Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Food 101: Khasiat Dibalik Tiap Seduhan Teh Melati dan Teh Hijau

Happy FerdianHappy Ferdian
manfaat teh hijau - Photo 1
coldcountryorganics.com
Bisa dibilang, teh melati dan teh hijau (green tea) merupakan jenis teh yang paling populer di dunia. Turunan produknya begitu banyak, mulai dari racikan konvensional hingga yang diolah sedemikian rupa menjadi minuman atau makanan kekinian.
Jenis teh pertama, teh melati, merupakan minuman yang biasanya diracik dari campuran teh hijau atau hitam dengan pucuk bunga melati yang telah dikeringkan. Hasilnya adalah racikan teh beraroma harum dengan cita rasa cukup legit.
2
Photo Source:  Cup & Leaf
Bunga dari melati biasa (Jasminum officinale) atau sampaguita (Jasminum sambac) ditempatkan di samping daun teh dalam penyimpanan atau dicampur dengan teh yang disimpan, memungkinkan harum aromanya meresap hingga ke sela-selanya.
Di luar cita rasanya yang nikmat, ada cukup banyak manfaat sehat teh melati, sebagai berikut:
1. Pelindung dari Radikal Bebas. Teh melati kaya akan senyawa nabati kuat yang dikenal sebagai polifenol, di mana berperan sebagai antioksidan dalam tubuh, guna melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
3
Photo Source:  Everyday Health
2. Melindungi Kesehatan Jantung. Kandungan polifenol juga diketahui mampu melindungi jantung dari bahaya oksidasi LDL (kolesterol jahat) di dalam tubuh.
3. Meningkatkan fungsi otak. Kafein pada teh melati dapat merangsang sistem saraf, dengan menahan kehadiran neurotransmitter adenosine yang menghambat sinyal antara otak dan tubuh.
Berlanjut ke teh hijau, tentunya kamu sudah kenal banget dengan jenis teh ini. Banyak orang menyebutnya sebagai salah satu minuman paling sehat di dunia, karena proses peracikannya pun tidak begitu kompleks, sehingga menjaga dengan baik beragam khasiat yang dikandungnya.
4
Photo Source:  Harvard Health
Penyematan kata "hijau" pada namanya sendiri merujuk pada hasil seduhan, yakni kuning kehijauan akibat zat warna aktif yang masih cukup banyak dimilikinya. Rasanya cenderung sepat, tapi memliki sensasi lega setelah diseruput.
Beberapa manfaat utama teh hijau adalah sebagai berikut:
1. Sebagai Anti Peradangan. Teh kaya akan polifenol yang memiliki efek mengurangi peradangan dan membantu melawan kanker. Adapun teh hijau mengandung sekitar 30 persen polifenol, termasuk sejumlah besar katekin yang disebut EGCG. Katekin adalah antioksidan alami yang membantu mencegah kerusakan sel.
5
Photo Source:  Japan Time
2. Bantu Menurunkan Berat Badan. Teh hijau telah terbukti meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan laju metabolisme. Dalam satu penelitian, minum teh hijau meningkatkan oksidasi lemak sebesar 17 persen, yang berpotensi meningkatkan pembakaran lemak
3. Melindungi Kesehatan di Hari Tua. Teh hijau tidak hanya dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek, tetapi juga dapat melindungi diri dari gangguan kesehatan mental di masa tua, seperti Alzheimer dan Parkisan.
6
Photo Source:  @plazaindonesia
Nah, jika kamu ingin menikmati kedua teh tersebut dalam beragam racikan kekinian, datang deh ke Tea Station. Jaringan gerai minuman asal Los Angeles ini telah membuka cabang pertamanya di Plaza Indonesia level 5.
Beberapa racikan teh melati dan hijau yang paling recommended di Tea Station adalah Jasmine Green Tea (Rp 19.000) yang menggabungkan rasa dari kedua jenis teh, Honey Green Ta (Rp 27.000) dengan tambahan madu alami, serta Fresh Lemon Green Tea (Rp 29.000) yang menyegarkan.
Jangan lupa juga untuk follow Qraved Official Account (QOA) Tea Station dan dapatkan kupon-kupon gratisan menarik di Tea Station. Klik aja di sini.