Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Coffee 101: Kapan Waktu Paling Optimal untuk Minum Kopi?

Sharima UmayaSharima Umaya
Banyak diantara kita yang mengandalkan asupan kafein yang berasal dari kopi agar lebih terjaga saat beraktivitas. Namun, pernah nggak penasaran, sebenernya kapan sih waktu yang terbaik untuk mengkonsumsi kopi?
Sebelum cari tahu kapan waktu yang terbaik, jangan lupa untuk download Qraved App - kamu gak bakal cuma disajikan informasi terupdate seputar kuliner di ibukota, tapi juga fakta-fakta mengenai makanan yang pastinya akan menambah pengetahuan kamu!
Coffee 101: Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi? - Eat This
Photo Source: Eat This
Badan kita memiliki ritme, dan ritme tersebut diatur oleh Circadian Clock.
Apa itu Circadian Clock? Intinya sih, Circadian Clock adalah siklus hormon selama 24 jam, dimana siklus ini mengatur kapan waktu untuk bangun tidur, makan, tidur, dan hal-hal lain.
At a certain point in this rhythm, cortisol is produced. Kortisol merupakan hormon yang membuat kamu terjaga dan juga feel alert dengan keadaan sekitar. Jadi, kalau hormon kortisol kamu rendah, kamu akan lemes dan rasanya ngantuk, pengen nyentuh kasur aja; sebaliknya, kalau kadar hormon kortisol meningkat, kamu akan merasa bertenaga dan lebih semangat dalam beraktivitas.
Coffee 101: Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi? - Lini Sehat
Photo Source: Lini Sehat
Nah, kalau kamu mengkonsumsi kopi di waktu bersamaan ketika level dari hormon kortisol meningkat, efeknya bakal gak signifikan karena badan kamu sudah memberikan reaksi natural untuk lebih berenergi dari level hormon kortisol yang meningkat. Saat kamu sebenernya lagi gak butuh-butuh banget kafein, efeknya ternyata juga gak bakal signifikan, hal ini disebabkan karena badan kamu akan membangun semacam toleransi.
Kopi paling tepat dikonsumsi setelah level dari hormon kortisol mengalami penurunan. Level kortisol mulai jatuh di pukul 09.30, kemudian jatuh lagi di pukul 13.30.
Coffee 101: Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi? - I Love Coffee
Photo Source: I Love Coffee
Sekarang udah tahu kan, kapan waktu yang tepat buat konsumsi kopi? Jangan salah lagi ya!