang memiliki kata Mushi di dalamnya, biasanya diolah dengan cara dikukus. Misalnya chawan mushi, makanan khas Jepang yang terbuat dari telur yang dikukus dalam wadah kermik. Metode pemasakan ini digunakan agar makanan tetap lembut dan nutrisi didalamnya juga tetap terjaga.

6. Age

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Jepang - Caroline
Photo Source: Caroline
Age yang dalam bahasa Inggris memiliki arti umur ini, ternyata berbeda dengan di Jepang. Makanan yang memiliki unsur kata Age biasanya dimasak dengan cara digoreng dalam rendaman minyak panas, istilah ini biasanya lebih dikenal sebagai deep fried. Makanan yangdigoreng bisa berupa ayam, daging babi hingga sayuran. Biasanya sebelum digoreng, makanan-makanan ini direndam terlebih dahulu dalam adonan tepung agar jadi lebih garing.

7. Maki

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Jepang - Suzette
Photo Source: Suzette
Maki adalah istilah Jepang yang sangat identik dengan penyajian sushi. Maki memiliki arti yaitu menggulung, jadi makanan yang mengandung kata maki adalah makanan yang menggunakan proses "gulung". Maki sushi dibuat dengan cara meletakkan nori diatas tirai bambu yang disebut sebagai makisu, baru setelah itu diletakan nasi hangat dan kenyal ala Jepang, dan diisi dengan berbagai macam isian sushi lainnya. Setelah itu, makanan akan digulung dan dipotong-potong.

8. Yuderu

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Jepang - tribunnews
Photo Source: tribunnews
Dalam bahasa Jepang, Yuderu artinya merebus. Jadi kata ini menunjukan kegiatan memasak dengan merebus dengan air biasa sebagai media utamanya. Misalnya merebus telur, sayur atau pasta. Jadi, jika kamu menemukan menu makanan Jepang yang menggunakan kata Yuderu, itu tandanya makanan itu direbus.

9. Niru

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Jepang - publicism.info
Photo Source: publicism.info
Istilah Niru juga mengartikan direbus. Hanya saja, konteks dari kata Yuderu dan Niru ini berbeda. Niru digunakan untuk kegiatan merebus yang melibatkan kuah berbumbu. Misalnya merebus Kare atau merebus oden.

10. Itameru

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Jepang - katalog wisata
Photo Source: katalog wisata
Itameru adalah kata kerja yang menjelaskan proses menggoreng pada makanan Jepang. Biasanya makanan yang bunyi "kriuk" nya sangat jelas ini, pasti melewati proses Itameru!