Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Diet Dukan: Tren Gaya Hidup Sehat Andalan Kate Middleton

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Topik diet memang selalu menjadi topik hangat yang sering dibicarakan cewek-cewek. Berbagai tips dan paket diet yang menyebar di internet akan selalu mendapatkan attention khusus dari para perempuan-perempuan yang mendambakan badan proporsional.
Metode menurunkan berat badan yang baik dan benar memang sangat bergantung dengan mekanisme tubuh orang yang menjalankan.
Menurunkan Berat Badan dengan Diet Dukan2
Photo Source: The Fit Indian
Akhir-akhir ini, topik diet ini sedang diramaikan oleh Diet Dukan. Diet ini pertama kali diciptakan oleh Dr. Pierre Dukan, seorang ahli nutrisi dan spesialis perilaku makan pada tahun 2000. Diet ini dikenal aman dan mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Metode diet Dukan ini berhasil menjadi diet paling sukses di Perancis, dan dipercaya dapat menurunkan berat badan sebanyak 4,5 sampai 5kg dalam satu minggu.
Prinsip dari diet Dukan adalah menurunkan berat badan dengan cepat dan tidak membuat berat badan kembali secepat menurunkannya.
Menurunkan Berat Badan dengan Diet Dukan3
Photo Source: popsugar.com
Rahasia dari diet Dukan ini adalah pola makan yang menggunakan teknik diet tinggi protein, rendah lemak dan karbohidrat. Hal ini terdiri dari empat fase, yaitu:

1. Fase Attack

Fase pertama adalah fase serangan atau fase attack. Dalam fase ini kamu harus membiasakan diri untuk mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung protein, seperti; daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, seafood, dan hasil olahan susu bebas lemak.
Biasanya fase ini berjalan selama 3 sampai 10 hari, sesuai dengan target kamu dalam menurunkan berat badannya.
Menurunkan Berat Badan dengan Diet Dukan4
Photo Source: thefitindian.com
Kamu juga akan dianjurkan untuk meminum 3 liter air putih perhari. Diperbolehkan meminum teh atau kopi, hanya saja tanpa gula. Makanan pun juga harus dipanggang atau dibakar. Putih telur rebus dapat dikonsumsi berapa pun, hanya saja untuk kuning telur nya maksimal 3 atau 4 butir saja. Tentunya berolahraga juga sangat dianjurkan, setiap hari selama 20 menit.
Hindari makan bebek, angsa, gorengan, ataupun makanan kalengan.
Menurunkan Berat Badan dengan Diet Dukan5
Photo Source: watchfit.com/
Dalam fase ini, kamu akan membersihkan kelebihan air dalam tubuh, menurunkan nafsu makan dan menjaga otot serta kulit.
Rekomendasi makanan di fase attack:
Daging tanpa lemak, daging unggas, ikan, kepiting, udang, lobster, cumi-cumi, protein nabati (tempe, tahu) dan produk olahan susu bebas lemak.

2. Fase Cruise

Setelah berhasil di fase pertama, kamu baru dapat beranjak ke fase dua yaitu fase cruise. Fase ini tidak jauh berbeda dengan fase awal, hanya saja dalam fase kedua ini kamu dapat mengkombinasi makanan dengan sayur-sayuran.
Menurunkan Berat Badan dengan Diet Dukan6
Photo Source: aryanto.id
Sayuan yang baik untuk dikonsumsi antara lain; tomat, bayam, brokoli, timun, seledri, lobak, asparagus, terong ataupun cabai. Wortel dan bit dapat dikonsumsi dalam porsi sedang. Sayur-sayuran ini juga sebaiknya disantap segar atau direbus/dikukus saja. Sebaiknya kamu menghindari sayur-sayuran yang menganduk karbohindrat seperti kentang, jagung, alpukat, buncis dan lainnya.
Kamu dapat menjalankan fase ini sampai berat badan yang kamu idamkan tercapai.
Menurunkan Berat Badan dengan Diet Dukan7
Photo Source: shutterstock.com
Rekomendasi sayur-sayuran:
Tauge, asparagus, brokoli, kubis, wortel, kembang kol, seledri, timun, terong, kacang hijau, kale, jamur, labu, lobak, bayam, dan tomat.

3. Fase Konsolidasi

Setelah melakukan dua fase diatas, kamu bisa move on ke fase Konsolidasi.
Menurunkan Berat Badan dengan Diet Dukan8
Photo Source: medicalnewstoday.com
Setelah kamu mencapai berat badan yang kamu inginkan, kamu bisa melanjutkan diet mu dengan melakukan fase yang mencegah berat badan kembali secara berlebihan.
Di dalam fase konsolidasi ini, kamu diperbolehkan kembali mengkonsumsi makanan yang kamu hindari sebelumnya, seperti nasi, roti, keju atau pun pasta secara bertahap dan terkontrol.
Menurunkan Berat Badan dengan Diet Dukan9
Photo Source: shutterstock
Celebration meal atau cheating day satu kali dalam satu minggu, untuk merayakan keberhasilan kamu sudah mencapai target. Setiap 1 kg berat badan, lakukan 10 hari konsolidasi. Hal ini bertujuan untuk mengatur keseimbangan tubuh dan mencegah kebiasaan lama kamu kembali.
Rekomendasi sayur-sayuran:
Kentang, jagung, dan buncis.

4. Fase Stabilisasi

Fase terakhir dari diet Dukan adalah fase Stabilisasi. Fase ini lah yang harus kamu ikuti seumur hidup dan menjadi pola hidup mu yang baru.
Menurunkan Berat Badan dengan Diet Dukan10
Photo Source: pinterest
Karena berat badan kamu yang sudah stabil, kamu diperbolehkan mengkonsumsi makanan apa saja yang kamu inginkan dengan dua syarat, yaitu :
1. Menetapkan satu hari dalam seminggu untuk mengkonsumsi protein murni selama seumur hidup.
2. Makan tiga sendok oat meal atau sereal setiap hari.