Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Borscht: Sejarah Dingin dari Sup Merah Hangat Asal Eropa Timur

Handy NursatyoHandy Nursatyo
Berbicara mengenai sajian kuliner sudah pasti memiliki sejarah yang amat panjang. Karena dengan kuliner, kamu dapat mempelajari peradaban di wilayah makanan tersebut berada, dan salah satunya adalah Borscht.
Borscht - sebuah panganan yang sangat populer di wilayah Eropa Timur, terutama di Rusia dan Ukraina. Sup berwarna merah keunguan tersebut telah menjadi sebuah trademark di negara Beruang Merah sejak belum terbentuk imperiumnya yang terkenal itu.
Sebelum memasuki pembahasan mengenai sejarah panganan ini, bagi kamu yang belum memiliki Qraved App segeralah untuk download aplikasinya untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai dunia kuliner lainnya.

A Brief History of Borscht

Food 101: Sejarah Singkat Sup Merah Borscht - www.pinterest.com
Photo Source: www.pinterest.com
Secara historis, Borscht biasa digunakan untuk menjadi makanan nasional di zaman Roma Kuno, di mana kubis dan bit secara khusus dibudidayakan untuk panganan sup tersebut. Versi Borscht modern telah muncul sekitar abad ke-15.
Salah satu legenda yang populer tetapi tidak terbukti mengatakan, bahwa Borscht pertama kali dimasak oleh bangsa Cossack pada tahun 1637 selama dua bulan pengepungan benteng Azov di Rusia Selatan, yang diduduki oleh tentara Turki.
Food 101: Sejarah Singkat Sup Merah Borscht - www.pinterest.com
Photo Source: www.pinterest.com
Untuk memenuhi kebutuhan makan empat ribu bangsa Cossack di sebuah kamp, mereka memutuskan mengumpulkan sesuatu yang dapat dimakan yang dapat mereka temukan dan memasukkan semua bahan itu secara bersamaan. Semua orang menyukai campuran sayuran dan daging yang tebal dan bergizi, dan muncul dengan nama Borscht.
Namun, ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa nama itu berasal dari tanaman borshchevik - salah satu bahan utama dari borshch yang lebih tua, atau dari kata brshch, yang berarti bit di Old Slavonic. Bit ini tentu saja adalah sayuran yang dihormati untuk dijadikan dasar dari borshch klasik.

The New Age of Borscht

Food 101: Sejarah Singkat Sup Merah Borscht - www.marthastewart.com
Photo Source: www.marthastewart.com
Saat ini Borscht menjadi sajian umum di Rusia dan wilayah Eropa Timur lainnya. Bahkan, Borscht muncul dengan berbagai varian karena mengikuti tren zaman. Borscht yang muncul pertama kali dengan daging domba, sekarang sudah dimodifikasi dengan beberapa elemen daging seperti ayam, angsa, bahkan bebek yang mewarnai sup merah ini.
Selain modifikasi elemen yang terdapat di dalam sup merah ini, kini juga terdapat sajian Borscht yang dihidangkan tanpa buah bit sehingga tidak memunculkan warna merah keunguan seperti Borscht pada umumnya.
Biasa disajikan panas atau hangat, saat ini juga terdapat Borscht yang disajikan sebagai panganan dingin. Sajian dingin Borscht ini ditambahkan dengan buttermilk dan youghurt, dan buah bit yang pasti, agar warna merah keunguannya tetap ada untuk melekatkan karakter Borscht.