Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Etika Fine Dining: 6 Hal yang Harus Kamu Ingat Saat Hadiri Jamuan Makan

Indonesia TatlerIndonesia Tatler
Jangan sampai jadi pusat perhatian karena terjebak dengan etiket yang salah saat menghadiri jamuan.
Ada seni tersendiri dalam fine dining. Dalam hal ini restoran memainkan peran penting untuk menciptakan suasana yang dapat merayakan hidangan yang ditawarkan. Dan yang ditekankan, saat menikmati fine dining, jangan lupa mengingat etiket yang harus dipertahankan saat bersantap. Berikut enam kiat etiket yang harus diingat ketika mengunjungi restoran fine dining.

Peralatan Makan Digunakan dari Luar ke Dalam

Etika Fine Dining: 6 Hal yang Harus Kamu Ingat - hitched.com.au
Photo Source: hitched.com.au
Saat duduk di meja, hal pertama yang kamu perhatikan adalah semua alat makan. Sendok, pisau, dan garpu tambahan ditempatkan di kedua sisi piring bisa menjadi sedikit membingungkan. Cara terbaik untuk diingat adalah alat makan ini digunakan dari urutan paling jauh dari piring kamu ke alat makan paling dekat denganmu. Peralatan makan ini memiliki fungsinya masing-masing.

Nikmati Sup dari Ujung Sendok

Etika Fine Dining: 6 Hal yang Harus Kamu Ingat - thewoksoflife.com
Photo Source: thewoksoflife.com
Sup bisa menetes-netes dan membuat berantakan, oleh karena itu ketika memakannya, selalu mulai dari pusat dan gerakkan sendok menjauh dari kamu. Setelah kamu menyendok sup, jangan langsung memasukan sendok ke mulut. Baiknya minum sup kamu dari ujung sendok untuk mencegah adanya suara dan sup menetes ke meja.

Pudding Bukan Dessert

Ingat, puding itu adalah hidangan manis, sementara hidangan penutup biasanya buah atau pilihan keju. Ini berarti kamu akan memiliki alat makan yang berbeda untuk keduanya. Saat menikmati menu tetap, kamu mungkin akan disajikan puding dan pencuci mulut. Hidangan penutup akan datang terakhir untuk menyegarkan lidah dan mempermudah pencernaan.

Pastikan Dress Code Restoran

Etika Fine Dining: 6 Hal yang Harus Kamu Ingat - laurenmessiah.com
Photo Source: laurenmessiah.com
Sementara food and table etiquette merupakan faktor penting dalam menikmati santapan, hal itu bukan satu-satunya yang pentung. Dress code mungkin terdengar sedikit kuno, tetapi lebih baik kamu memastikan dress code terlebih dahulu sebelum datang ke restoran fine dining.

Memulai Toast

Etika Fine Dining: 6 Hal yang Harus Kamu Ingat - onethemag.com
Photo Source: onethemag.com
Setelah menonton begitu banyak klip film, banyak yang mengira untuk mengambil perhatian orang saat ingin memulai toasting dengan mengetuk ujung gelas sampai berdenting. Sebenarnya, jangan pernah mendentingkan gelas kamu. Jika ingin memulai toast, berdiri arahkan gelas kamu ke arah orang yang kamu toast.

Menggunakan Handphone

Etika Fine Dining: 6 Hal yang Harus Kamu Ingat - nationalpost.com
Photo Source: nationalpost.com
Ketika menikmati hidangan fine dining, jangan letakkan handphone kamu di meja. Jika kamu harus menggunakannya, permisi pada orang di mejamu dan angkat teleponnya di tempat lain.