Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Bakso Cuanki Vs Bakso Malang, Apa Bedanya?

Diangga SimanjuntakDiangga Simanjuntak
Sebagai penikmat bakso kadang kita suka lupa nih sama jenis atau nama bakso yang kita makan. Karena saking sukanya, jenis-jenis bakso yang kita konsumsi kadang bermacam-macam. Nah, agar kamu enggak salah bedain jenis-jenis bakso, berikut ini Qraved akan membahas tentang perbedaan antara bakso cuanki dan bakso Malang. Penasaran? Simak pembahasannya berikut ini yuk.

Asal Mula Nama Bakso Cuanki & Malang

Bedanya Bakso Cuanki Dan Bakso Malang - ginding
Photo Source: ginding
Asal mula bakso cuanki sebenarnya cukup unik nih Qravers. Nama Cuanki sendiri sebarnya dari kata " cari uang jalan kaki" alias berjualan dengan gerobak gendong atau dipikul sambil jalan-jalan.
Bedanya Bakso Cuanki Dan Bakso Malang - ncc-indonesia
Photo Source: ncc-indonesia
Nah, kalau bakso malang atau biasa disebut dengan bakso Arema ini bukan terispirasi dari klub bola yah, tapi konon katanya nama Arema diambil dari nama panglima perang dahulu kala.

Jenis Bakso Dan Toping

Baik bakso cuanki ataupun bakso Malang sebenarnya sama-sama memiliki jenis bakso dan toping isian yang banyak, tapi ada beberapa hal yang membedakan nih.
Bakso Cuanki
Bedanya Bakso Cuanki Dan Bakso Malang - tribunnew
Photo Source: tribunnew
Bakso cuanki punya banyak isian, misalnya isian siomay, tahu, tahu isi bakso dan tahu goreng. Nah, biasanya bakso cuanki punya bentuk bakso yang lebih kecil dari bakso biasanya nih Qravers, tapi kalau soal rasa, bakso cuanki tentunya punya kuah yang gurih, dan tekstur bakso yang empuk dan sedikit kriuk di saat digigit.
Ciri khas bakso cuanki lainnya ada di cara penyajiannya nih. Kalau bakso malang disajikan dengan cara menyiramkan kuah ke isian bakso, bakso cuanki justru merebus isian bakso terlebih dahulu didalam kuah bersama saus/bumbu hingga toping isian mengembang baru disajikan.
Bakso Malang
Bedanya Bakso Cuanki Dan Bakso Malang -
Photo Source: 
Pada dasarnya bakso cuanki dan bakso malang hampir mirip nih Qravers, tapi yang membedakan adalah isian jenis bakso dan toping bakso Malang lebih banyak dan lengkap. Misalnya isian bakso urat, bakso goreng, bakso halus, pangsit, mie, bihun dan kekian.
Nah, kalau kamu masih bingung untuk membedakaannya, gampangnya kamu tinggal perhatikan isiannya saja. Contohnya bakso cuanki nggak pakai mie dan bihun, atau kamu bisa lihat dari gerobak jualnya juga Qravers. Kalau bakso cuanki biasanya dijual dengan gerobak gendong, kalau bakso malang dijual dengan gerobak dorong.
Gimana? Gampang banget kan ngebedainnya?