Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Eid Al-Fitr: Sajian Khas Lebaran di Berbagai Negara

Handy NursatyoHandy Nursatyo
Eid Al-Fitr 101: Sajian Khas Saat Idul Fitri di Negara Lain1
independent
Takbir yang dikumandangkan sepanjang malam hingga pagi menjelang menandakan bahwa Hari Raya Idul Fitri sudah tiba. Bagi kamu yang menjalani ibadah puasa pun kerap mendapatkan sajian-sajian khas Lebaran yang ada di meja makan. Ketupat, opor ayam, sambal ati, dan sayur labu pun berhasil menghiasi meja makan seraya meghidupi hari yang fitri ini. Namun, bagaimana dengan sajian khas Lebaran di negara lain? Berikut daftar makanan khas negara lain saat lebaran tiba.
Sebelum memasuki list, bagi kamu yang belum memiliki Qraved App, segera download aplikasinya untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia kuliner.

Ceebu Jen - Afrika Barat

2
Photo Source:  www.provoke-online.com
Ceebu Jen merupakan salah satu makanan tradisional dari Senegal yang identik dengan lebaran, karena panganan ini kerap disajikan sebagai menu utama Lebaran bersama keluarga. Ceebu Jen merupakan masakan yang dibuat dari nasi hangar yang ditambahkan dengan daging ikan kukus dan sayur khas Afrika Barat.

Biryani - Asia Selatan

3
Photo Source:  linisehat.com
Biryani merupakan nasi yang dinanak dengan daging atau sayuran dan rempah. Biryani merupakan bahan pangan pokok yang berasal dari Persia, kemudian mulai masuk ke India lalu terjadi penyebaran ke bagian Asia Selatan lainnya seperta Bangladesh. Bagi masyarakat Asia Selatan, meja makan belum lengkap tanda adanya biryani pada saat Lebaran.

Sup Mie La Mian - Tiongkok

4
Photo Source:  www.jambrong.com
Walaupun muslim menjadi minoritas di Negeri Tirai Bambu tersebut, namun warga muslim Tiongkok tetap merayakan hari Lebaran dengan sangat khidmat. Panganan khas Lebaran ini terbuat dari adonan tepung terigu yang ditarik-tarik dengan tangan hingga panjang. Sup mie la mia selalu menghiasi meja setiap rumah pada saat Lebaran.

Kulhi Boakibaa - Maladewa

5
Photo Source:  dhumashi.wordpress.com
Bila kamu mengunjungi Maladewa saat hari raya Idul Fitri, maka kamu akan mendapatkan sajian gulha dan kulhi boakibaa di sana. Kedua masakan tersebut merupakan hasil olahan laut yang amat segar. Gulha sendiri merupakan panganan bola-bola yang terbuat dari ikan, sedangkan kulhi boakibaa adalah nasi yang dicampurkan dengan daging ikan tuna yang segar.

Baklava - Turki

6
Photo Source:  kulinermedia.blogspot.com
Bagi kamu penyuka sajian pastry, mungkin kamu akan bersemangat mengunjungi negara ini pada saat lebaran tiba. Baklava ini merupakan sebuah kue dengan tekstur yang berlapis-lapis (layaknya cronuts) dan berisi berbagai macam potongan kacang. Kemudian di atasnya akan disiramkan sirup serta madu atau taburan gula.

Kahk - Mesir

7
Photo Source:  mylenterakecil.blogspot.com
Indonesia yang kerap dikenal dengan sajian kue nastar, lain hal dengan Mesir yang terkenal dengan Kahk. Kue ini sudah ada sejak 1540 sebelum masehi. Kahk adalah kue bukat yanng berisi kacang dan bertabur tepung gula dengan kalori rendah. Selain lezat, kue ini juga ternyata memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.

Tagine - Afrika Utara

8
Photo Source:  www.vebma.com
Namanya berasal dari panci yang terbuat dari tanah liat di mana hidangan ini dimasak. Tagine adalah hidangan rebusan yang berasal dari Afrika Utara yang berupa rebusan Berber yang dimasak selama berjam-jam di atas bara panas. Terdapat banyak variasi dari hidangan ini tetapi umumnya tagine terdiri dari daging (domba, ayam, atau sapi), sayur, banyak rempah dan sayuran, serta terkadang buah dan kacang.