Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Italia

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Banyak banget makanan Italia yang pastinya kamu kenal dan kamu ketahui! Apa lagi dengan jejeran restoran Italia yang banyak kamu temui di kawasan Jakarta ini.
Penasaran enggak sih kata apa aja yang sering digunakan para chef saat sedang menyajikan pizza, rissoto, gnocchi atau hidangan khas Italia yang lain?
Berikut adalah kata-kata yang biasa digunakan di menu-menu restoran Itali. Apa aja sih?

1. Arrosto

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Itali - linsfood
Photo Source: linsfood
Kata Arrosto ini akan banyak kamu temukan di makanan-makanan seperti babi atau ayam. Karena Arrosto artinya panggang. Walau begitu, tidak jarang juga kata arrosto ini di gunakan untuk sayur-sayuran, misalnya Patate Arrosto yang artinya Kentang Panggang. Atau juga sering digunakan untuk daging babi yaitu Arrosto di Maiale yang artinya Babi Panggang.
Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Itali - lacucinaitaliana
Photo Source: lacucinaitaliana
Kata Arrosto ini memiliki sinonim yang kurang lebih sama artinya dengan al forno, yang artinya juga panggang.

2. All’agro

All'agro ini biasa digunakan saat salah satu bahan yang digunakan adalah sayur-sayuran seperti green beans atau sayur bayam.
Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Itali - buonissimo
Photo Source: buonissimo
Kata ini menjelaskan bahwa si sayur is blached and then dressed with olive oil. Ada chef yang menambahkan air lemon, atau ada juga yang menambahkan cuka. Biasanya sayur yang di All'agro akan memiliki rasa yang sedikit asin dan tekstur yang layu.

3. Arrosto morto

Arrosto morto adalah a typical pan roasting technique for meats combining method of dry and wet cooking.
Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Itali - cuciniamoinsieme
Photo Source: cuciniamoinsieme
Biasanya, daging akan dibuat kecoklatan dengan oil atau butter, lalu di rendam pada sebuah cairan. Penambahan cairan nya juga tidak langsungbanyak, biasanya hal ini dilakukan agar si daging jadi lebih lembut. Biasanya step ini akan membuat bumbu daging dan rasa gurih dari butter lebih menyerap dengan sempurna.

4. Alla brace

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Itali - galbiroma
Photo Source: galbiroma
Alla brace adalah at the coals, yang artinya grill. Grilling adalah proses memasak bahan makanan dengan menggunakan panas api yang tinggi dan langsung. Misalnya, Vongole Alla Brace, yang artinya grilled clams. Sinonim untuk kata Alla Brace ini adalah Alla Griglia, yang artinya panggang.

5. Al forno

Al forno adalah kata yang pastinya tidak asing lagi buat kamu. This word literally means in the oven. Jadi, untuk makanan-makanan Itali yanga ada kata Al forno nya, pasti melewati step oven saat pengolahannya.
Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Itali - jamieoliver
Photo Source: jamieoliver
Dalam bahasa sehari-hari mungkin kita akan lebih familiar dengan baked, oven-baked atau gartinéed, tergantung dari tipe makanan dan konteks nya.

6. Al dente

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Itali - pinterest
Photo Source: pinterest
Secara arti sebenarnya, Al dente memiliki makna to the tooth. Kata ini sering digunakan untuk menjelaskan kondisi dari pasta. Jika pasta sudah al dente, itu artinya pasta sudah properly cooked, dimana tidak terlalu keras atau tidak telalu lembek. Cara paling mudah mengecek bahwa pasta sudah al dente atau belum adalah dengan cara, saat kamu sudah yakin pasta telah masak, kamu akan mengambil satu helai pasta. Lalu kamu akan mengigit atau memotong pasta tersebut, jika ada titik putih, maka pasta mu sudah al dente!

7. Bianco / in bianco

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Itali - bbcgoodfood
Photo Source: bbcgoodfood
Dalam bahasa Itali, Bianco artinya putih, jadi in bianco sama artinya dengan in white. Maksud dari kata ini adalah untuk menjelaskan bahwa hidangan dibuat tanpa tomat. Misalnya, Pizza Bianca, yang artinya pizza hanya dibuat dari keju dan jamur, bukan tomato paste. Atau Lasagne in Bianco, yang artinya lasagna nya dibuat dari béchamel sauce, yaitu saus dari sayuran.

8. Fare la Scarpetta

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Itali - tg24.info
Photo Source: tg24.info
Nah kalo kata Fare la Scarpetta ini pasti sering kamu dengar saat mau makan roti yang diberi saus. Karena kata ini adalam sebuah idiom yang artinya to make a little shoe yang maksudnya adalah mengoleskan saus ke roti. Ekspresi ini mengarah ke bentuk rotinya, yang mirip dengan sepatu, dan saat mencocol dengan saus, seperti sedang membuat sepatu kecil dengan ke empat jari mu.

9. Mantecare

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Itali - leitv.it
Photo Source: leitv.it
Mantecare artinya mengaduk makanan agar jadi halus, dan memiliki konsistensi kekentalan yang di inginkan. Mantecare ini sering digunakan saat membuat rissoto, dimana si chef sudah menambahkan keju dan mulai mengaduknya. Artinya chef sedang melakukan mantecare, agar keju teraduk sempurna pada hidangan rissoto. Atau juga bisa digunakan saat mengaduk butter atau mentega pada nasi.

10. In padella

Food Encyclopedia: 10 Kata dalam Kamus Memasak Itali - ricettein30minuti
Photo Source: ricettein30minuti
In padella atau secara lengkap biasa disebut ripassati in padella. Kata ini biasanya digunakan untuk menjelaskan sautéing leafy green vegetables seperti bayam atau chicory ke campuran bawang putih dan minyak. Sayur-sayur ini biasanya direbus terlebih dahulu, agar dapat menambah rasa gurih pada makanan yang akan disajikan.