Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFoodFantastis, Ini Dia 5 Makanan Termahal di Asia Tenggara!

Fantastis, Ini Dia 5 Makanan Termahal di Asia Tenggara!

Happy FerdianHappy Ferdian
Siapa sangka, kawasan Asia Tenggara ternyata merupakan daerah asal dari beberapa makanan termahal di dunia. Mungkin kamu mengira hanya kopi luwak yang dianggap sebagai makanan mahal dari Asia Tenggara, ternyata empat makanan lainnya di bawah ini juga sama-sama memiliki harga selangit.
Ada harga, ada rupa. Berikut adalah makanan termahal dari Asia Tenggara yang dijamin bakal bikin sapapun terpukau karenanya.
Download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.

Jamur Morel Kahsmir - Myanmar

 - NDTV
Photo Source: NDTV
Jamur morel merupakan jamur yang biasa ditemukan di kawasan Asia Tengah. Namun, siapa sangka iklim kawasan utara Myanmar yang dingin – karena berbatasan langsung dengan jalur pegunungan Himalaya – juga menjadi tempat terbaik untuk tumbuhnya jamur ini. Bertekstur layaknya spons, jamur ini sama sekali tidak berbau, namun memiliki kualitas rasa yang sangat lezat ketika diolah. Harga jamur morel Kashmir di pasaran saat ini bisa mencapai Rp 8 juta per kilogramnya.

Ayam Cemani – Indonesia

 - FirstWeFeast.com
Photo Source: FirstWeFeast.com
Ayam ini berwarna hitam di sekujur tubuhnya, bahkan hingga ke bagian bola matanya. Spesies ayam yang hanya diternakkan di Indonesia ini rata-rata memiliki harga jual sekitar Rp 2 juta per ekornya. Dulu ayam cemani bisa diekspor ke luar negeri, namun kini hanya dibolehkan ekspor dalam bentuk daging potong atas alasan kesehatan. Biasanya, daging ayam cemani dimasak untuk melengkapi sajian ritual di sebagian budaya Jawa, dan disebut memiliki cita rasa daging yang sangat gurih.

Sarang Burung Walet – Thailand

 - Steamy Kitchen
Photo Source: Steamy Kitchen
Sejatinya, sarang burung walet dapat dibudidayakan di beberapa kawasan lain di Asia Tenggara, namun hanya kawasan Chiangmai di utara Thailand-lah yang memiliki kualitas terbaik hingga saat ini. Sarang ini tercipta hampir seluruhnya dari air liur burung walet, dan disebut memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti kalsium, mineral, dan zat besi. Biasanya, bahan pangan dengan kisaran harga Rp 30 juta per kilogram itu disajikan sebagai penyedap sup di banyak restoran masakan China.

Kopi Luwak – Indonesia

 - Britanica.com
Photo Source: Britanica.com
Ini nih salah satu varian kopi yang sangat melegenda di dunia. Kopi yang diambil dari kotoran luwakini disebut memiliki tingkat keasaman yang pas, sehingga mampu menonjolkan cita rasa dan aroma kopi yang lebih kuat. Kopi ini banyak dibudidayakan di Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan biasanya dijual dalam bentuk biji kopi utuh. Harga yang harus dibayar untuk membeli satu ons kopi luwak adalah sekitar Rp 5 juta.

Laksa Chinoz - Malaysia

 - YTMIG
Photo Source: YTMIG
Laksa merupakan nama salah satu makanan khas Malaysia, dan biasa dijual dengah harga murah di banyak tempat di negeri jiran. Namun, berbeda dengan Laksa Chinoz ini. Dibanderol seharga Rp 530 ribu per porsi, laksa ini merupakan salah satu menu andalan di restoran Chinoz on the Park di dalam Menara Kembar Petronas. Isiannya sederhana, namun hal, yaitu terdiri dari mie buatan tangan, satu ekor lobster yang diimpor dari negara bagian Maine di Amerika Serikat, irisan cabai merah, timun, dan sejumput taburan daun mint.
Qraved | Life is Tasty