Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFoodCoffee 101: Kenali Jenis-Jenis campuran Kopi dan Alkohol

Coffee 101: Kenali Jenis-Jenis campuran Kopi dan Alkohol

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Kopi Liquer atau kopi yang di campur alkohol merupakan penemuan yang berasal dari Italia. Diawain dengan Frederick The Great yang mencoba menyeduh kopinya menggunakan champange.
Kopi Liquer yang paling dikenal adalah Irish Coffee. Kopi ini ditemukan oleh seorang juru masak Irlandia bernama Joe Sheridan. Hal ini ia lakukan untuk menyeimbangi suhu dingin di tempat ia tinggal. Kopi yang dicampur Whiskey ini dicap sebagai salah satu kopi Irlandia yang kini sudah mendunia.
Yuk mengenal 3 jenis campuran Kopi dan Liquer! - idn times
Photo Source: idn times
Nah berikut beberapa jenis kopi liquer yang bisa kamu temukan di sekitar mu.

1. Rum dan Kopi

Yuk mengenal 3 jenis campuran Kopi dan Liquer! - Brenda
Photo Source: Brenda
Rum merupakan minuman beralkohol hasil fermenasi dan distilasi dari molase atau yang biasa kita ketahui tetes tebu/air tebu. Rasa manis dan pekat yang dihasilkan dari rum dicampur dengan kopi sehingga rasa yang di timbulkan ada sedikit rasa manis dan pahitnya. Aroma dari kopi di minuman ini juga tidak se"keras" kopi pada umumnya, karena aroma rum sendiri sudah memiliki khas yang berbeda. Contoh-contoh dari penggabungan rum dan kopi adalah Cajun Coffee, Danish Coffee, Jamaican Coffee, Vermont Coffee, Tia Maria, dan Spanish Coffee.
Yuk mengenal 3 jenis campuran Kopi dan Liquer! - Serious Eats
Photo Source: Serious Eats
Resep Cajun Coffee
3 gelas kopi segar (preferably dark roast) di campur dengan 6 sendok kecil dark rum dan 6 sendok kecil pemanis. Setelah campuran ini di aduk, tambahkan nutmeg dan whipped cream, untuk sensasi manis yang akan mewarnai cita rasa kopimu.

2. Brandy + Kopi

Brandy adalah minuman anggur yang di distalasi. Kadar alkohol di dalam minuman ini adalah sekitar 35% sampai 60%. Contoh-contoh kopi yang di campur minuman Brandy adalah Colonial Coffee, Keoki Coffee dan German Coffee.
Resep Keoki Coffee
Yuk mengenal 3 jenis campuran Kopi dan Liquer! - Dai Huynh
Photo Source: Dai Huynh
15 ml Kahlua yang di campur dengan 15 ml krim kopi dan 4 ml kopi. Setelah dicampur rasa yang ditimbulkan akan seperti kopi biasa yang memiliki rasa sedikit manis, tapi aroma alkohol yang lebih pekat. Tambahkan sedikit whipped cream agar aroma alkohol tidak terlalu kuat.

3. Kahlua + Kopi

Yuk mengenal 3 jenis campuran Kopi dan Liquer! - Sed Bona
Photo Source: Sed Bona
Campuran antara kahlua dan kopi pasti akan sering kamu temukan. Aroma tiramisu yang pekat pada minuman ini membuat aroma dari perpaduan kahlua dan kopi sangat kuat. Rumour has it, diperlukan waktu 7 tahun untuk mengolah kahlua. Karena rasanya yang manis, kahlua juga sering digunakan pada pembuatan cream, cheesecake maupun kue-kue lainnya. Contoh dari campuran kahlua dan kopi adalah English Coffee, Mexican Coffee dan French Coffee.
Untuk menambahkan sensasi rasa alkohol nya, biasanya kedua campuran ini akan di campur lagi dengan london gin. Hal ini hampir sama dengan Irish Coffee
Yuk mengenal 3 jenis campuran Kopi dan Liquer! - Becky Winkler
Photo Source: Becky Winkler
Resep French Coffee
30 ml Cointreau yang di campur dengan 15 ml kahlua dan 5 shot kopi hitam. Aroma jeruk dari Cointrue akan sangat tercium pada seduhan kopi panas ini. Kamu bisa tambahkan 1 sendok teh gula dan sedikit whipped cream untuk membuat minuman ini lebih manis.
Qraved | Life is Tasty